Cara Mengetahui Android Sudah di Root

Salah satu aspek terpenting bagi para pengguna android termasuk Anda adalah mengetahui apakah ponsel sudah di root atau belum. Mengapa demikian? Lantas, apa pentingnya root bagi ponsel android Anda? Root jelas merupakan aspek yang sangat penting bagi pengguna android. Apalagi jika Anda adalah tipikal user yang senang dengan pengetahuan baru atau bereksperimen. Namun, bukan berarti Anda dapat sesuka hati dalam bereksperimen karena root sendiri sebenarnya memiliki resiko.

Android Root
Android Root

Ada banyak sumber pengetahuan yang membahas mengenai bagaimana cara mengetahui apakah ponsel android sudah di root atau belum. Akan tetapi, referensi terbaik mengenai pengetahuan ini dapat Anda peroleh di website androidjet.com. Androidjet.com ialah salah satu website terkemuka yang kerap memposting pengetahuan tentang teknologi khususnya soal android.

Secara khusus, website ini membahas mengenai prosedur mengatur atau mengubah setting pada ponsel Android. Anda akan memperoleh banyak pengetahuan apabila mengunjungi website ini. Salah satu ilmu yang akan Anda peroleh adalah mengenai prosedur mengetahui apakah ponsel android sudah pernah di root atau belum. Sebelum membahas caranya, sebaiknya Anda ketahui dahulu apa itu root.

Pengertian root ponsel android

Melakukan root dapat diartikan sebagai suatu proses untuk mengizinkan pengguna smartphone, tablet maupun perangkat lain yang berjalan pada sistem operasi android. Proses ini bertujuan agar user dapat memperoleh akses kontrol yang lebih tinggi dikenal dengan akses root pada berbagai subsistem dari android.

Cara Mengetahui Android Sudah di Root

Cara praktis untuk mengetahui ponsel Android Anda sudah di root atau belum

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mendownload aplikasi Root Checker. Anda dapat mengunduh aplikasi ini dengan menggunakan platform Google Play Store.

  2. Selanjutnya, install aplikasi tersebut pada ponsel android Anda.

  3. Setelah berhasil diinstall, bukalah aplikasinya kemudian klik Verify Root.

  4. Tunggu beberapa menit, jika ponsel android Anda telah berhasil di root maka akan muncul notifikasi “Congratulation! Root access is properly installed on this device dengan background berwarna hijau.

  5. Namun, apabila ponsel android Anda belum berhasil di root maka yang muncul adalah notifikasi dengan background warna merah. Notifikasi tersebut berisi “Sorry! root access is not properly installed on this device”.

  6. Intinya, jika notifikasi yang muncul berwarna hijau maka ponsel Anda sudah pernah diroot. Namun, jika yang muncul adalah warna merah maka itu tandanya ponsel Anda belum pernah diroot.

Keberadaan aplikasi Root Checker ini tentu saja sangat membantu Anda sebagai user android. Hal ini dkarenakan Anda akan dengan mudah mengetahui apakah ponsel android sudah diroot atau belum. Selain itu, Anda juga dapat mempraktekkan cara untuk root ponsel android dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dicantumkan pada website androidjet.com.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *