Makanan

Cara Membuat Bika Ambon Pandan Mudah dan Legit

Bagi Anda yang suka dengan kue manis, wajib membuat Kue Bika Ambon Pandan yang merupakan makanan khas Sumatera Utara. Cara pembuatannya tergolong mudah dan cepat. Namun perlu Anda ingat bahwa jangan sampai salah memasukkan takaran bahan karena akan membuat kue menjadi bantet. Berikut adalah penjelasan cara membuat Bika Ambon Pandan.

Cara Membuat Bika Ambon Pandan

Anda dapat membuat Kue Bika Ambon Pandan sebagai sajian untuk menyambut tamu. Selain itu kue ini juga cocok sebagai teman untuk menikmati waktu santai. Bila Anda penasaran dengan cara membuat Bika Ambon Pandan, dapat simak penjelasannya dalam artikel berikut ini.

• Bahan yang Disiapkan

1. 8 butir telur ayam ukuran besar
2. 50 gram tepung ketan
3. 200 gram tepung terigu
4. 300 gram tepung tapioka
5. 250 ml santan kental
6. 60 ml air perasan daun pandan
7. 4 lembar daun pandan
8. 25 lembar daun suji
9. 16 lembar daun jeruk purut yang telah dipotong potong
10. 2 buah serai yang telah dimemarkan
11. 4 tetes essens pandang
12. 200 ml air kelapa segar
13. 200 gram fermipan
14. 300 gram gula pasir putih
15. 1 sdt garam

• Cara Membuat Kue Bika Ambon Pandan

1. Buat Adonan Biang

Ambil wadah untuk membuat adonan biang. Masukkan tepung terigu, air kelapa segar, dan fermipan ke wadah tersebut. Aduk secara merata hingga semua bahan tercampur hingga rata. Lalu diamkan adonan selama 15 menit agar mengembang sempurna.

2. Buat Adonan Santan

Ambil panci kecil, tuangkan santan kental ke dalamnya. Kemudian masukkan daun pandan, potongan jeruk purut, serai, essens pandan, gula pasir serta garam. Aduk hingga santan mendidih dan semua bahan tercampur sempurna. Kemudian saring santan yang sudah mendidih tersebut dan diamkan sejenak

3. Membuat Adonan Kue

Ambil adonan biang yang telah Anda buat tadi. Tambahkan tepung ketan dan tepung tapioka. Aduk rata semua adonan kue tersebut. Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda dapat menggunakan mixer dengan pengaduk berbentuk spiral. Kemudian masukkan telur dan santan ke dalam adonan. Diamkan adonan selama 2 jam.

4. Proses Pemanggangan

Panaskan pemanggangan terlebih dahulu. Olesi loyang dengan menggunakan sedikit minyak agar tidak lengket. Tuangkan adonan kedalam loyang. Ratakan adonan dengan cara diketuk secara perlahan. Bila pemanggangan telah panas, masukkan adonan dan masak dengan api sedang. Tunggu hingga adonan mengeluarkan sarangnya.

Perlu Anda ketahui bahwa jangan tutup pemanggangan sebelum adonan mengeluarkan sarangnya. Bila telah mengeluarkan sarangnya, pemanggangan dapat ditutup rapat. Masak hingga adonan berubah menjadi kuning kecoklatan.

Pembuatan Kue Bika Ambon Pandan tergolong mudah. Bahkan dalam pembuatannya tidak membutuhkan waktu lama. Bagi Anda yang ingin mengetahui informasi lainnya, dapat mengunjungi https://www.topijelajah.com . Pastinya semua informasi di sana sangatlah lengkap dan terbaru. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *