Makanan yang Dianjurkan ketika Asam Lambung Naik

Makanan yang Dianjurkan ketika Asam Lambung Naik

Selain dengan menggunakan obat-obatan medis, terdapat cara alami untuk mengatasi asam lambung. Salah satunya adalah mengonsumsi makanan yang dianjurkan ketika asam lambung naik.

Asam lambung atau GERD merupakan masalah pencernaan kronis yang diakibatkan oleh naiknya asam lambung ke saluran kerongkongan atau esofagus dan menyebabkan nyeri ulu hati, yakni sensasi terbakar pada dada dan tenggorokan Anda.

Penyebab asam lambung adalah gaya hidup tidak sehat yang terlalu banyak mengonsumsi makanan pantangan bagi penderita asam lambung seperti makanan pedas atau yang terlalu asam. Namun tahukah Anda, bila terdapat cara alami untuk menurunkan asam dengan mengonsumsi makanan penetral asam lambung. Sebagai catatan, sebagian makanan dalam daftar ini belum tentu cocok bagi semua orang. Kenali kemampuan tubuh Anda.

Penderita GERD disarankan untuk mengonsumsi makanan secara perlahan, menghindari kudapan setelah makan malam, hingga bijak dalam memilih buah-buahan tertentu yang baik bagi kesehatan pencernaan Anda.

Makanan Penetral Asam Lambung

Dalam artikel kali ini, kami akan membahas mengenai makanan penetral asam lambung yang baik dikonsumsi ketika asam lambung sedang naik. Simak ulasannya berikut ini sebagaimana dikutip dari Alodokter.com

1. Buah Pisang

Pisang baik untuk dikonsumsi saat Anda mengalami gangguan GERD. Pisang memiliki tingkat keasaman atau pH 5,6 yang baik untuk meringankan gejala asam lambung.

2. Buah melon

Tingkat keasaman buah Melon berada di tingkat 6,1 yang baik bagi penderita GERD karena dapat menetralkan asam dalam tubuh Anda.

3. Buah Semangka, Apel dan Pir.

Ketiga buah ini sangat disarankan bagi penderita gangguan pencernaan kronis atau GERD ini.

4. Oatmeal

Selain buah, terdapat makanan yang baik dikonsumsi saat mengalami gangguan lambung. Salah satunya adalah Oatmeal. Oatmeal merupakan salah satu makanan yang dianjurkan karena dapat menyerap asam lambung sehingga mengurangi risiko nyeri ulu hati.

5. Daging tanpa Lemak

Hindari makanan yang diolah dengan cara digoreng, daging sapi, daging ayam dan ikan yang diolah denagn cara di panggang, kukus atau rebus merupakan pilihan yang baik karena tidak membawa lemak yang berasal dari minyak penggorengan.

Makanan yang digoreng akan sulit dicerna oleh tubuh dan meningkatkan risiko penyakit asam lambung.

6. Tanaman Herbal

Terdapat beberapa tanaman herbal yang baik untuk penderita asam lambung karena dapat menurunkan asam lambung secara konsisten, yakni Jahe, Adas dan Lidah buaya.

  • Jahe dikenal memiliki sifat anti-inflamasi yang mencegah peradangan yang disebabkan oleh GERD.
  • Adas memiliki pH 6,9 yang baik untuk menetralkan asam pada tubuh Anda meningkatkan fungsi lambung Anda.
  • Lidah buaya memiliki khasiat yang baik untuk penyakit pada lambung Anda.

Seperti yang disebutkan diatas, beberapa makanan diatas dapat memberikan dampak negatif bagi sebagian orang. Oleh karenanya, sebaiknya konsumsi dalam jumlah kecil untuk melihat reaksi tubuh Anda terhadap bahan makanan diatas.

Hindari Makanan Pantangan

Selain mengonsumsi makanan diatas, ada baiknya diikuti dengan perubahan gaya hidup dengan menjauhi makanan pantangan penderita asam lambung agar tidak menjadi semakin parah.Sebaiknya hindari makanan dan minuman seperti:

  • Makanan Pedas
  • Makanan Berlemak
  • Kopi
  • Coklat
  • Alkohol
  • Daun Mint

Demikian pembahasan mengenai Makanan yang Dianjurkan ketika Asam Lambung Naik semoga menambah wawasan Anda dalam mengatasi penyakit lambung.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *