Categories:

Cara Membuka Situs Yang Diblokir

Mungkin Anda merasa bingung saat mencari cara membuka situs yang diblokir untuk membuka beberapa situs yang dianggap berbahaya. Namun, sebenarnya ada beberapa cara mudah untuk bisa membuka situs yang diblokir.

Situs bisa sampai terblokir karena dianggap membahayakan bagi pengunjung atau tidak sesuai dengan aturan yang ada di negara Indonesia.

Walau situs biasa-biasa saja, namun biasanya browser atau DNS yang Anda gunakan akan memblokir situs tersebut jika dianggap memiliki malware atau konten yang sensitif. Berikut beberapa cara membuka situs yang diblokir yang bisa Anda gunakan agar bisa mengakses situs kesayangan Anda.

Membuka Situs Yang Terblokir Menggunakan VPN Di HP

Cara membuka situs yang diblokir melalui handphone adalah dengan menggunakan aplikasi VPN di handphone Android Anda.

VPN di Android bisa membantu membuka situs ataupun aplikasi yang sudah tidak bisa digunakan di Indonesia atau di beberapa negara yang melarang penggunaan situs atau aplikasi tersebut.

Berikut langkah-langkahnya.

  • Langkah yang pertama, Anda bisa mendownload aplikasi Turbo VPN yang bisa didapatkan secara gratis di Google Playstore
  • Kliklah tombol dengan simbol wortel yang berada pada tengah bawah aplikasi untuk bisa memulai proses sambungan pada server
  • Aplikasi akan secara otomatis mencari server yang paling stabil bagi snda, Anda akan langsung terkoneksi dengan otomatis jika memang berhasil tersambung nantinya.
  • Anda sudah bisa membuka berbagai situs yang terblokir jika vpn sudah terkoneksi.

Anda bisa dengan mudah membuka situs atau aplikasi yang diblokir penggunaannya di Indonesia tanpa harus repot melakukan berbagai settingan di handphone Anda.

Membuka Situs Yang Terblokir Menggunakan VPN Di PC

Selain dengan menggunakan Handphone, Anda juga bisa menggunakan software VPN yang ada di PC. Salah satu software VPN terbaik menurut PickMe.pro adalah Tunnel Bear.

Software yang satu ini sama mudahnya dengan software Turbo VPN yang ada di Handphone Anda. Anda juga hanya cukup mengklik satu tombol di software, dan secara otomatis nantinya akan disambungkan langsung ke server terbaik bagi Anda. Berikut langkah-langkahnya.

  • Bukalah software VPN Tunnel Bear yang sudah Anda install di PC atau laptop Anda
  • Kliklah tombol tuas pada software VPN yang berada di pojok kiri atas aplikasi tunnel bear.
  • Software Tunnel Bear VPN nantinya akan terus mencari server terbaik yang dirasa paling stabil dan juga sangat cepat untuk jaringan internet yang Anda gunakan.

Anda bisa mendapatkan software tunnel bear ini dari beberapa situs penyedia link download gratis.

Membuka Situs Yang Terblokir Menggunakan SSH

Selain cara membuka situs yang diblokir dengan menggunakan VPN, cara yang lainnya untuk membuka blokiran situs adalah dengan menggunakan SSH. SSH atau singkatan dari Secure Shell ini memiliki sebagai jaringan yang nantinya akan melindungi pertukaran data dari berbagai ancaman virus. SSH dan juga VPN memang berbeda, akan tetapi mereka memiliki karakteristik yang sangat mirip.

Perbedaannya itu terletak di penggunaan pihak ketiga untuk menggunakan proses SSH Tunneling.Anda juga bisa menggunakan SSH ini di handphone. Anda harus mendaftar akun SSH padasitus fastssh.com, akun ini juga biasanya berlaku mulai dari 1 hingga 7 hari. Berikut cara menggunakan SSH

  1. Setelah Anda mendaftar di situs fastssh.com, Anda harus mendownload aplikasi SSH dengan nama KPN Tunner Revolution.
  2. Setelah itu, install aplikasi tersebut di handphone Anda.
  3. Bukalah aplikasi KPN Tunnel Revolution yang sudah Anda install. Secara default Anda akan mendapatkan Local Port yang sudah terisi dengan port 2323. Biarkan saja seperti itu, isi dengan nomor yang sama jika memang masih belum terisi dan juga pilih proxy type tersebut menjadi Direct Proxy.
  4. Masuklah pada pengaturan dengan cara mengklik tanda setting yang ada pada bagian atas aplikasi tersebut, pastikan juga Anda memberikan centang di kolom SSH Tunel tersebut. Setelah itu klik SSH Tunel.
  5. Isikan Host/IP, Username, dan juga Password yang nantinya akan Anda dapatkan ketika mendaftar akun SSH.
  6. Geserlah layar ke bagian bawah setelah itu centang Auto Reconnect dan juga isi Url Pinger dengan situs www.bing.com. Setelah itu geser kembali layar ke bagian bawah, dan centang Custom DNS. Anda harus memastikan bahwa Primary DNS yang nantinya terisi adalah 8.8.8.8 dan juga Secondary DNS yang nantinya terisi adalah 8.8.4.4.
  7. Lalu kembalilah ke halaman utama Anda, setelah itu klik Start untuk bisa menggunakan SSH Tunnel. Anda akan mendapatkan notifikasi jika memang berhasil terkoneksi.

Cara menggunakan SSH untuk membuka situs yang diblokir memang cukup sulit, namun, Anda bisa menggunakan cara ini saat sedang dalam keadaan urgent atau malas menggunakan VPN.

Membuka Situs Yang Diblokir Menggunakan Server DNS

Cara membuka situs yang diblokir selanjutnya adalah dengan menggunakan DNS, Anda bisa menggunakan DNS Server. DNS sendiri berfungsi untuk mengubah IP address menjadi domain address. Cara menggunakan DNS Server pun cukup mudah, berikut langkah penggunaan DNS Server Di PC dan Di Handphone.

1. Cara Menggunakan DNS Di PC

Untuk menggunakan DNS Server di PC cukup mudah Anda lakukan, berikut langkah-langkahnya.

  • Masuklah ke halaman menu Setting di PC Anda, setelah itu pilihlah control panel lalu pilih Network and Internet. Klik tombol Network and Sharing Center.
  • Klik kanan di koneksi internet Anda, contohnya jika Anda menggunakan Ethernet lalu pilihlah menu Properties.
  • Klik menu Internet Protocol Version 4 (TCP/Ipv4) setelah itu pilih tombol Properties.
  • Berilah tanda centang di Use the following DNS server addresses, setelah itu masukanlah Preferred DNS server dengan mengisi 1.1.1.1 dan juga Alternate DNS server dengan mengisi 1.0.0.1.
  • Jika sudah klik OK .

Anda sudah bisa membuka berbagai situs yang diblokir dengan menggunakan server DNS ini.

2. Cara Menggunakan DNS Di Android

Anda bisa menggunakan DNS di handphone dengan melakukan settingan manual. Namun, Anda tetap harus terkoneksi ke jaringan ISP, DNS ini tidak bisa digunakan di jaringan operator. Berikut langkah-langkahnya.

  • Masuklah ke menu Networks yang ada di Android Anda, setelah itu pilih WiFi dimana handphone Anda terkoneksi. Lalu Anda pilih dan tahan nama WiFi Anda hingga nantinya muncul pilihan, pilihlah Modify Network.
  • Pilihlah menu show advance options, setelah itu ganti IP Settings Anda menjadi Static.
  • Geserlah layar handphone Anda ke bawah dan setelah itu isikan DNS 1 dengan DNS 1.1.1.1 dan juga DNS 2 dengan DNS 1.0.0.1. Setelah itu pilih tombol save untuk bisa menyimpan pengaturan.
  • Jika sudah, lakukan restart pada koneksi Wifi Anda.

Anda sudah bisa membuka berbagai situs yang diblokir jika Anda mengikuti cara di atas dengan benar.

Itulah beberapa cara membuka situs yang diblokir yang bisa Anda lakukan tanpa harus kerepotan melakukan banyak settingan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *