Categories:

Cara Kompers PDF dengan Mudah dan Cepat

Format PDF adalah bentuk file yang umumnya digunakan diberbagai kepentingan. Mulai dari tugas kuliah, tugas kantor, dan lain sebagainya. Mudah diakses dan juga formatnya yang sederhana itulah yang membuat PDF sering digunakan. Tetapi terkadang ukuran yang ada terlalu besar, hal inilah yang akhirnya membuat orang akhirnya kompers PDF nya ke ukuran yang lebih kecil.

Cara Kompers PDF dengan Mudah dan Cepat dengan Menggunakan Aplikasi

Cara pertama yang dapat anda lakukan untuk memperkecil ukuran PDF anda adalah dengan menggunakan berbagai aplikasi yang umumnya tersedia di laptop ataupun gadget anda. Setidaknya ada empat aplikasi yang dapat anda gunakan yang antara lain adalah sebagai berikut:

  • Microsoft Word 2013

Ya, anda bisa kompers PDF menggunakan software yang biasanya sudah otomatis terinstal di laptop anda ini. Caranya adalah pertama anda buka file PDF tersebut dengan software ini, kemudian setelah file terbuka ubahlah formatnya menjadi tipe PDF. Jangan lupa untuk memilih minimum size (publishing online) pada pilihan Optimize for dan kemudian menyimpannya.

  • Adobe Acrobat Pro

Anda juga bisa mengkompres file PDF anda di aplikasi ini. Caranya adalah buka terlebih dahulu file PDF anda, kemudian selajutnya klik file kemudian save as other kemudian klik reduce size PDF. Setelah anda mengklik tersebut, kemudian akan muncul pop up window, lalu pilihlah retain existing di opsi “make compatible with” setelah itu akhiri dengan mengklik ok dan menyimpan file tersebut di folder yang anda ingin.

  • NitroPDF

Selanjutnya anda juga bisa menggunakan NitroPDF untuk mengkompers PDF anda. Langkah-langkahnya adalah pertama buka file PDF anda, selanjutnya pilih file, kemudian optimize PDF, kemudian pilih reduce size, dan akhirnya klik optimize. Setelah proses pengecilan file telah selesai, lalu klik accept. Jangan lupa untuk menyimpan file  yang telah dikompers tadi di folder yang anda inginkan. 

  • Orpalis PDF Reducer

Cara mengecilkan file dengan aplikasi ini adalah pilih file yang ingin anda kompers dengan cara mengklik tombol pada bagian source dan kemudian klik tombol selanjutnya di bagian destination untuk menyimpan hasil kompers anda. Setelah itu, klik start batch untuk mulai memproses ukuran file. Tunggu proses tersebut hingga selesai dan nanti akan muncul pop up window untuk memperlihatkan bahwa proses sukses.

Cara Mengkompers PDF dengan Mudah dan Cepat Menggunakan Situs Online

Selain cara diatas, anda juga bisa mengkompers file PDF anda secara online. Caranya antara lain adalah sebagai berikut:

  • Smallpdf.com

Situs pertama yang dapat anda gunakan untuk mengecilkan ukuran PDF anda adalah Smallpdf.com. Yang unik dari mengkompers file di situs ini adalah, anda dapat menyimpan file anda baik di Dropbox maupun Google Drive. Langkah-langkah pengecilan ukuran file juga mudah. Anda hanya perlu klik “Compers PDF”  dan kemudian drag file PDF anda dan menunggu proses kompers selesai. 

  • ILovePDF.com

Situs selanjutnya adalah situs bernama ILovePDF.com. Disini anda dapat melakukan berbagai convert PDF dan juga mengecilkan ukuran PDF anda. Caranya juga cukup simpel, pertama anda harus mengunjungi situsnya. Kemudian pilih Select PDF File dan kemudian pilih level kompers anda dan tunggu proses kompers hingga selesai. 

Memang, mengubah ukuran file PDF anda tidak serumit dan sesusah yang anda bayangkan. Dengan kedua cara diatas, baik menggunakan aplikasi maupun melalui situs secara online, keduanya bertujuan untuk memudahkan anda mendapatkan ukuran file yang lebih kecil yang anda inginkan. Semoga artikel ini bermanfaat!

Sumber artikel : technote.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *