Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal mempunyai peran yang sangat penting untuk tubuh manusia, yaitu sebagai sistem ekskresi. Selain itu, ginjal berfungsi menyaring dan membersihkan racun-racun yang ada di dalam tubuh.

Letak ginjal berada di daerah dekat pinggang, dimana terdapat sepasang ginjal di tempat tersebut. Satu organ ginjal manusia mempunyai panjang 10 cm dan berat sekitar lebih dari 200 gram.

Ginjal juga berperan mengatur keseimbangan asam-basa, merangsang sumsum tulang untuk pembentukan sel darah merah, mengatur tekanan darah, dan membantu mempertahankan kalsium tulang.

Cara menjaga kesehatan ginjal

Lebih baik kita ketahui terlebih dahulu berbagai jenis gangguan ginjal, yaitu:

  • Baju ginjal
  • Gagal ginjal
  • Infeksi ginjal
  • Pendarahan
  • Rasa nyeri ketika buang air kecil
  • Sirkulasi darah yang tidak normal

Akan sangat terasa dampaknya ketika manusia menderita gangguan ginjal diatas, untuk itulah sebaiknya kita mulai menjaga kesehatan ginjal dari sekarang.

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

1. Aktif bergerak

Berolahraga secara teratur sangat membantu kesehatan ginjal, atau minimal anda aktif bergerak dan jangan hanya bermalas-malasan.

2. Kontrol tekanan darah

IRR menyatakan bahwa dalam 5 tahun terakhir 35% penyakit ginjal disebabkan karena tekanan darah yang tinggi. Untuk itu selalu kontrol tekanan darah anda.

3. Jangan stres

Stres menyebabkan tekanan darah naik, tekanan darah yang tinggi menambah resiko terkena penyakit ginjal. Untuk itu rajin-rajinlah beribadah untuk menghindari stres.

4. Menjaga berat badan

Sudah kita ketahui bersama bahwa berat badan yang berlebihan (obesitas) tidak baik untuk kesehatan organ tubuh karena akan membuat organ bekerja lebih keras untuk mengikis tumpukan lemak. Hal ini juga membuat kinerja ginjal semakin lama semakin melemah kinerjanya.

5. Konsumsi Biji Selasih

Salah satu manfaat biji selasih yaitu dapat menjaga kesehatan ginjal, selain itu biji selasih juga mempunyai segudang manfaat lainnya.

6. Hindari rokok dan alkohol

Rokok menjadi salah satu penyebab utama tubuh terserang penyakit mengerikan, salah satunya penyakit ginjal. Selain itu, jauhi juga alkohol.

7. Minum air putih yang cukup

Dengan meminum air putih sebanyak 6-8 gelas perhari, sudah sangat membantu untuk menjaga dan merawat kesehatan ginjal.

8. Atur pola makan

Jika sekarang pola makan anda masih belum teratur, sebaiknya segera perbaiki pola makan. Pilih makanan seperti buah-buahan dan sayur-sayuran yang ditanam tanpa campuran pupuk kimia dan jauhi makanan olahan, konsumsi ikan dan daging putih tanpa lemak serta kurangi konsumsi garam secara berlebihan.

9. Rajin berolahraga

Lakukan olahraga secara rutin seperti lari pagi, jalan kaki, berenang, atau olahraga lainnya demi kesehatan tubuh. Bukan hanya untuk kesehatan ginjal, tetapi juga bagian organ tubuh lainnya.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *