Air Terjun Parang Kikis

Tulungagung, sebuah kota di jawa timur ini tak henti-hentinya menghadirkan berbagai bentuk wisata alam, apalagi lokasinya yang berada di antara pinggir pantai dan juga di kaki gunung.

Dengan lokasinya yang sangat strategis membuat kota ini memiliki banyak wisata alam entah pantai atau air terjun.

Kali ini kami akan membagikan review air terjun terbaru yang ada di tulungagung. Yaitu air terjun Parang Kikis.

Air terjun ini terbilang air terjun yang tidak terlalu besar, namun tempatnya yang tersembunyi membuat air terjun ini memiliki keindahan alam tersendiri tanpa campur tangan manusia.

Jadi apa saja yang ada air terjun parang kikis ini? berapa harga tiketnya? dimana lokasinya? simak penjelasan kami lebih lanjut.

Air terjun parang kikis, wisata alam tersembunyi di tulungagung.

Parang Kikis adalah air terjun yang ditemukan sekitar tahun 2016 an. Meski sudah lama ditemukan air terjun ini tidak terlalu ramai dikunjungi karena lokasinya yang masih sangat sulit di jangkau.

Namun sisi baik dari sulitnya dijangkau ini adalah air terjun ini masih sangat bersih dan nuansa khas alamainya masih terasa.

Air terjun ini tidak terlalu tinggi sehingga tidak membentuk kolam dibawahnya, namun anda masih bisa bermain air di bawah air terjun tersebut di atas batu yang menghiasi sekeliling air terjun.

Harga tiket masuk

Sampai artikel ini ditulis harga tiket masuk air terjun parang kikis masih gratis alias Rp 0. dan biaya parkir pun belum ada.

Jadi untuk mengunjungi wisata ini anda tidak perlu keluar uang banyak-banyak. Cukup keluar uang untuk biaya perbekalan saja.

Jam Buka

Air terjun ini buka 24 jam tidak ada penjagaan pos, jadi anda tidak perlu kuatir untuk mengunjungi wisata ini pada jam berapapun.

Jika anda berminat camping. air terjun ini juga bisa digunakan untuk camping namun anda harus pandai dalam mencari tempat mendirikan tenda. karena tidak ada spot khusus camping namun tetap memungkinkan untuk digunakan ngecamp.

Lokasi

Air terjun parang kikis ini berlokasi di Bulusari, Gambiran, Pagerwojo, Tulungagung, Jawa timur.

Jalan menuju lokasi ini tergolong sulit karena sedikitnya petunjuk jalan yang ada karena itu anda dapat menggunakan google maps dan jika kebingungan jangan malu untuk bertanya ke penduduk sekitar.

Untuk sementara penulis bisa memberikan rute menuju air terjun Parang kikis sebagai berikut ini 

Dari pusat kota Tulungagung silahkan melanjutkan perjalanan ke TPA Segawe lurus saja hingga jalan bercabang yang satu mengarah ke pintu air segawe, tetap lurus hingga sampai pada pasar gambiran. Sampai di persimpangan pasar ambil jalan yang kanan.

Namun jika anda kebingungan jangan sungkan-sungkan untuk bertanya kepada penduduk sekitar.

Tips mengunjungi air terjun Parang Kikis

Akses jalan menuju air terjun yang satu ini masih terbilang cukup sulit karena itu berikut adalah berbagai tips jika anda ingin mengunjunginya.

1 Bawa makanan dan minuman dari rumah

Di Sekitar air terjun atau jalanan yang hampir sampai di air terjun tidak ada toko, jadi pastikan anda membawa bekal makanan atau minuman sebelum sampai di sekitar air terjun.

Karena tidak ada akses motor untuk sampai ke air terjun secara langsung kecuali anda menggunakan motor trail.

2 Jangan gunakan sandal yang licin

Jalan menuju air terjun parang kikis masih berupa tanah asli, sehingga jangan gunakan alas kaki yang licin karena pada musim hujan biasanya jalan tersebut akan menjadi licin.

3 Gunakan baju yang tebal

Karena lokasinya yang berada di kaki gunung dan sudah terhitung ke dataran tinggi, maka lebih baik anda menggunakan pakaian yang tebal, untuk membantu menghangatkan tubuh.

4 Siapkan fisik yang kuat

Jika anda sedang sakit anda tidak direkomendasikan mengunjungi wisata ini. Karena anda diharuskan berjalan kaki sekitar 1-2 KM untuk sampai ke lokasi air terjun.

Dan itu tadi adalah review kami mengenai air terjun parang kikis tulungagung. Untuk informasi mengenai tempat wisata seru lainnya silahkan kunjungi situs hayuk.id yang membahas berbagai tempat wisata seru terbaru. 

Leave a Comment