Cara memperbesar ukuran foto
Teknologi

Cara Memperbesar Ukuran Foto

Memperbesar ukuran foto sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Tidak hanya bisa dilakukan secara online namun juga bisa dilakukan secara offline. Menariknya lagi, Anda bisa melakukannya dengan menggunakan software ataupun tanpa software. Dengan demikian, Anda bisa memilih cara yang lebih efektif.

Namun, sebagian orang masih bingung dengan cara memperbesar ukuran foto agar tidak pecah dan memiliki kualitas yang apik. Nah, dalam penjelasan kali ini akan dibahas tentang cara memperbesar ukuran foto dengan kualitas yang tetap apik tanpa membuatnya menjadi blur.

Seperti yang kami kutip dari winfixer.com berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbesar ukuran foto dengan mudah dan tanpa ribet.

2 Cara Memperbesar Ukuruan Foto

1. Photoshop

Siapa yang tak kenal dengan aplikasi edit foto professional satu ini? Ya, Photoshop merupakan salah satu aplikasi edit foto terbaik yang bisa Anda gunakan untuk mengedit foto menjadi keren. Selain itu, aplikasi satu ini juga bisa digunakan untuk memperbesar resolusi foto dengan mudah. Bagaimana caranya?

  • Langkah pertama, buka foto dengan menggunakan aplikasi Photoshop dengan cara pilih menu File > Open, kemudian cari gambar yang akan Anda perbesar ukurannya.
  • Setelah itu, klik menu Image > Image Size
  • Selanjutnya, hilangkan tanda centang yang ada pada “Constrain Proportions” supaya bisa mengubah ukuran sesuai dengan keinginan Anda. Namun, apabila ingin ukuran panjang dan lebar sama, maka jangan hilangkan tanda centang yang ada di “Constrain Proportions”. Lalu, masukkanlah ukuran foto yang Anda inginkan.
  • Klik OK, maka secara otomatis ukuran foto akan berubah.
  • Klik menu File > Save As atau tekan tombol Shift + Ctrl + S untuk menyimpan foto yang sudah diubah. Simpan foto tersebut dengan format JPEG.
  • Berikutnya akan muncul pop up dan Anda bisa mengatur kualitas gambar sesuai keinginan, namun disarankan untuk memilih “Maximum” agar hasil gambar lebih bagus.

Mudah bukan? Akan tetapi, bagi Anda yang ingin mengubah ukuran foto dengan cara ini terlebih dahulu harus memiliki aplikasi Photoshop di laptop ataupun PC.

2. Paint

Nah, jika Anda tidak memiliki aplikasi edit foto, maka Anda bisa memanfaatkan Paint yang merupakan software bawaan dari Windows. Meski fungsinya untuk menggambar secara sederhana, namun jangan salah jika software yang satu ini juga bisa digunakan untuk memperbesar ukuran foto.

Cara memperbesar ukuran foto dengan menggunakan Paint pun sangat mudah untuk dilakukan. Berikut beberapa langkah yang harus Anda lakukan:

  • Pertama, pilihlah foto yang akan diperbesar ukurannya.
  • Klik kanan pada gambar, lalu pilih Open with > Paint.
  • Selanjutnya, klik ‘Resize’ untuk mengatur ukuran gambar. Nah, disarankan untuk tidak menghilangkan centang pada “Maintain aspect ratio” agar skalanya tetap sama. Di bagian ‘Resize by’ pilihlah ‘Pixels’, hal ini bertujuan agar Anda tahu ukuran sebenarnya. Jika sudah, ubahlah ukuran sesuai dengan keinginan.
  • Kemudian klik File > Save As > JPEG Picture.
  • Terakhir, Anda hanya tinggal memberi nama, lalu klik Save atau Simpan untuk menyimpan foto yang telah diubah.

Meski tidak menggunakan aplikasi edit foto, namun Anda tetap bisa memanfaatkan software bawaan yang sudah tersedia seperti Paint. Apalagi, caranya pun sangat mudah untuk dilakukan.

Itu dia cara memperbesar ukuran foto yang bisa Anda lakukan baik dengan menggunakan aplikasi ataupun tanpa aplikasi. Langkah-langkah yang harus Anda ikuti di atas sangatlah sederhana sehingga mempermudah Anda untuk memperbesar ukuran foto.

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *