Categories:

Aplikasi Edit PDF

Portable Document Format atau yang sering dikenal dengan PDF merupakan salah satu format dokumen yang paling populer dan yang paling banyak digunakan saat ini. Format dalam bentuk PDF dibuat oleh Adobe Systems pada tahun 1993 untuk keperluan pertukaran dokumen digital.

Berbeda dengan format dalam bentuk Word, untuk mengedit file dalam bentuk PDF dibutuhkan aplikasi khusus. Aplikasi edit PDF menawarkan berbagai macam fitur seperti melihat file, mengubah font, memasukkan gambar, dan lain sebagainya.

Selain itu, terdapat juga beberapa fitur yang sangat dibutuhkan seperti memberikan anotasi maupun tanda tangan untuk memberikan keabsahan pada sebuah dokumen. Lantas, apa saja aplikasi edit PDF terbaik untuk PC/Laptop tersebut? Berikut kami berikan ulasan seputar aplikasi edit PDF gratis di PC/Laptop yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan:

Rekomendasi 5 Aplikasi Edit PDF Gratis Terbaik 

1. Sejda

Rekomendasi aplikasi edit PDF terbaik untuk PC/Laptop yang pertama adalah Sejda, aplikasi ini dapat dijalankan di Windows, Linux, dan atau cukup lewat web browser saja. Selain bisa digunakan untuk keperluan editing dokumen, aplikasi Sejda juga memiliki fitur untuk menambahkan formulir ke dalam file PDF.

Aplikasi Sejda dapat Anda nikmati fiturnya secara gratis dengan batasan 3 dokumen per hari dengan 200 halaman per dokumen. Selain itu, jika memiliki kebutuhan di luar batas fitur gratis Anda bisa membeli fitur Pro dengan tanpa batasan jumlah dokumen dengan biaya $5 per minggu.

Berikut fitur-fitur utama dari aplikasi Sejda, diantaranya:

  • Membagi (split) file PDF.
  • Memotong (crop).
  • Menggabungkan dokumen.
  • Memutar (rotate) halaman dokumen.
  • Menambahkan nomor halaman di header/footer.

Jika Anda tertarik mencoba aplikasi ini, Anda dapat kunjungi situs resminya Sejda di https://sejda.com.

Baca juga: Cara Edit File PDF

2. Xodo

Rekomendasi aplikasi edit PDF terbaik untuk PC/Laptop yang salnjutnya adalah Xodo, Xodo adalah aplikasi edit PDF gratis yang dapat dijalankan di berbagai sistem operasi seperti Windows, Android, iOS, dan web browser. Selain itu, fitur utama dari aplikasi ini adalah untuk menambahkan anotasi sebagai penanda di dalam dokumen yang Anda miliki.

Dengan menggunakan aplikasi ini Anda juga dapat mengisi formulir di PDF, melakukan pencarian melalui file PDF, melakukan bookmark pada halaman, menambahkan gambar, mencoret teks, memasukkan tanda tangan, kotak teks, dan lain sebagainya.

Menariknya, aplikasi ini juga memiliki cara kerja yang mirip dengan Google Document. Anda dapat melakukan editing secara bersama-sama dengan pengguna yang lainnya. Jika Anda tertarik, silahkan kunjungi  halaman resminya Xodo di https://xodo.com.

3. CloudConvert

Sebenarnya, CloudConvert merupakan aplikasi untuk menkonversi file PDF dan ratusan jenis file lainnya menjadi file yang di inginkan. Ini artinya, Anda juga dapat melakukan editing file yang didukung oleh sistem komputer yang Anda miliki.

Meskipun aplikasi CloudConvert hanya berjalan di web browser, nyatanya aplikasi ini mampu mengekstrak teks dan gambar, menggantikan font dengan yang standar pada kebanyakan komputer, dan mempertahankan formatnya sebanyak mungkin.

Meskipun aplikasi ini tidak sempurna, tetapi aplikasi ini cukup bagus untuk membuat dokumen yang mirip dengan PDF yang asli. Versi gratis dari aplikasi ini mampu mengkonversi file berukuran 1GB. Namun, jika Anda menginginkan layanan tanpa batas Anda harus beralih ke versi yang berbayar dengan biaya mulai dari $8. Untuk mencoba aplikasi ini, silahkan kunjungi laman resminya CloudConvert  di https://cloudconvert.com.

4. Foxit

Aplikasi edit PDF selanjutnya adalah Foxit, Foxit adalah aplikasi edit PDF yang bisa dijalankan di berbagai sistem operasi seperti Windows, Mac, dan Linux. Namun, jika Anda tidak ingin repot-repot menginstallnya maka Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini hanya lewat web browser saja.

Perlu Anda ketahui bahwa versi yang gratis (desktop) dari aplikasi ini hanya memberikan fitur melihat dan menambahkan anotasi saja. Namun, jika Anda menginginkan fitur yang lebih lengkap Anda harus beralih ke versi yang berbayar dengan biaya langganan mulai dari $8.

Jika Anda tertarik mencoba aplikasi Foxit, Anda bias mendownloadnya di https://www.foxit.com/downloads/.

5. PDFelement

Rekomendasai aplikasi edit PDF yang terakhir adalah PDFElement, Aplikasi PDFElement juga dapat dijalankan di berbagai perangkat dan juga di berbagai sistem operasi. Untuk perangkat PC/Laptop, fitur standar pada versi gratisnya memiliki fitur untuk editing yang terbilang sudah cukup lengkap.

Sementara untuk versi Pro, aplikasi ini memberikan fitur OCR yang dapat mengenali teks di dalam gambar serta dapat menambahkan formulir di file PDF Anda. Jika Anda tertarik, langsung saja kunjungi laman downloadnya di https://pdf.wondershare.com/download.html.

Itulah 5 Aplikasi edit PDF terbaik untuk PC/Laptop yang kami rekomendasikan untuk Anda. Masing-masing Aplikasi mempunyai berbagai fitur yang beragam dan disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Semoga ulasan yang kami berikan bermanfaat untuk Anda, sampai jumpa pada pada artikel kami selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *