Product Key Windows 10
Categories:

Cara Melihat Product Key Windows 10

Lupa dengan lisensi Windows 10 yang terinstal di komputer kamu? Tenang, karena dalam tutorial kali ini kami akan memandu bagaimana cara melihat product key Windows 10.

Product key atau juga disebut dengan lisensi merupakan kumpulan kode unik berupa 25 digit kombinasi huruf dan angka.

Fungsi dari product key adalah untuk menandakan bahwa kamu menggunakan software Windows secara legal.

Lisensi Windows 10

Sebelum membahas bagaimana melihat kode aktivasi Windows 10 kita, sebaiknya kamu pahami dulu beberapa jenis lisensi Windows. Karena ini akan berkaitan dengan bagaimana nanti kamu dapat melihat product key-nya.

Windows 10 dijual dengan tiga jenis, yaitu retail, OEM dan volume. Masing-masing memiliki ciri-cirinya tersendiri. Berikut ini pembahasannya.

1#. Windows 10 Retail

Versi retail bisa kamu beli di toko fisik maupun online. Nama lain dari retail adalah FPP (Full Packed Product). Lisensi dari retail bisa kamu pindahkan dari satu PC ke PC lainnya.

2#. Windows 10 OEM

Versi OEM atau Original Equipment Manufacture biasa didapatkan ketika membeli laptop yang sudah bundling dengan Windows. Lisensi dari versi OEM tidak bisa dipindahkan ke laptop lain.

3#. Windows 10 Volume

Jenis lisensi ini biasanya dipakai untuk perusahaan yang memiliki banyak komputer. Jadi satu lisensi bisa dipakai banyak komputer. Banyaknya tergantung dari Volume Licensing Agreements antara penjual lisensi dengan perusahaan.

Cara Melihat Versi Windows yang Dipakai

Setelah mengetahui versi lisensi Windows 10, sekarang mari lihat laptop atau komputer kita menggunakan versi yang mana.

Caranya sebagai berikut:

  1. Tekan tombol Windows pada keyboard.
  2. Ketik CMD.
  3. Run as administrator pada Command Prompt.
  4. Copy dan paste kode ini slmgr -dlv lalu enter.
  5. Nanti akan muncul pop-up informasi Windows 10 yang kita pakai.

Cara Melihat Product Key Windows 10

1#. Box CD Windows 10

Jika kamu sebelumnya membeli Windows 10 berupa CD di toko komputer, untuk melihat lisensi tidak begitu sulit karena kamu bisa langsung melihatnya di dalam box CD tersebut. Cara ini bisa dipakai untuk lisensi jenis retail dan volume.

2#. Dengan Aplikasi

Bagi kamu yang mendapatkan lisensi Windows 10 bersamaan dengan bundling pembelian laptop, dalam hal ini lisensi Windows 10 yang kamu pakai adalah jenis OEM. Maka untuk melihat product key-nya harus menggunakan aplikasi.

Karena lisensinya tidak tertera di bodi laptop seperti layaknya pada Windows 7 yang terdapat stiker lengkap dengan product key-nya.

Berikut ini beberapa aplikasi untuk melihat lisensi Windows 10 baik untuk versi retail maupun OEM yang kami rekomendasikan.

1#. KeyFinder Installer

Aplikasi ini sudah kami praktekan langsung dan hasilnya product key yang ditampilkan sama dengan yang ada di kotak CD Windows 10. Artinya aplikasi ini sangat akurat dalam menampilkan informasi lisensi Windows 10.

  • Unduh aplikasi KeyFinder.
  • Instal dan jalankan aplikasinya.
  • Tunggu beberapa detik dan product key Windows 10 kamu akan tampil.

2#. NirSoft ProductKey

  • Unduh NirSoft ProductKey dan sesuaikan dengan bit komputer kalian, 32 atau 64.
  • Ekstrak dan jalankan NirSoft ProductKey.exe.
  • Tunggu sesaat hingga product key Windows 10 muncul.

Demikian pembahasan cara melihat product key Windows 10 yang kami ambil dari situs Windroid.id. Kami sangat menyarankan untuk membackup lisensi yang sudah kalian ketahui tadi di Google Drive atau lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *