Antivirus PC Terbaik
Teknologi

Antivirus PC Terbaik

Antivirus merupakan salah satu software perlindungan yang sering digunakan pada beberapa sistem operasi, khususnya Windows. Bagi pengguna Linux, mungkin bisa sedikit tenang ya karena sistem operasi tersebut memang jarang terkena virus.

Untuk pengguna Windows, alangkah lebih baiknya jika menginstall antivirus untuk melindungi file-file penting pada hardisk. Walaupun sudah disediakan antivirus bawaan yaitu Windows Defender, Anda tetap bisa menggunakan antivirus lainnya.

Namun, sebelum menginstall antivirus baru, Anda harus mematikan Windows Defender terlebih dahulu agar tidak bentrok. Selain itu, hal ini juga dilakukan agar memory yang digunakan tidak boros dan tidak menyebabkan laptop lemot.

Antivirus Terbaik untuk Komputer

Bagi yang bingung mau pakai antivirus apa, berikut ini adalah beberapa pilihan antivirus terbaik untuk PC.

Kaspersky

Kaspersky Free Antivirus

Kaspersky merupakan antivirus yang tersedia untuk beberapa perangkat seperti Windows, Android, dan iOS. Anda bisa menggunakan antivirus ini pada perangkat secara gratis.

Meskipun tersedia versi berbayar, fitur yang ditawarkan pada versi gratisnya juga sudah lebih dari cukup untuk melindungi perangkat Anda. Jadi, Anda tidak perlu khawatir ketika menggunakan Kaspersky gratis.

Antivirus ini memiliki tampilan yang sangat user friendly karena memang mudah dipahami oleh pemula sekalipun. Selain itu, Kaspersky juga sangat ringan ketika dijalankan, jadi tidak akan menjadi beban pada komputer.

Avast

Avast Free Antivirus

Avast merupakan antivirus yang menjadi pemenang penghargaan prestisi tinggi “Produk Tinggi Tahun Ini” pada tahun 2018. Dengan penghargaan tersebut, bisa disimpulkan bahwa Avast adalan antivirus yang banyak digunakan.

Avast menawarkan perlindungan tercanggih yang merupakan benteng pertahanan yang paling ringan dan sangat ampun untuk melawan virus, ransomware, spyware, dan lain sebagainya.

Selain itu, antivirus ini juga mampu menyembunyikan aktivitas online dari penyedia layanan internet dengan Avast SecureLine VPN, sehingga mampu melindungi perangkat Anda.

Windows Defender

Windows Defender Free Antivirus

Seperti yang saya katakan sebelumnya, Windows sudah memiliki antivirus bawaan bernama Windows Defender. Windows Defender juga sudah termasuk dalam jajaran antivirus PC terbaik untuk versi gratis.

Windows Defender sudah secara default ada pada Windows 10, jadi pengguna Windows 10 tidak perlu mengaktifkannya. Sedangkan untuk pengguna Windows 7 dan Windows 8, Anda harus mengaktifkannya secara manual.

Salah satu kelebihan Windows Defender adalah terus mendapatkan support dari Microsoft. Jadi, Anda tidak perlu khawatir karena keamanan antivirus ini akan selalu diperbaharui.

Bitdefender

Bitdefender Antivirus Free

Bitdefender merupakan aplikasi yang tidak kalah ampuh dari daftar antivirus terbaik sebelumnya. Antivirus ini memberikan penawaran utama berupa perlindungan keamanan dasar yang akan mengamankan komputer Anda.

Proses scanning Bitdefender cenderung lebih ringan daripada antivirus lainnya, jadi sangat cocok untuk Anda yang menggunakan komputer dengan spesifikasi standar.

Avira

Avira Free Antivirus

Avira merupakan antivirus yang pernah jaya untuk menangani permasalahan virus pada komputer. Akan tetapi, saat ini sudah mulai kalah fitur dari beberapa antivirus top seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya.

Untuk versi gratis, fiturnya sudah pasti tidak sebanyak versi berbayar. Untuk versi berbayar, saya rasa fiturnya akan selalu optimal karena terus mendapatkan update dan penambahan fitur terbaru.

Bagi yang ingin menggunakan Avira, Anda tetap akan mendapatkan perlindungan terbaik dari antivirus ini.

Itulah beberapa daftar antivirus terbaik untuk PC Anda. Sebenarnya masih ada beberapa antivirus lainnya, daftar di atas hanya sebagian yang saya ketahui juga. Jadi, jika Anda memiliki pilihan lain, itu tidak menjadi masalah.

Demikianlah artikel seputar antivirus PC terbaik. Semoga artikel ini bisa menjadi sedikit referensi untuk Anda yang bingung memilih antivirus.

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *