Categories:

4 Contoh Teks Moderator Lengkap untuk Berbagai Acara

Moderator penting sekali ada pada saat pertemuan sebagai pemimpin dan penanggung jawab jalannya pertemuan atau rapat tersebut, agar berjalan sesuai dengan yang ditentukan. Tidak jarang, banyak moderator membawa beberapa contoh teks moderator agar bisa lebih baik melakukan tugasnya.

Agar bisa melakukan tugas dengan baik, berikut ini ada beberapa contoh teks untuk moderator di berbagai acara pertemuan yang bisa dijadikan referensi:

Contoh Teks Moderator dalam Presentasi

Pada saat melakukan presentasi, biasanya ada moderator yang bertugas untuk membuka dan mewakili suatu kelompok untuk presentasi. Berikut ini adalah salah satu contoh teks moderator presentasi:

(salam pembuka)

Terima kasih kepada seluruh audiens yang sudah berkenan hadir dan mengikuti presentasi dari kelompok kami. Perkenalkan saya (sebutkan nama) perwakilan dari kelompok (nama kelompok) yang menjadi moderator pada presentasi kita hari ini. Presentasi ini akan berlangsung selama kurang lebih satu jam kedepan dengan materi presentasi berupa (nama materi).

Sebelum memulai kepada materi presentasi hari ini, kami akan memperkenalkan satu persatu anggota dari kelompok (nama kelompok) yang bernama (menyebutkan nama anggota kelompok).

Kemudian berlanjut ke penyampaian materi. Materi yang pertama akan disampaikan oleh (nama anggota). Waktu dan tempat dipersilahkan.

Demikian materi yang disampaikan oleh (nama kelompok), jika ada pertanyaan kami persilahkan untuk tiga orang penanya.

Terima kasih kepada seluruh audiens yang sudah bersedia mengikuti presentasi ini sampai selesai dan semoga jawaban tadi sudah menjawab semua pertanyaan yang diajukan. Saya sebagai moderator meminta maaf jika ada kekurangan dalam penyampaian materi dan jalannya presentasi hari ini.

(salam penutup).

Contoh Teks Moderator dalam Rapat

Selanjutnya, untuk contoh teks untuk moderator dalam rapat bisa menggunakan salah satu contoh referensi berikut ini:

(salam pembuka)

(Memberikan salah penghormatan kepada kepala divisi atau susunan jabatan dari yang paling tinggi).

Marilah kita semua mengucapkan puji syukur atas kehadirat Tuhan yang Maha Esa yang telah mengumpulkan kita di hari ini untuk melakukan rapat (nama rapat). Saya (nama diri) selaku moderator dan rekan saya (nama) sebagai notulen pada hari ini.

Adapun rangkaian dari kegiatan yang akan dilakukan pada hari ini adalah:

  • Pembukaan.
  • Penyajian dari materi.
  • Sesi untuk Tanya jawab.
  • Penutup.

Berhubung sesi dari pembukaan sudah dilaksanakan maka lanjut ke sesi berikutnya, yaitu penyampaian materi. Kepada penyampai materi yang pertama, tempat dan waktu saya persilahkan.

Terima kasih kepada pemateri yang telah menyampaikan materi dengan jelas untuk kami. Selanjutnya, memasuki sesi Tanya jawab. Pada sesi ini kami memiliki beberapa peraturan, antara lain adalah sebagai berikut:

  • Masing-masing materi hanya untuk tiga orang penanya dengan masing-masing dua kali sanggahan.
  • Sesi tanya jawab akan kami batasi waktunya hanya selama 5 menit untuk satu orang penanya.
  • Pada saat sesi tanya jawab ini berlangsung, dimohon untuk seluruh peserta selalu tertib dan tenang.

Berdasarkan hasil diskusi dari penyampaian materi dan sesi tanya jawab yang diadakan, ada beberapa kesimpulan yang bisa diambil. (sebutkan kesimpulan).

Demikian poin kesimpulan yang sudah disepakati dalam diskusi tadi, semoga semua peserta bisa memakluminya.

Demikian diskusi kita pada kesempatan kali ini, saya sekali moderator mohon maaf apabila ada kesalahan dalam memimpin jalannya rapat kali ini. Terima kasih atas perhatiannya.

(salam penutup).

Contoh Teks Moderator Memperkenalkan Narasumber

Salah satu tugas dari moderator adalah memperkenalkan narasumber yang dihadirkan dalam sebuah pertemuan. Agar bisa memperkenalkan mereka dengan baik, berikut ini adalah salah satu contoh teks yang dibaca moderator untuk memperkenalkan narasumber yang bisa dijadikan referensi:

Baiklah hadirin sekalian. Mari kita dengarkan paparan materi dari pembicara pertama kita, yaitu (nama narasumber). Beliau adalah seorang (sebutkan profesi).

(jelaskan mengenai data diri singkat narasumber, seperti kelahiran, pendidikan, karya dan jabatan yang pernah diterima).

Pada kesempatan kali ini, beliau akan menyampaikan salah satu materi penting, yaitu (sebutkan nama materi). Langsung saja kita simak paparan materi dari beliau, kepada (nama materi), kami persilahkan.

Contoh Teks Moderator dalam Diseminasi

Pada saat melakukan diseminasi, moderator diperlukan sebagai pemimpin dan mengarahkan acara sesuai yang diharapkan. Agar acara berjalan dengan lancar, berikut ini ada satu referensi teks moderator dalam diseminasi yang bisa dijadikan contoh:

Terima kasih sebelumnya kepada MC yang telah memberikan kesempatan.

(salam pembuka).

Perkenalkan, (identitas diri) yang akan memandu jalannya acara diseminasi pada hari ini.

Sebelumnya, saya ucapkan terima kasih kepada (kepala divisi atau orang dengan jabatan yang dihormati).

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai (nama materi) yang akan disampaikan oleh (sebutkan nama narasumber).

Kepada narasumber, waktu dan tempat kami persilahkan.

Terima kasih (nama narasumber) yang sudah menyampaikan materi dengan begitu menarik. Selanjutnya, kita akan melanjutkan pada sesi tanya jawab. Di sesi ini kami memberikan kesempatan bertanya untuk tiga orang.

Sebelum mengajukan pertanyaan, mohon untuk menyebutkan identitas terlebih dahulu. Satu orang penanya akan diberikan waktu bertanya selama 5 menit.

Terima kasih kepada (nama penanya) atas pertanyaannya. Semoga jawaban yang diberikan dapat memuaskan.

Mudah-mudahan juga materi yang disampaikan pada hari ini bisa bermanfaat dan membuat kita semua tergerak untuk mengikuti arahan yang dianjurkan.

Saya (nama) pamit untuk undur diri. Terima kasih atas perhatiannya, saya serahkan acara kembali kepada pembawa acara.

(salam penutup)

Itu tadi adalah beberapa contoh teks moderator dari berbagai acara yang bisa dijadikan referensi. Dengan begitu, moderator bisa melakukan tugasnya sesuai dengan acara yang dipandu menjadi lebih baik dan sesuai urutan acara.

Untuk tips dan tutorial lainnya seputar dengan presentasi dan powerpoint bisa simak di 4presentation ya! Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.