Categories:

Cara Download Playstore

Play Store atau Google Play Store merupakan layanan pengunduh aplikasi yang sudah dikembangkan Google sejak tahun 2008.

Awalnya, Play Store dikenal sebagai Android Market dan berubah nama pada tahun 2012. Play Store menyediakan beragam aplikasi yang dapat diunduh untuk berbagai kebutuhan.

Anda bisa mendapatkan buku-buku menarik, aplikasi terbaru, film hingga musik yang tengah hits saat ini.

Umumnya, segala jenis ponsel android sudah menyematkan Play Store di dalamnya. Sehingga pengguna dapat dengan mudah mencari aplikasi yang diinginkan.

Namun, bagaimana jika Play Store tersebut tidak tersedia di beberapa tipe gadget atau terhapus? Apa yang harus dilakukan? Ini bukanlah mimpi buruk.

Anda tetap bisa menikmati layanan serba ada dari Google ini dengan cara download play store melalui browser sebagai berikut.

Unduh Aplikasi Play Store

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah Download Apk Play Store pada browser yang dimiliki. Anda boleh mengunduhnya melalui aplikasi Chrome atau Google.

Klik kolom pencarian lalu ketikkan “Play Store”. Maka akan muncul tampilan seperti gambar di atas.

Pilih aplikasi Play Store yang tersedia dari apkpure.com seperti gambar di bawah ini.

Klik tombol “unduh” dan tunggu beberapa saat. Nantinya aplikasi ini akan tersimpan di “file manager” Anda dalam bentuk berkas.

Set Pengaturan

Perlu diingat bahwa Anda menginstall aplikasi “third party”. Sehingga Anda diminta untuk membuka izin aplikasi dari sumber yang tidak diketahui. Buka “pengaturan” untuk mengatur perizinannya terlebih dahulu.

Pilih opsi “keamanan” atau “security”. Setelah itu akan muncul pilihan seperti di bawah ini.

Untuk melanjutkannya, pilih opsi “pasang aplikasi yang tidak dikenal”, aktifkan pilihan “Play Store”. Setelah itu, tutup tab pengaturan, lalu masuk ke “File Manager”.

Untuk menginstal aplikasi, pilih file dengan nama “Play Store” lalu klik berkas tersebut. Ikuti langkah-langkahnya hingga layar ponsel menunjukkan pemasangan aplikasi.

Demi memastikan apakah aplikasi Play Store sudah tersedia di ponsel, cek pilihan menu yang ada di ponsel Anda.

Jika sudah tersedia, Anda dapat menggunakan Play Store untuk mengunduh beragam aplikasi. Namun, perlu diingat bahwa ini adalah aplikasi “third party” atau pihak ketiga.  

Di beberapa smartphone akan muncul pemberitahuan peringatan sebelum melakukan pengunduhan. Pastikan bahwa ponsel Anda masih berada dalam keadaan aman ketika menginstalnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *