Cara Melihat Password yang Tersimpan di Google Chrome
Categories:

Cara Melihat Password yang Tersimpan di Google Chrome

Google Chrome merupakan salah satu browser dengan fitur yang terbilang cukup banyak, salah satunya adalah fitur untuk menyimpan informasi akun (username dan password) pada website yang menggunakan informasi tersebut. Beberapa contohnya adalah Gmail, Facebook, Instagram, dan lain sebagainya.

Dengan adanya fitur simpan password ini, pengguna akan lebih mudah ketika hendak login ke website yang sebelumnya sudah pernah digunakan untuk login. Hal ini tentu dengan catatan, yakni pengguna harus meng-klik Save ketika muncul pop-up dari Google Chrome terkait simpan password.

Nah, bagi Anda yang kebetulan lupa password Gmail, Facebook, ataupun Instagram dan sebelumnya pernah menyimpan informasi akun di Google Chrome, Anda bisa kok melihat password yang tersimpan. Penasaran dengan caranya? Silahkan baca artikel ini sampai selesai.

Cara Menyimpan Password di Google Chrome

Sebelum melangkah ke proses utama, tidak ada salahnya jika kita bareng-bareng mengetahui cara menyimpan password di Google Chrome. Hal ini juga tidak kalah penting mengingat ketika Anda lupa, Anda bisa melihatnya kembali melalui Google Chrome.

Berikut caranya:

  1. Kunjungi situs yang memerlukan login dan Anda ingin menyimpan login situs tersebut di Google Chrome.
  2. Setelah itu, langsung login saja menggunakan username dan password akun Anda.
  3. Saat proses masuk ke website, biasanya akan muncul pop up di pojok kanan atas seperti gambar berikut.cara melihat password yang tidak tersimpan di google chrome
  4. Untuk menyimpannya, Anda tinggal klik Save saja kok.
  5. Selesai.

Dengan menyimpan password di Google Chrome, Anda bisa langsung login ke situs tersebut tanpa perlu memasukkan username dan password. Begitupun ketika Anda sudah logout, Anda bisa langsung klik Login karena informasi akun Anda sudah otomatis tersimpan dan terinput pada kolom website.

Cara Melihat Password Tersimpan di Google Chrome

Nah, sekarang masuk ke tutorial utama yaitu melihat password yang tersimpan di Google Chrome. Untuk melakukan langkah ini, Anda hanya perlu masuk ke pengaturan Google Chrome saja dan sudah bisa melihat semua password yang tersimpan.

Untuk lebih jelasnya, bisa langsung cek cara lengkapnya di bawah ini:

  1. Buka aplikasi Google Chrome di perangkat Anda.
  2. Masukkan alamat chrome://settings/passwords di address bar (kolom URL).
  3. Setelah masuk pengaturan password, scroll ke bawah dan cari password dari username yang Anda inginkan dengan klik icon mata (👁️).cara melihat password di google chrome
  4. Kemudian, Anda diharuskan memasukkan password perangkat yang Anda gunakan agar bisa melihat password di Google Chrome.cara melihat password tersimpan di google chrome
  5. Sekarang, password yang Anda inginkan sudah muncul dan bisa dilihat.
  6. Selesai.

Bagaimana, gampang banget kan ternyata?

Eh, tunggu dulu nih, dari cara di atas, saya sedikit menemukan celah yang memungkinkan password Anda diketahui orang lain. Hal ini akan terjadi ketika ada orang yang mengetahui password perangkat (laptop/PC) Anda.

Nah, jadi Anda juga harus tetap berhati-hati ya. Jangan sampai ada orang lain (termasuk teman) yang tahu password PC ataupun laptop Anda karena ada kemungkinan bisa melihat password yang tersimpan di Google Chrome.

Alternatif lainnya, Anda bisa melakukan verifikasi 2 langkah pada akun yang sekiranya penting, contohnya Gmail. Jika butuh panduannya, bisa baca cara verifikasi 2 langkah Gmail untuk pemula.

Demikianlah artikel mengenai cara melihat password yang tersimpan di Google Chrome. Dengan mengetahui cara ini, paling tidak Anda jadi tahu password akun Anda ketika suatu saat lupa. Yang terpenting, Anda klik Save ketika ada pop up seperti gambar pada panduan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *