Amalan-Untuk-Menggapai-Surga
Islam

Amalan Untuk Menggapai Surga

Surga adalah janji Allah yang pasti untuk manusia-manusia yang bertakwa kepadaNya. Setiap orang pasti sangat mendambakan surga Allah.

Surga merupakan tempat yang diidam-idamkan oleh seluruh penjuru manusia di hari akhir kelak. Kenikmatan surga memang belum bisa dipahami sepenuhnya. Namun, Allah telah memberikan gambaran surga di dalam ayat-ayat Al Qur’an.

Untuk mendapatkan surga Allah, manusia harus bersungguh-sungguh dalam melakukan kebajikan di dunia. Berikut beberapa amalan yang bisa dilakukan untuk mendapatkan surga Allah.

6 Amalan Untuk Menggapai Surga Allah

Para penghuni surga adalah mereka yang beriman dan bertakwa. Mereka tidak akan jauh dari kebutuhan hidup dan kecemasan.

Penghuni surga bahkan akan mendapatkan kenikmatan yang kekal dari Allah. Untuk mendapatkan hal tersebut, maka setiap orang harus melakukan berbagai macam amal kebaikan selama hidup di dunia.

Nah, amalan apa saja yang bisa dilakukan untuk memudahkan kita menggapai surga Allah?

Yuk simak ulasan tentang amalan-amalan untuk menggapai surga berikut.

Menuntut ilmu

Ingat, untuk bisa masuk ke surga itu tidak mudah. Bahkan, ada banyak ujian dan cobaan yang diberikan oleh Allah bagi hamba-hambanya.

Salah satu hal yang bisa membuat pintu surga terbuka adalah dengan menuntut ilmu. Menuntut ilmu syar’i akan menghantarkan seseorang menuju pintu surga Allah.

Hal tersebut sesuai dengan Hadis Riwayat Muslim. Rasulullah SAW bersabda bahwa seseorang yang semasa hidupnya menuntut ilmu, Allah akan memberikan kemudahan untuk masuk surga.

Hal tersebut membuktikan bahwa Allah sangat menyukai orang-orang yang menuntut ilmu, bahkan Allah membukakan pintu surga untuk mereka yang menuntut ilmu dan mengamalkannya

Menebarkan Salam

Orang yang menebarkan salam juga akan dimudahkan baginya untuk menggapai surga Allah. Hal tersebut sesuai dengan Hadis Riwayat Tirmidzi.

Rasulullah SAW Bersabda, “Setiap manusia yang menyebarkan salam, memberikan makanan untuk orang lain, mendirikan sholat ketika orang lain sedang tidur, maka ia akan masuk surga dengan damai”.

Sungguh mudah, hanya dengan memberikan salam Anda akan didekatkan dengan pintu surga Allah. Maka, tebarkanlah salam dengan penuh keikhlasan. Niscaya, surga Allah sudah begitu dekat.

Menjenguk Orang yang Sakit

Sakit bisa terjadi pada siapa saja. Orang yang sakit sejatinya sedang mendapatkan cobaan dari Allah. Jika ia mampu menjalaninya dengan sabar, maka Allah akan mengampuni dosanya.

Seperti yang dikutip dari wisatanabawi.com bahwa menjenguk orang sakit dan mendoakannya, maka akan mendapatkan pahala yang besar dari Allah.

Apabila kita meluangkan waktu untuk menjenguk orang sakit dengan tulus dan ikhlas, maka akan dijanjikan surga oleh Allah SWT. Selain untuk meringankan beban orang yang sakit, juga sebagai salah satu wujud kepedulian dan silaturahmi antar sesama muslim.

Hal tersebut sesuai dengan Hadis Riwayat Tirmidzi. Rasulullah SAW bersabda bahwa seorang muslim yang menjenguk orang sakit, maka dalam hari itu 70.0000 malaikat juga akan bersholawat kepadanya.

Malaikat-malaikat akan memintakan ampunan untuknya dan seseorang tersebut akan bisa memetik buah di dalam surga kelak.

Mengerjakan Sholat Dhuha

Siapa sangka, sholat dhuha ternyata juga bisa menjadi amalan yang mendekatkan kita menuju surga Allah.

Orang yang selalu berusaha untuk meluangkan waktunya melakukan Sholat Dhuha sebanyak 12 rakaat, maka ia akan dijanjikan sebuah rumah di surga yang terbuat dari emas.

Hal tersebut sesuai dengan Haadis Riwayat Ibnu Majah. Rasulullah SAW bersabda bahwa muslim yang menunaikan sholat Dhuha selama 12 rakaat, maka Allah akan menjanjikan istana dari emas di surgaNya kelak.

Melakukan Perbuatan-Perbuatan Mulia Walaupun Kecil

Tidak hanya perbuatan mulia besar yang akan membuat Anda dekat dengan surga. Melakukan perbuatan kecil seperti menyingkirkan batu yang ada di jalan, mengembalikan anak ayam yang kehilangan induknya, atau hal kecil lain juga bisa menjadi penyebab seseorang masuk surga.

Hal tersebut sesuai dengan Hadis Riwayat Muslim. Rasulullah bersabda bahwa ia pernah melihat seorang laki-laki mondar-mandir di dalam surga hanya karena menyingkirkan sebatang kayu di tengah jalan.

Membaca Ayat Kursi

Rutin membaca ayat kursi setelah melakukan sholat fardhu juga menjadi salah satu penyebab seorang muslim masuk surga.

Hal tersebut sesuai dengan Hadis Riwayat An Nasaa’i. Beliau bersabda bahwa seseorang yang membaca ayat kursi setelah melakukan ibadah shalat wajib 5 waktu, dia akan masuk ke surga dengan mudah tanpa ada halangan apapun, kecuali kematian.

Sesungguhnya, Allah memang telah memudahkan setiap manusia untuk mendapatkan surga Allah. Jadi, siapa saja memiliki kesempatan untuk menggapai surga Allah. Hanya saja, Anda mau atau tidak untuk melewati prosesnya.

Simak dan baca juga : Sholat Sunnah

Demikianlah ulasan tentang beberapa amalan-amalan yang bisa Anda lakukan untuk menggapai surga. Semoga senantiasa kita menjadi hamba yang dirinsukan surga Allah.

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *