Cara Belajar Bahasa Inggris Otodidak

Belajar Bahasa Inggris secara Otodidak

Banyak dari mereka yang baru memulai belajar bahasa inggris ragu untuk belajar secara otodidak. Padahal internet merupakan jembatan dari beragam sumber daya yang dapat mempermudah pelajaran bahasa inggris maupun hal lainnya.

Keuntungan cara belajar bahasa inggri secara otodidak selain lebih hemat dibanding mengambil kursus di lembaga pendidikan, Anda juga dapat dengan mudah mengatur waktu untuk memahami setiap materi yang Anda butuhkan. Selain itu, Anda juga menjadi lebih mandiri dalam belajar tanpa adanya tutor atau guru les.

Dalam artikel kali ini, kami akan memberikan tips dan trik untuk Anda agardapat belajar bahasa inggri secara otodidak namun tetap efektif dalam meningkatkan soft skill Anda. Untuk itu, simak ulasan sebagaimana kami kutip dari BahasaInggris.PRO di bawah ini:

Cara Belajar Bahasa Inggris Otodidak

1. Mendengarkan Musik

Hampir semua orang suka musik, bila Anda salah satunya maka mendengarkan musik bisa menjadi salah satu cara belajar bahasa inggris yang menyenangkan.

Cara yang dapat Anda lakukan adalah mendengarkan musik sembari membaca lirik lagunya, cara ini dapat membantu melatih kepercayaan diri, meningkatkan perbendaharaan kosakata, meningkatkan kemampuan listening dan melatih pronounciation Anda.

Sebagai saran, sebaiknya hindari genre musik rock dan hip hop karena umumnya dinyanyikan dalam tempo cepat dan kosakata dalam musik hip-hop cenderung menggunakan bahasa slang. Untuk itu, saran saya pilihlah musik pop.

2. Belajar Melalui Youtube

Penulis pribadi menghabiskan waktu yang lama untuk belajar bahasa inggris melalui Youtube, terdapat beberapa beberapa channel youtube yang mengajarkan bahasa inggris. Bahkan, Anda dapat belajar sesuai dengan aksen seperti :

British
English With Lucy
Learn with Papa Teach Me
MMMEnglish
English Like a Native

American
Linguamarina
A.J Hoge

Canadian
Can Learn English

Australia
Aussie English

Diantara channel di atas, penulis sendiri belajar American English melalui channel A.J Hoge yang memberikan subtitle english pada setiap videonya, sehingga selain belajar kemampuan speaking juga melatih kemampuan listening Anda.

Pelajari channel-channel di atas, tentukan aksen mana yang cocok menurut Anda dan fokus pada satu channel.

3. Menonton Film

Penulis pribadi paling menyukai belajar bahasa inggris sambil menonton film, setiap mengunduh film box office saya selalu menggunakan subtitle bahasa inggris. Hal ini dapat meningkatkan kemampuan speaking dan memahami bahasa inggris itu sendiri.

Saat menonton film Anda dapat dapat mempelajari :

  • Bentuk kalimat pasif dan aktif.
  • Bentuk kalimat simple present, simple past maupun future.
  • Mengetahui jenis idiom dan frase.
  • Meningkatkan perbendaharaan kosakata Anda.

Hal yang menyenangkan belajar bahasa inggris dengan cara ini adalah Anda dapat mengulang-ulang bagian yang belum Anda pahami secara menyeluruh dan setelah itu Anda dapat mencoba menonton ulang film tanpa menggunakan subtitle sama sekali.

Oh yah, jika Anda benar-benar pemula maka saya sarankan untuk menonton film anime atau film kartun karena umumnya jenis film tersebut menggunakan kosakata yang ringan dan bentuk kalimat sederhana yang sesuai dengan target penonton mereka yakni anak-anak.

5. Belajar Grammar secara Online

Saat belajar secara otodidak, besar sekali kemungkinan Anda belum memahami grammar bahasa inggris dengan sempurna. Untuk itu, bila Anda sudah memahami tenses dasar bahasa inggris maka ada baiknya untuk mengikuti English Quizzes yang dapat diikuti secara gratis.

Mengikuti Quizzes akan membantu Anda mengetahui sejauh mana pemahaman Anda mengenai grammar, konstruksi kalimat dan bentuk bentuk kalimat dalam bahasa inggris.

Ikuti Quizzes setiap satu bulan sekali untuk mengukur sejauh mana peningkatan Anda.

6. Membaca Koran Berbahasa Inggris

Membaca koran berbahasa inggris merupakan salah satu metode yang saya gunakan ketika belajar bahasa asing, terutama mengenai Grammar dan Kosakata baru.

Koran umumnya menggunakan tenses seperti Simple Present, Simple Past dan Future yang mudah untuk dipahami polanya. Selain itu, kosakata-kosakata yang digunakan umumnya mudah dipahami kecuali Anda membaca rubrik segmen khusus seperti ekonomi, politik dan hukum.

Saya pribadi dulu membaca koran Jakarta Post, namun jika Anda kesulitan membeli koran di kota Anda maka Anda bisa mengunjungi situs-situs berita berbahasa asing. Saran saya pilihlah media yang berasal dari Indonesia agar Anda mudah memahami isu, saya merekomendasi tiga situs yakni :

  • TheJakartaPost.Com
  • JakartaGlobe.ID
  • En.Tempo.CO

Demikian pembahasan mengenai Cara Belajar Bahasa Inggris secara Otodidak, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam mempelajari bahasa asing.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>