Cara Membuat Makanan Khas Sumatera Utara Bika Ambon

Indonesia mempunyai 34 provinsi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Salah satu provinsi terbesar adalah Sumatera Utara. Sumut merupakan provinsi dengan tiga etnis dan banyak suku, salah satunya adalah suku Batak. Selain masih asri, Sumut juga mempunyai beragam makanan khas yang hingga kini masih dinikmati. Makanan khas Sumatera Utara Bika Ambon adalah satu satu makanan khas Sumut yang masih banyak digemari hingga sekarang.

Makanan Khas Sumatera Utara Bika Ambon

Bika Ambon merupakan makanan khas yang terbuat dari bahan telur, gula dan santan. Makanan ini termasuk jenis kue dengan rasa pandan, dan berbagai rasa lainnya seperti coklat, keju dan durian. Bika Ambon termasuk makanan khas Sumatera Utara yang dikenal dan banyak dinikmati oleh semua orang di Indonesia.

Bika Ambon hanya dapat bertahan selama 4 hari karena dapat mengeras. Kue ini dimodifikasi dengan bahan pengembang yaitu nira sehingga teksturnya berongga yang menjadi ciri khas dari makanan yang satu ini. Bika Ambon dikenal sebagai oleh-oleh khas Medan. Anda dapat menemukan kue ini di sepanjang jalan di kota Medan dengan rasa yang lezat dan gurih.

Bagi Anda yang ingin mencoba membuat kue ini sendiri, Anda dapat mengikuti resep membuat Bika Ambon sebagai berikut.

bahan-bahan

1. 300 gram tepung sagu
2. 100 gram tepung terigu
3. 200 ml air kelapa segar
4. 10 gram ragi instan
5. 600 ml santan
6. 15 butir telur
7. 1 sdt vanili
8. 1 sdt garam
9. 450 gram gula pasir

Cara Membuat

1. Siapkan wadah besar, masukan 100 gram tepung terigu dan ragi instan, lalu aduk hingga rata dengan sempurna.
2. Masukan sedikit demi sedikit santan kelapa segar sambil diaduk pelan agar adonan tercampur dengan rata. Aduk kembali hingga adonan tidak ada yang menggumpal. Dan diamkan selama 15 menit.
3. Siapkan wadah lagi, masukan gula pasir, garam dan vanili lalu campur adonan pertama. Aduk hingga rata, dan tambahkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga merata.
4. Ambil santan dan masukan perlahan sambil diaduk, pada proses pengadukan harus hati-hati agar adonan tetap rata dan menyatu dengan sempurna.
5. Diamkan selama 2 jam agar adonan mengembang dan membentuk lubang seperti sarang tawon.
6. Panaskan oven, ambil loyang dan olesi minyak agar loyang tidak lengket.
7. Masukan adonan ke dalam loyang hingga penuh, adonan jangan diaduk lagi agar hasilnya sempurna.
8. Lalu masukan loyang ke dalam oven. Gunakan api sedang dan biarkan pintu oven terbuka sedikit. Tunggu hingga 15 menit sampai warna kulit adonan kuning kecoklatan.
9. Angkat dan sajikan dalam mangkuk, lalu potong sesuai dengan selera Anda.
10. Bika Ambon siap untuk disajikan dengan minuman segar ataupun hangat.

Bika Ambon sangat digemari oleh semua kalangan. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa menyukai kue yang satu ini. Karena bentuk kue tersebut sangat unik dan menarik. Serta rasa Bika Ambon juga tidak kalah enaknya dengan kue lainnya. Bika Ambon biasanya disajikan untuk kegiatan resmi atau acara sebagai menu makanan untuk tamu. Yuk ketahui informasi lainnya di https://www.topijelajah.com !

Makanan khas Sumatera Utara Bika Ambon sudah terkenal di berabgai daerah di indonesia. Banyak orang diluar Medan atau Sumut yang bisa membuat kue Bika Ambon ini dengan rasa yang lezat dan unik juga. Karena rasanya lezat dan gurih, Bika Ambon dapat dijadikan sebagai oleh-oleh saat berkunjung ke Sumatera Utara khususnya di Kota Medan.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>