5 Emulator PS2 untuk PC / Laptop Terbaik

Jika kamu pernah mengalami masa kecil pada tahun 2000an pasti sudah tak asing dengan konsol game PS2, yap! Salah satu konsol game yang menjadi primadona pada masanya. PlayStation 2 pertama kali muncul pada tahun 2000 lalu oleh Sony Computer Entertainment.

Kamu tahu tidak, penjualan konsol game PS2 ini dianggap menjadi penjualan terlaris dari konsol game lainnya, sekitar 155 juta unit telah terjual dan beberapa game didalamnya hampir mencapai angka 3.800 judul yang siap dimainkan.

Namun seiring perkembangan zaman konsol game PS2 tersingkirkan, sebab kalah bersaing dengan konsol game terbaru saat ini. Meskipun demikian kamu masih bermain game di dalamnya loh! Bagaimana caranya?

Emulator PS2 Terbaik

Para pecinta game lawas PS2 sering memainkan gamenya melalui komputer atau PC. Hal ini menarik para developer untuk memproduksi beberapa emulator yang siap pakai. Dengan begitu mereka yang ingin bermain game PS2 terbaik dapat dengan mudah memainkannya.

Pasti sekarang ini kamu tengah bingung bukan untuk mencari emulator PS2 PC. Dengan hadirnya kami di sini yang siap merekomendasikan beberapa emulator semoga menjadi referensi terbaik kamu. Berikut ulasanya.

1. RetroArch

Kita mulai dengan emulator paling senior. Yap betul! Emulator yang satu ini merupakan salah satu emulator pertama yang hadir, meskipun umurnya cukup tua namun kamu masih bisa menggunakannya dengan stabil saat bermain game PS2.

Bukan hanya game PS2 yang bisa kamu mainkan disini, tapi kamu juga bisa memainkan game PS1 pada emulator RetroArch, keren bukan! Mulai dari tampilan interface yang bersih dapat memudahkan kamu mencari dan mendapatkan file game yang tengah kamu cari.

Emulator yang satu ini cukup terbatas dikarenakan kamu membutuhkan plugin untuk setiap konsol game. Kelebihannya adalah emulator ini cukup stabil pada setiap game dan hampir tak memiliki iklan sama sekali.

2. NeutrinoSX2

Yang kedua yakni emulator NeutrinoSX2. Emulator ini sebenarnya tak cukup terkenal jika disandingkan dengan emulator yang lainnya, namun nyatanya NeutrinoSX2 masih bisa bersaing atau dianggap sejajar dengan PCSX2, sebab keduanya memiliki sifat open source.

Jika kamu menggunakan emulator yang satu  ini, kamu membutuhkan GTK runtimes agar emulator berjalan dengan maksimal. Dengan begitu kamu akan mendapatkan sensasi suara yang berkualitas tinggi juga cheats yang tersedia.

3. Play!

Rekomendasi selanjutnya adalah emulator Play!. Bukan hanya di PC kamu juga bisa menggunakan emulator ini di Android atau iOS mu.

Emulator ini tentunya akan memudahkan kamu sebagai pengguna untuk bermain game PS2. Kamu bisa mengunduh aplikasinya di platform resmi atau situs-situs terpercaya lainnya. Setiap hal pasti memiliki kekurangan, sama halnya dengan emulator Play! Ini.

Kelemahan diantaranya yakni tak bisa memainkan game yang memiliki resolusi tinggi seperti Final Fantasy X dan Resident Evil 4. Dibalik itu emulator yang satu ini sangat mudah digunakan, artinya tak membingungkan kamu sebagai pengguna saat memakainya.

4. PPSSPP

Emulator yang dianggap populer yang keempat yakni PPSSPP. Bagaimana tidak, ukurannya yang cukup ringan menjadikan emulator yang satu ini sebagai emulator game PS2 terbaik di Indonesia bahkan tingkat dunia.

Bukan hanya untuk Laptop atau PC saja, namun kamu juga dapat menggunakannya pada Smartphone milikmu bahkan PC atau Laptop yang memiliki program Linux.

Tampilan yang disajikan pun dapat dikatakan sederhana sebab semua orang bisa langsung memahami dan memainkannya dengan mudah. Bayangkan untuk versi mobilenya saja hanya berkisar 28 MB, artinya emulator ini dapat berjalan dengan lancar meskipun dengan spesifikasi yang rendah.

5. PCSX2

Emulator yang terakhir yakni PCSX2. Emulator yang menduduki peringkat utama pada penjualan dunia emulator. Emulator ini banyak direkomendasikan dari mereka yang masih bermain game PS2 hingga saat ini.

PCSX2 merupakan emulator yang paling banyak digunakan bukan hanya di Indonesia bahkan dunia. Mereka yang masih bermain game PS2 dengan emulator ini mengatakan, kamu dapat bermain game apa saja pada emulator ini, tapi sayang hal ini memiliki syarat di dalamnya.

Syaratnya adalah kamu harus memiliki PC atau Laptop dengan spesifikasi tinggi saat menggunakan emulator ini. Mengapa begitu? Sebab sistem plug-in di dalam emulator ini dan juga membutuhkan konfigurasi yang optimal agar bisa berjalan dengan baik.

Spesifikasi yang dibutuhkan untuk menjalankan emulator ini adalah RAM berkapasitas 2GB lebih baik jika RAM yang berkapasitas 4GB. Laptop kamu juga harus memiliki NetFramework 3.5 Sp1, DirectX9.0c juga Microsoft visual C++ Residtributable 2008. 2010 dan 2015 yang telah terpasang.

 

Jadi bagaimana rekomendasi di atas? cukup membuatmu memiliki beberapa informasi dan referensi untuk memilih emulator mana yang mantap bukan? Cukup sampai sini saja ya, semoga artikel ini bermanfaat, sampai jumpa lagi!

Leave a Comment