printer untuk pelajar
Elektronik

Cara Memilih Printer untuk Pelajar

Bagi pelajar, printer merupakan salah satu bagian penting yang digunakan dalam melakukan tugas sekolah. Biasanya untuk mencetak tugas, makalah, bahan ajar, dan scan.

Nah, sebenarnya printer terbaik bagi pelajar dengan harga Rp 400 ribuan sudah cukup. Hanya saja, bila ingin dilengkapi fitur scan dan fotokopi maka harganya ada di range Rp 1 jutaan.

Supaya lebih lengkap yuk kita bahas berikut ini.

Budget

Coba hitung lagi berapa budget yang kamu sediakan untuk membeli printer. Untuk printer yang baru untuk pelajar ada di range harga Rp 300-400an. Salah satunya adalah Canon IP2770.

Jadi, coba perhatikan lagi budget yang dimiliki.

Jenis Printer

Langkah berikutnya yang harus dilakukan sebelum membeli printer untuk pelajar atau mahasiswa adalah menentukan jenis printer yang akan dibeli.

Dalam kasus ini terdapat tiga jenis printer yakni printer inkjet, laser jet dan dot matrix.

Pada umumnya printer yang dibeli oleh pelajar sekolah atau mahasiswa yang tengah kuliah adalah jenis inkjet. Jenis printer ini diklaim sudah cukup mengakomodasi keperluan pelajar, untuk itulah printer tersebut cocok untuk para pelajar.

Bila kamu pernah mencetak ke warnet atau tempat print, mereka menggunakan printer inkjet.

Fitur Printer

Setelah menentuka jenis printer yang hendak dibeli. Selanjutnya memikirkan fungsionalitas printer kedepannya.

Apakah hanya untuk mencetak saja, atau sekalian dengan fitur scan, fotokopi, dan butuh printer yang mampu mencetak dengan warna yang bagus.

Bila hanya untuk mencetak saja, printer dengan budget Rp 300-600 dirasa cukup. Sementara scan nantinya kamu bisa menggunakan aplikasi via smartphone.

Namun, bila juga ingin printer yang dilengkapi dengan scan, fotokopi, dan kualitas warna yang bagus maka kamu perlu menyediakan budget sekitar Rp 1 jutaan.

Kualitas Cetak

Kamu perlu melakukan cek untuk memastikan hasil cetak printer telah sesuai dengan ekspektasi yang kamu harapkan.

Kualitas ini memengaruhi hasil cetak dokumen-dokumen penting yang akan digunakan nanti.

Pilih printer dengan daya cetak yang tinggi, hal ini juga menentukan konsumsi cartridge yang akan kamu gunakan pada kebutuhan setiap bulannya.

Untuk mengecek hasil kualitas dari printer, salah satu caranya kamu bisa cek ulasannya di YouTube atau blog mengenai printer yang bagus.

Ukuran Kertas

Meski tidak terlalu menjadi masalah tetapi ukuran bisa menjadi tolok ukur para pelajar memilih printer yang akan digunakan.

Printer dengan ukuran praktis dan tidak memakan banyak tempat, perangkat ini dapat kamu tempatkan dimana saja sesuai dengan keinginan. Misalnya, di atas meja belajar kamu.

Umumnya printer di pasaran maksimal bisa mencetak hingga ukuran F4 (folio). Sementara bila kamu butuh mencetak ukuran A3, tentu printer khusus A3 yang harus kamu beli.

Cara Penggunaan

Tentunya kamu pasti ingin menggunakan printer dengan mudah dan tidak bertele-tele atau memerlukan banyak langkah dalam penggunaannya terlebih untuk pelajar.

Tipsnya, bagi yang baru pertama kali akan menggunakan printer, kamu dapat bertanya kepada si penyedia barang atau penjual terkait cara penggunaan printer tersebut.

Hal ini mengantisipasi adanya keadaan tidak terduga dari si pemilik, seperti salah tekan tombol atau bahkan asal menekan tombol.

Namun, ragam fitur di printer ini bisa kamu pelajari kok!

Baru/Second?

Bagaimana bila ada yang menawari kamu untuk membeli printer yang sudah pernah digunakan?

Nah, untuk hal ini perlu kamu cek dengan teliti bagaimana kondisi printernya, baik dari segi fisik maupun fungsionalitas.

Pertama, pastikan printer tersebut bekerja sebagaimana mestinya. Baik dari segi kelancaran proses cetak dan hasil cetak. Apakah warnanya terdapat garis-garis atau cetakannya bersih.

Keakuratan warna juga perlu diperhatikan.

Kedua, cek bagian dalamnya. Apabila menggunakan catridge coba perhatikan, apakah catridgenya bocor atau berfungsi dengan baik. Bila tak bocor maka langkah ini silahkan dilewati.

Bagaimana bila bocor?

Sebaiknya kamu meminta pemiliknya untuk menggantinya terlebih dahulu, karena harga catridge juga tak murah. Biasnya ¼ dari harga printer, berkisar Rp 100-200 ribuan.

Ketiga, cek fisiknya. Apakah ada retakan, pecahan, atau gores. Bila kamu melihat sekiranya tak mengganggu fungsionalitasnya, printer ini bisa kamu pertimbangkan lagi.

Baru-baru ini kami menemukan postingan mengenai beberapa pilihan printer terbaik dengan variasi harga + ada penjelasan spesifikasinya. Anda bisa mengecek rekomended.com, siapa tau pilihan yang mereka rekomendasikan bisa jadi pilihan Anda pula.

Demikianlah beberapa tips untuk memilih printer untuk pelajar yang bisa diterapkan bagi kamu para orang tua ketika akan membelikan printer untuk anak kesayangan.

Semoga memberikan sedikit bantuan kepada kamu supaya tidak kebingungan dan khawatir saat akan memilih printer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *