Buah untuk Penderita Diabetes

Penderita diabetes harus memperhatikan asupan makanan untuk menghindari lonjakan kadar gula darah mereka. Buah termasuk makanan yang memiliki kadar gula yang harus diperhatikan porsi konsumsinya.

Namun, tahukah Anda terdapat buah-buah yang baik untuk penderita diabetes. Jenis buah yang dianjurkan untuk mereka yang memiliki masalah gula adalah yang mengandung vitamin, mineral dan serat. Serat merupakan nutrisi penting yang dapat menjaga berat badan, meningkatkan sensitifitas tubuh terhadap insulin, menjaga kadar gula darah serta menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2.

Berikut ini beberapa jenis buah yang baik untuk penderita diabetes. Simak ulasannya dibawah ini:

buah untuk penderita diabetes

Buah untuk Penderita Diabetes

1. Buah Berry

Keluarga buah berry merupakan buah yang direkomendasikan untuk penderita diabetes. Mengutip pernyataan American Diabetes Association, buah berry merupakan jenis makanan super karena mengandung antioksidan, vitamin, mineral, serta dan juga yang terpenting adalah memiliki kandungan gula yang rendah.

1/3 cup buah blueberry mengandung 62 kalori dan 16 gram karbohidrat. Untuk mengonsumsinya, Anda dapat memakan langsung atau mencampurkannya dengan yogurt rendah gula. Sebaiknya mulai saat ini mulai mengonsumsi buah-buahan dari keluarga berry seperti:

  • Blueberry
  • Blackberry
  • Cranberry
  • Strawberry
  • Mulberry

2. Buah Cherry

Buah untuk penderita diabetes selanjutnya adalah Buah Cherry, buah ini merupakan salah satu buah dengan kandungan gula yang rendah, sehingga tidak membuat kadar gula melonjak drastis. Dalam satu cup buah cherry terkandung 78 kalori dan 19 gram karbohidrat.

Buah cherry sangat baik untuk mengatasi peradangan dalam tubuh, hal penting untuk menurunkan peradangan yang disebabkan oleh komplikasi penyakit diabetes. Selain itu, kandungan antioksidan dalam buah ini juga baik untuk mencegah penyakit kanker, penyakit jantung dan stroke.

3. Buah Peach

Buah peach merupakan makanan ringan yang baik untuk dikonsumsi penderita diabetes. Peach mengandung vitamin A, vitamin C dan serat yang baik untuk metabolisme tubuh.

Vitamin A dan vitamin C dalam buah ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan beragam penyakit, sedangkan serat dapat memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga menghindarkan Anda dari mengonsumsi makanan berlebihan.

4. Buah Aprikot

Buah aprikot merupakan salah satu makanan kecil yang baik untuk mereka yang memiliki keluhan gula darah. Memiliki kandungan kalori dan karbohidrat yang rendah, buah ini juga kaya akan serat dan vitamin A yang baik untuk kesehatan.

Mengonsumsi empat buah aprikot segar dapat memenuhi 50 persen kebutuhan vitamin A harian Anda, vitamin A sangat baik untuk sistem imun tubuh untuk memerangi peradangan yang ada dalam tubuh Anda.

5. Buah Apel

Sebuah apel setiap hari dapat menjauhkan Anda dari dokter. Pernyataan tersebut benar adanya, buah apel memiliki kandungan gula, kalori dan karbohidrat yang rendah. Dalam sebuah apel memiliki kandungan 77 kalori dan 21 gram karbohidrat. Selain itu, buah ini juga kaya akan kandungan vitamin C yang baik untuk sistem kekebalan tubuh Anda.

Saat mengonsumsi Apel pastikan jangan melewatkan kulitnya karena konsentrasi vitamin dan mineral dalam buah apel berada di kulitnya.

6. Buah Jeruk

Buah rendah gula selanjutnya adalah Jeruk, buah yang kaya akan kandungan Vitamin C dan memiliki kalori serta karbohidrat yang rendah sehingga baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Jeruk mengandung sejumlah kecil asam folat dan potassium yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi bagi penderita hipertensi. Sehingga, bagi mereka yang menderita komplikasi diabetes dan hipertensi buah ini merupakan salah satu pilihan yang menyehatkan.

7. Buah Pir

Buah pir merupakan salah satu makanan sehat untuk penderita diabetes. Buah ini kaya akan kandungan serat, vitamin K dan memiliki kandungan kadar gula yang rendah sehingga tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah secara signifikan.

8. Buah Mengkudu

Manfaat buah mengkudu telah dikenal sejak lama sangat baik untuk penderita diabetes. Kandungan senyawa aktif dalam buah pahit ini dapat meningkatkan sensitifitas tubuh terhadap insulin sehingga penyerapan gula oleh sel-sel tubuh Anda maksimal, hal ini tentu saja baik bagi mereka yang memiliki keluhan gula darah tinggi.

9. Buah Kiwi

Kiwi merupakan buah yang baik untuk penderita diabetes. Kaya akan potassium, serat dan vitamin C. Selain itu buah ini mengandung 56 kalori dan 13 gram karbohidrat yang menjadikannya panganan sehat penderita gula.

Cara Mengonsumsi Buah bagi Penderita Diabetes

Bagi penderita diabetes, terdapat tips mengenai cara mengonsumsi buah secara sehat agar tidak menyebabkan gula darah naik secara signfikan.

Sebaiknya konsumsi buah secara langsung, ataupun jika ingin mengolahnya menjadi jus atau es buah hindari penggunaan sirup atau jenis pemanis lainnya. Hal ini dapat menyebabkan gula darah Anda naik tajam.

Demikian pembahasan mengenai Buah untuk penderita diabetes dan cara mengonsumsinya, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda untuk menjaga agar kadar gula darah tetap terkontrol.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *