Manfaat Temulawak

Sebagai salah satu tanaman fitofarmaka yang dimanfaatkan bagian akarnya, temulawak banyak ditemukan di Indonesia khususnya pulau Jawa. Nama lainnya adalah Curcuma xantorrhiza yang bentuknya seperti kepalan bulat berwarna kuning. Meski sepintas mirip kunyit, temulawak berbeda bentuk karena kunyit memiliki bentuk yang panjang-panjang.

Sejak dahulu, manfaat temulawak sudah digunakan untuk tujuan pengobatan alami. Hal tersebut disebabkan, temulawak memiliki kandungan curcuminoid dan berbagai mineral seperti potasium, mangan, magnesium, zat besi, dan sodium yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan manusia.

Kandungan Gizi Yang Terdapat Pada Temulawak

  1. Curcuminoid

Curcuminoid adalah senyawa yang memberikan warna kuning pada keluarga tanaman curcuma. Salah satu anggota curcuminoid adalah curcumin. Curcumin tidak hanya memberi efek warna, namun juga berperan penting untuk kesehatan. Senyawa ini mampu bekerja sebagai antioksidan. Konsumsi perharinya dibutuhkan tuubh untuk mencegah kerusakan sel dan melindungi tubuh.

  1. Potasium

Dalam 100 gram temulawak, ada sekitar 2.5 miligram kandungan potasium yang sama dengan memenuhi 54% kebutuhan potasium harian anda. Meski mungkin anda tidak akan mengonsumsi 100 gram telulawak perhari, namun memakan sedikit saja sudah membantu kontribusi kebutuhan potasium harian.

  1. Magnesium

Magnesium yang terdapat pada temulawak mampu membantu respon terhadap stres dan inflamasi. Sebagai penghilang stress, magnesium akan beperan untuk meredakan nyeri otot, menghilangkan rasa tegang di pundak, menghindari gejala PMS bagi wanita dan juga membantu para penderita insomnia untuk dapat tidur dengan nyaman.

  1. Zat besi

Temulawak juga kaya akan kandungan zat besi yang membantu penderita anemia. Anemia adalah keadaan di mana sel darah merah berada pada rentang abnormal, sehingga penderitanya begitu lemas dan lesu. Xat besi akan membentuk sel hemoglobin yang berhubungan dengan sel darah merah.

  1. Sodium

Ada kandungan sodium dalam manfaat temulawak meski jumlahnya tidak banyak. Sodium mirip dengan garam yang bisa dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Selain warna, temulawak juga memberikan rasa. Fungsi sodium ialah memberi keseimbangan pada tubuh dan menaikkan tekanan darah bagi penderita darah rendah.

Berikut Manfaat Temulawak bagi Kesehatan yang kami kutip dari Ensiklonesia.com

  1. Asam lambung

Sifat temulawak yang anti-inflamasi mampu mengobati asam lambung. Manfaat temulawak untuk asam lambung ialah mencegah terjadinya stres oksidatif pada lambung, sehingga infeksi bisa dicegah. Bagi yang sudah menderita asam lambung, temulawak dapat menyembuhkan asam lambung secara perlahan.

  1. Asam urat

Temulawak menjadi salah satu solusi untuk menyembuhkan asam urat. Manfaat temulawak untuk asam urat ialah menurunkan kadar asam persendian sehingga asam urat dan brbagai penyakit akibat asam urat dapat dihindari.  Temulawak akan mencegah terbentuknya enzim xanthine oxidase yang membentuk kristal asam.

  1. Ambeien

Ambeien adalah salah satu penyakit yang membuat penderitanya tidak nyaman beraktivitas. Rasa mengganjal ketika duduk, tidur, dan berjalan terganggu. Untungnya, ambeien bisa diobati dengan obat ala rumahan yaitu dengan bahan temulawak. Manfaat temulawak untuk ambeien adalah mengatasi rasa sakit dan memberi efek tenang yang juga membantu proses penembuhan ambeien.

  1. Asma

Kandungan curcumin pada temulawak dapat menguntungkan bagi para penderita asma. Curcumin yang bersifat anti inflamasi dapat menjadi agen anti asma. Bagi penderita yang asmanya kambuh karena alergi, manfaat temulawak untuk asma juga dapat berperan sebagai agen anti alergi sehingga produksi lendir pada pernafasan bisa berkurang.

  1. Menghilangkan bau badan

Bau badan tak sedap dapat menjadi masalah bagi anda, seperti kehilangan kepercayaan diri. Ada banyak cara untuk menghilangkan bau badan seperti menggunakan deodoran. Namun, ada cara alami untuk menghilangkannya yaitu dengan menggunakan temulawak. Manfaat temulawak untuk bau badan adalah menghilangkan bau badan dari dalam.

Caranya adalah dengan menumbuk temulawak yang mansih mentah, kemudian campurkan air hangat. Saring airnya, kemudian minum setiap hari. Jika rasanya terlalu pahit, anda bisa menambahkan sedikit garam, gula dan juga asam jawa.

Meski manfaat temulawak cukup beragram, namun sebaiknya anda mengonsultasikan hal ini terlebih dahulu dengan dokter. Karena umumnya, orang hanya tolerir pada makanan dan suplemen saja. Jika konsumsi hanya berupa bumbu masakan, temulawak masih bisa memberikan pengaruh ke tubuh anda dalam rentang tolerir sehingga anda yang mudah alergi, akan tetap aman.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *