Cara Memindahkan File dari HP ke Laptop
Categories:

4 Cara Memindahkan File dari HP ke Laptop dengan Mudah

Terkadang beberapa file mempunyai kapasitas yang besar dan memakan habis penyimpanan di HP. Cara memindahkan file dari HP ke laptop ini bisa menjadi solusi agar penyimpanan HP tidak terkuras habis karena file-file besar.

Selain bisa meminimalisir penyimpanan pada HP, cara ini juga bisa menjadi opsi agar file-file terdahulu juga tidak dihapus karena penyimpanan yang kurang.

Nah lalu bagaimana caranya? Berikut kami berikan beberapa cara memindahkan file dari HP ke laptop dengan mudah dan cepat.

Cara Memindahkan File dari HP ke Laptop Dengan Kabel Data

Berikut ini merupakan cara transfer file dari HP ke laptop :

  1. Sambungkan HP ke Laptop dengan menggunakan kabel data yang sesuai.
  2. Apabila sudah tersambung kamu bisa memilih opsi Transfer File Data atau MTP pada bagian pengaturan.
  3. Sekarang kamu bisa menuju File Explorer atau dengan menekan Ctrl + E, dan temukan partisi yang sesuai dengan nama HP atau merknya karena akan berbeda-beda.
  4. Jika sudah ditemukan, kamu bisa salin atau copy file dengan cara menekan Ctrl + C.
  5. Kemudian paste ke partisi laptop yang sudah kamu sediakan dengan menekan Ctrl + V.

Terkait cepat atau lambatnya transfer data menggunakan kabel USB biasanya tergantung dengan besarnya file, ruang hardisk di laptop, atau juga banyaknya file. 

Pada umumnya metode menggunakan kabel USB ini terkesan lebih cepat dan simpel layaknya metode pada cara menampilkan layar HP ke laptop, dibandingkan dengan menggunakan bluetooth.

Cara Memindahkan File dari HP ke Laptop dengan Bluetooth

Memang cara ini tidak secepat menggunakan kabel USB, berbeda cerita saat kamu tidak membawa kabel data dan genting seperti transfer file ke dalam laptop dengan beberapa tujuan tertentu.

Dengan adanya bluetooth akan sedikit membantu, dengan kondisi tertentu. Berikut ini merupakan cara memindahkan file dari HP ke laptop dengan bluetooth:

  1. Aktifkan bluetooth HP, dan pilih file yang akan dipindahkan.
  2. Untuk transfer file bisa dengan cara menekan tahan file, lalu pilih bluetooth.
  3. Pada laptop cukup hanya dengan memilih Receive a File.

Cara Memindahkan File dari HP ke Laptop dengan Aplikasi

Jika dengan menggunakan beberapa alternatif diatas masih kurang cocok untuk digunakan, maka saya akan memberikan opsi lain yaitu dengan menggunakan sebuah aplikasi.

Aplikasi yang digunakan sudah pasti gratis atau bisa dipakai oleh siapapun, nah aplikasi yang akan kita gunakan yaitu Shareit.

Jadi, aplikasi ini bukan hanya digunakan untuk HP saja akan tetapi bisa sharing file dengan laptop juga. Mungkin fitur yang disediakan Shareit belum banyak diketahui oleh orang.

Ada yang harus kamu ketahui, mekanisme transfer file ini dengan metode wireless, HP akan memancarkan sinyal hotspot dan diterima oleh pc atau laptop.

Berikut ini merupakan tahapan cara transfer atau memindahkan data dengan aplikasi shareit :

  1. Pastikan di laptop kamu sudah menginstall aplikasi SHAREit PC.
  2. Buka aplikasi SHAREit di HP kamu, lalu pilih icon kotak-kotak di bagian pojok kanan atas.
  3. Pilih Connect PC, dan disana kamu bisa mengirim file HP ke laptop dengan sangat cepat.

Cara Memindahkan File dari HP ke Laptop dengan Cloud Storage

Nah, untuk cara lain yang bisa kita manfaatkan yaitu dengan penyedia penyimpanan cloud seperti Google Drive, Dropbox atau yang lainnya. Namun, dengan teknik ini kita harus terhubung dengan sebuah koneksi internet agar bisa mengupload file yang ingin kita pindahkan.

Paling utama kita harus memiliki akun email terlebih dahulu, salah satunya google mail.

Itulah penjelasan kami terkait dengan cara memindahkan file dari HP ke laptop, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *