Cara-Membuat-Surat-Pribadi
Categories:

Cara Membuat Surat Pribadi

Surat pribadi merupakan surat yang dibuat untuk kepentingan pribadi, baik untuk ditujukan kepada keluarga ataupun teman terdekat.

Ada beberapa hal yang harus Anda pahami terlebih dahulu sebelum membuat surat pribadi. Supaya proses dalam membuatnya nanti bisa menjadi lebih mudah.

Berikut ini cara membuat surat pribadi menjadi lebih mudah dengan memperharikan hal-hal berikut ini.

Cara Membuat Surat Pribadi Dengan Mudah

Sebelum masuk kepembahasan cara membuatnya, alangkah baiknya untuk Anda lihat dulu berikut ini seputar referensi contoh surat pribadi lengkap!,

Setelah melihat contoh referensi diatas,maka baru Anda bisa dilanjutkan untuk memahami beberapa hal cara membuatnya dibawah ini.

#1. Tempat dan Tanggal Surat Dibuat

Perihal yang utama untuk membuat surat pribadi yaitu menuliskan tempat dan tanggal surat yang sedang dibuat.

Gunanya dalam penulisan ini yaitu supaya dapat mengetahui tempat yang sedang Anda tinggal saat ini dan kapan surat itu dibuat, agar dapat memberikan petunjuk yang akurat.

#2. Tujuan dan Alamat Surat Yang Dituju

Perihal yang kedua yang harus Anda tuliskan dalam membuat surat pribadi yaitu tujuan dari surat itu dibuat untuk apa dan alamat yang akan ditujukan dalam surat yang dibuat.

Perihal ini dapat berguna supaya siperima surat tau tentang surat ini dikirimkan dan untuk alamat surat yang dituju agar si pengirim surat mudah untuk proses pengantaran surat yang sudah Anda buat.

#3. Salam Pembuka Surat

Perihal yang ketiga ketika Anda membuat surat pribadi yaitu menuliskan salam pembuka surat.

Untuk penulisan salam pembuka ini bisa berbeda-beda bagi setiap penulisnya, Anda bisa atau dipersilahkan menyesesuaikan bahasa dalam kesaharian Anda.

Contoh:

Assalamualaikum…

Salam Sejahtera..

Selamat Pagi/ Sore/ Malam..

Atau bisa juga dengan yang lainya, seperti sapaan akrab Anda.

#4. Paragraf Pembuka Surat

Perihal berikutnya ketika Anda membuat surat pribadi yaitu menuliskan sapaan pembuka surat.

Untuk sapaan pembuka surat ini bisa Anda dengan menuliskan atau menanyakan kabar, keadaan dan sapaan-sapaan yang lainya, yang masih bersifat formalitas saja.

Sehingga terkesan surat pribadi yang sedang Anda buat menjadi lebih berbobot.

#5. Isi Surat Pribadi

Bagian ini merupakan bagian yang inti yaitu isi surat pribadi ini menjelaskan atau maksud dan tujuan Anda membuat surat pribadi.

Dalam bagian ini Anda diminta untuk menuliskan sekaligus menerangkan maksud mengirimkan surat ke pada sipenerima.

Silahkan jelaskan sedetail mungkin, namun tidak perlu bertele-tele. Sehingga nantinya sipenerima surat tidak merasakan bosan saat membaca surat pribadi Anda.

#6. Bagian Penutup Surat

Kurang lengkap atau kurang hidup rasanya jika surat yang dibuat terdapat bagian pembuka, akan tetapi tidak dicantumkan juga bagian penutupnya. Maka dari itu untuk sebagai pelengkap menjadi lebih menarik dan indah dipandang Anda tuliskan juga bagian penutup surat pribadi yang sedang Anda buat.

#7. Nama Pengirim dari Pengirim Surat

Bagian yang terakhir yang tak kalah penting saat Anda membuat surat pribadi yaitu menulikan nama terang Anda dan tanda tangan.

Sebagai pengenal bahwa pembuat surat ini adalah Anda sendiri, bukan maksud yang lainnya.

Demikianlah perihal-perihal mengenai cara membuat surat pribadi, yang harus Anda cantumkan semoga dapat bermanfaat dan berguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *