Cara Masuk BIOS Lenovo
Teknologi

Cara Masuk BIOS Lenovo

Cara masuk BIOS setiap merk laptop biasanya berbeda-beda. Terkadang, cara masuk BIOS Asus berbeda dengan cara masuk BIOS Lenovo ataupun merk laptop lainnya.

Bagi yang belum tahu, BIOS atau Basic Input Output System adalah sebuah firmware pada chip motherboard yang digunakan untuk membantu load sistem operasi.

Selain itu, BIOS juga sering digunakan untuk melakukan konfigurasi sebelum melakukan instalasi sistem operasi, lebih tepatnya untuk mengatur boot priority.

Cara Masuk BIOS Laptop Lenovo

Jadi, artikel ini saya buat karena saya baru saja disuruh install ulang laptop teman menggunakan Windows 10. Jika Anda ingin menggunakan sistem operasi ini juga, silahkan baca cara install Windows 10.

Biasanya, saya jarang menemui masalah ketika melakukan install ulang, termasuk saat masuk BIOS untuk mengatur boot priotiry. Namun, entah kenapa tadi sedikit kebingungan.

Hampir semua cara saya coba baik itu dengan tombol F1, F2, Del, maupun ESC. Namun, semua cara tersebut gagal sehingga mendorong saya untuk mencari cara masuk BIOS di laptop Lenovo.

Ternyata eh ternyata, saya hanya kurang menekan tombol Fn (Function) saja sehingga tombol untuk masuk BIOS tidak aktif. Bagi yang belum tahu, tombol Fn adalah sebuah tombol yang digunakan untuk mengaktifkan fungsi pada tombol keyboard.

Jadi, jika Anda lihat pada beberapa tombol keyboard, disana terdapat 2 icon yang memiliki fungsi berbeda. Jika Anda menekan tombol tersebut secara langsung, biasanya yang aktif hanya satu fungsi saja.

Nah, untuk mengaktifkan fungsi lainnya, Anda perlu menekan tombol Fn ini terlebih dahulu dan kemudian diikuti dengan menekan tombol yang Anda inginkan.

Bagi yang masih belum paham cara masuk BIOS laptop ataupun komputer Lenovo, silahkan simak penjelasan di bawah ini.

Tombol Keyboard

cara masuk bios laptop lenovo

Ini adalah cara yang paling mudah untuk dilakukan, berikut rincian caranya:

  1. Pertama, silahkan matikan laptop Anda terlebih dahulu.
  2. Jika sudah mati, tekan tombol power lalu tekan tombol F1 (Lenovo IdeaPad), tombol Fn + F1 (Lenovo ThinkPad), ataupun tombol Fn + F2 ( Lenovo G Series seperti Lenovo G405).
  3. Jika berhasil, Anda akan dibawa ke halaman BIOS Lenovo.
  4. Selesai.

Berdasarkan pengalaman saya pribadi, cara yang berhasil adalah tombol kombinasi Fn + F1 karena seri laptop yang digunakan adalah Lenovo ThinkPad.

Nah, jika Anda menggunakan PC ataupun komputer, maka cara yang berhasil Anda lakukan adalah tombol F1 (saya juga pernah mencobanya dan 100% berhasil).

Disable Hotkey Mode

Lain halnya dengan cara pertama yang mengharuskan Anda untuk mematikan laptop terlebih dahulu. Cara kedua ini malah kebalikannya, yaitu mengharuskan Anda untuk masuk ke Windows.

Jadi, cara ini khusus untuk Anda yang masih bisa mengakses sistem operasi Windows. Jika sudah tidak bisa masuk Windows, maka cara ini tidak bisa Anda gunakan.

Jika Anda gagal menggunakan cara pertama, silahkan coba cara berikut ini:

  1. Pertama, silahkan booting ke sistem operasi pada laptop Anda.
  2. Jika sudah, klik Start > Power > Tekan dan tahan tombol Shift lalu klik Restart dan tunggu sampai proses restart selesai (laptop hidup kembali).
  3. Jika sudah hidup, silahkan langsung tekan tombol F2 ataupun F1 (silahkan dicoba satu per satu) berkali-kali sampai Anda masuk BIOS.
  4. Selesai.

Cara kedua ini menjadi alternatif bagi Anda yang gagal menggunakan cara pertama. Dengan mengikuti cara di atas, seharusnya Anda sudah berhasil masuk ke BIOS Lenovo.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara masuk BIOS Lenovo yang bisa Anda gunakan. Jujur saja, cara masuk BIOS laptop Lenovo memang sedikit rumit. Namun, dengan mengikuti cara di atas, setidaknya akan sedikit membantu.

Demikianlah artikel yang bisa disampaikan pada kali ini, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *