Manfaat Bawang Hitam untuk Kulit Cantik

Sebagian dari Anda mungkin masih ada yang bertanya-tanya, apa itu bawang hitam? Bawang hitam sebenarnya adalah bawang putih yang difermentasi selama kurang lebih 90 hari. Hasil dari proses fermentasi tersebut membuat bawang putih memiliki kandungan flavonois, polifenol dan 10 kali lebih berkhasiat dari bawang putih biasa.

bawang hitam

Setelah difermentasi, manfaat bawang hitam juga semakin beragam. Penggunaan bawang hitam sendiri, baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan sudah digunakan sejak lama oleh berbagai negara seperti China, Jepang dan Korea Selatan.

Baca juga: Pantai Sawarna

Berikut beberapa manfaat bawang hitam untuk kulit cantik alami:

Manfaat Bawang Hitam

Manfaat Bawang Hitam Untuk Membersihkan Komedo

Komedo memang nampak kecil, namun kehadirannya sangat mengganggu penampilan. Oleh karena itu, segeralah hapus komedo dari wajah Anda dengan bawang hitam. Berikut cara menggunakannya :

  • Ambil beberapa siung bawang hitam (black garlic)
  • Kemudian haluskan bawang tersebut
  • Lalu oleskan pada bagian komedo di wajah dan biarkan selama 10 menit
  • Bilas hingga bersih
  • Atau Anda bisa mengonsumsinya secara rutin, 2-3 siung perhari

Manfaat Bawang Hitam sebagai Pencegah Jerawat

Jerawat kadang datang karena pola hidup yang tidak sehat, debu, polusi dan terkena radikal bebas. Dengan kandungan antioksidan pada bawang hitam, mampu menangkal radikal bebas dan membunuh kuman serta bakteri penyebab jerawat. Adapun cara menggunakannya yaitu :

  • Ambil 1 siung saja bawang hitam, lalu haluskan
  • Oleskan sebagai masker pada bagian wajah yang terkena jerawat
  • Diamkan selama 10 menit
  • Lebih baik gunakan masker tersebut sebelum tidur
  • Untuk hasil yang optimal, lakukan treatment tersebut secara rutin.

Manfaat Bawang Hitam untuk Mencegah Penuaan Dini

Penuaan atau keriput umumnya dialami oleh orang yang sudah lanjut usia. Namun apa yang terjadi bila kerutan pada kulit Anda muncul sebelum waktunya? Atau bahkan ketika Anda masih sangat muda? Hal tersebut tentunya harus segera dicegah dengan menggunakan bawang hitam.

Dengan kandungan minyak atsiri dan vitamin A yang bersifat anti-inflamasi dan antibakterial, mampu melindungi kulit dari serangan berbagai macam virus, bakteri dan lainnya yang menyebabkan penuaan dini. Gunakan bawang hitam sebagai masker wajah atau konsumsi bawang tersebut secara rutin.

Manfaat Bawang Hitam untuk Menghilangkan Bekas Luka

Luka sudah sembuh, tapi membekas? Ya kadang bekas luka memang sulit untuk dihilangkan, apalagi jika sudah memiliki rentan waktu yang lama. Bekas luka pastinya akan sangat mengganggu penampilan jika berada di bagian yang terlihat seperti wajah.

Senyawa pada bawang hitam yang bersifat anti radang mampu membersihkan sisa luka dan bekas luka pada kulit. Tanpa menggunakan perawatan yang mahal, Anda tetap bisa menghilangkan bekas luka tersebut dengan bawang hitam sebagai pengobatan yang alami.

Caranya juga cukup mudah. Anda hanya perlu rutin mengoleskan bawang hitam yang sudah dihaluskan pada kulit yang terdapat bekas lukanya.

Menghilangkan Kandungan Merkuri Berbahaya

Merkuri adalah senyawa yang sangat berbahaya dan harus dihindari oleh kulit. Karena adanya merkuri ini sangat berdampak buruk bagi kesehatan kulit dan tubuh.

Biasanya merkuri banyak ditemui diberbagai campuran kosmetik yang tidak aman. Nah, untuk menghilangkannya, Anda hanya perlu mengonsumsinya secara rajin untuk menghilangkan dan mencegah merkuri datang lagi.

Cantik tanpa kosmetik dan perawatan yang berbahaya? Bawang hitam solusinya! karena banyak sekali manfaat bawang hitam untuk berbagai masalah kecantikan kulit Anda. Bagi Anda yang lebih memilih pengobatan dengan mengonsumsinya juga akan memberikan dampak positif untuk kesehatan tubuh.

Namun, Anda juga sebaiknya tidak terus menerus menggunakan bawang hitam ini terlalu sering pada wajah, karena bisa saja menimbulkan efek yang sedikit merugikan. Gunakan bahan alami ini secukupnya saja dan secara berkala.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *