Amalan-Memohon-Ampunan-Allah
Islam

Amalan Memohon Ampunan Allah

Setiap manusia pasti tidak pernah lepas dari yang namanya dosa. Allah Maha Pengampun dan Penyayang. Meskipun hambanya telah berbuat kesalahan dan dosa, namun Allah akan tetap mengampuni selama hambanya masih mau bertaubat kepada Allah.

Salah satu cara meminta ampun kepada Allah adalah dengan memperbanyak istighfar. Tidak hanya akan membuat dosa diampuni, namun istighfar juga bisa dijadikan sebagai pembuka rezeki.

Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Setiap hamba yang bersungguh-sungguh meminta ampunan kepada Allah, maka Allah pun akan mengampuninya. Meminta ampunan Allah baiknya dilakukan ketika seorang hamba telah sadar melakukan dosa atau kesalahan.

Tidak hanya memohon ampunan, seorang hamba juga harus berusaha tidak melakukan perbuatan dosanya kembali. Simak ulasan tentang amalan untuk medapatkan ampunan dari Allah berikut.

5 Amalan Memohon Ampunan dari Allah

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan ampunan dari Allah SWT.

1. Istighfar

Tidak ada seorangpun hamba yang tidak pernah melakukan dosa. Setiap manusia pasti pernah melakukan dosa. Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Sebesar apapun dosa seorang hamba jika ia mau meminta ampun dengan sungguh-sungguh.

Allah SWT berfirman dalam Surat Ali Imran ayat 135 bahwa Allah akan memberikan ampunan kepada dosa-dosa seorang hamba yang bersungguh-sungguh.

Selain dosa akan diampuni oleh Allah, memperbanyak istighfar juga akan membuat doa kita cepat dikabulkan. Setiap doa yang dipanjatkan kepada Allah SWT akan dikabulkan oleh-Nya.

Namun Allah akan menilai seberapa serius dan usaha yang telah dilakukan hambanya demi mendapatkan apa yang diinginkannya. Tentu saja dengan jalan yang baik dan diridhai oleh Allah. Kalimat Istighfar memiliki keutamaan yang luar biasa yang menunjang terkabulnya doa seorang hamba.

2. Melakukan Taubat Nasuha

Taubat Nasuha adalah taubat yang paling sungguh-sungguh. Di dalam ayat-ayat Al Qur’an telah disebutkan bahwa taubat merupakan cara untuk meleburkan dosa. Taubat nasuha merupakan taubat yang dilakukan dengan hati dan ikhlas.

Seorang hamba yang melakukan taubat nasuha sangat menyesali dosa yang dilakukannya dan berjanji tidak akan mengulangi dosa tersebut.

3. Syafaat

Syafaat merupakan salah satu hal yang dapat meringankan dosa dan ampunan dari Allah. Setiap umat islam bisa mendapatkan syafaat dengan senantiasa bersholawat atas Rasulullah SAW.

Bagi seorang hamba yang mencintai Rasulnya, maka Rasulullah pun akan memberikan syafaatnya di yaumul hasyr kelak. Orang yang rajin bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW dengan ikhlas juga akan mendapatkan ampunan dari Allah SWT.

4. Beramal Baik

Jalan lain yang bisa ditempuh untuk mendapatkan ampunan dari Allah adalah dengan beramal baik. Selama masih diberikan kesempatan hidup di dunia ini, manusia bisa melakukan amal kebajikan dengan sebanyak-banyaknya.

Banyak amal kebajikan yang bisa dilakukan mulai dari rajin bersedekah, beribadah tepat waktu, menolong sesama yang membutuhkan, dan lain-lain. Amalan-amalan tersebut bisa dijadikan sebagai pelebur dosa dan kesalahan yang pernah kita lakukan.

Bahkan dengan hanya tersenyum kepada sesama umat, kita sudah melakukan perbuatan baik dan mulia.

5. Musibah di Dunia

Musibah yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita di alam dunia bisa menjadi salah satu cara untuk menghapuskan dosa-dosa. Dosa-dosa akan diampuni jika hamba menerima musibah atau cobaan yang diberikan dengan penuh keikhlasan.

Allah tidak akan memberikan musibah atau cobaan kepada suatu kaum di atas kemampuan kaum tersebut. Maka, jangan pernah berburuk sangka ketika diberikan cobaan oleh Allah. Jalanilah dengan sabar dan penuh keikhlasan. Niscaya, hal tersebut bisa menjadi jalan untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah.

6. Amal Jariyah

Ada 3 amalan jariyah yang akan menjadi amalan yang tidak akan pernah terputus meskipun kita sudah meninggal dunia. Sodaqoh jariyah atau sedekah di jalan Allah, doa anak yang saleh, dan ilmu yang bermanfaat.

Jika kita mendapat doa dari anak yang sholeh, maka hal tersebut bisa meringankan dosa dan mendapatkan ampunan dari Allah. Maka berlomba-lombalah dalam mendidik anak agar bisa menjadi anak yang sholeh dan menjadi cahaya mata bagi kedua orang tuanya.

7. Rajin Bersedekah

Sedekah merupakan salah satu jalan yang bisa dilakukan untuk mendapatkan ampunan Allah SWT. Orang-orang yang rajin bersedekah dengan ikhlas adalah orang-orang yang disayangi Allah. Allah akan mengampuni dosa hambanya yang senang bersedekah.

Banyak sekali manfaat sedekah ini. Dengan bersedekah di jalan Allah, selain mendapatkan ganjaran akan ampunan Allah, juga akan mendapatkan balasan harta yang berlimpah.

Dengan bersedekah Allah akan melipat gandakan hartanya bukan malah akan habis hartanya. Jadi jangan takut hartamu berkurang jika bersedekah.

Baca juga : Amalan Untuk Menggapai Surga

Demikian ulasan tentang amalan untuk mendapatkan ampunan dari Allah. Jangan pernah putus asa atas dosa-dosa yang pernah dilakukan. Jalani hidup dengan penuh semangat. Allah Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Mintalah ampun kepada Allah agar dosa-dosa kita bisa dilebur.

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *