Tanaman

Cara Menanam Kunyit 

Banyak manfaat yang diperoleh dari kunyit, baik itu dikonsumsi untuk bahan masakan atau diolah menjadi obat atau minuman jamu. Rempah-rempahan yang penyebarannya cepat sekali di Asia Tenggara, lalu menyebar hingga ke benua Australia lalu Afrika. Cara menanam kunyit yang benar dari TaniMuda ini perlu diikuti agar tanaman tumbung dengan baik.

Tanaman kunyit merupakan salah satu rempah yang sangat digemari oleh penduduk di dunia. Dibalik kepopuleran itu, ternyata cukup mudah menanam dan merawatnya, bahkan Anda yang awam atau pemula di dunia tanam menanam dapat melakukannya sendiri. Sebagai peluang bisnis pun bisa dimanfaatkan, sebab kunyit tak hanya dibutuhkan sebagai bumbu masak tapi banyak lagi lainnya.

Tata Cara Menanam Kunyit dan Tahapannya

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kunyit tak hanya berguna untuk kuliner kunyit pun banyak digunakan di dunia kesehatan dan kecantikan. Yuk, simak penjelasan dari TaniMuda berikut ini tentang bagaimana cara bertanam kunyit yang benar.

  1. Persiapan Pembibitan

Di tahap awal cara menanam salah satu jenis rempah ini ialah pembibitan kunyit. Untuk itu, pilih bibit kunyit yang ada pada pecahan rimpang. Kemudian lakukan masa istirahat pada bibit yang akan digunakan. Hal ini dilakukan supaya bibit kunyit bersifat mudah tumbuh saat ditanam.

  1. Media Tanam untuk Kunyit

Kunyit bisa Anda tanam di perkebunan ataupun dapat di perkarangan rumah Anda. Persiapan media tanam sebaiknya dilakukan 30 hari sebelum digunakan untuk menanam kunyit. Supaya tanah tetap gembur serta layak tanam. Untuk itu Anda perlu meningkatkan unsur hara pada tanah melalui pemberian pupuk kompos 2,5-3kg dan didiamkan tanah tersebut selama 1 minggu.

  1. Teknik Penyemaian Benih Kunyit

Penyemaian kunyit dari bibit sampai menjadi tunas bisa Anda maksimalkan dengan cara mudah, yaitu :

– Menaruh bibit kunyit di luar di tempat yang rindang serta teduh dan terkena angin selama 1 sampai 1,5 bulan.

– Siram bibit selama 2 kali sehari pada pagi dan sore hari. Tempat menaruh bibit tersebut sebaiknya pada suhu ruang  25-28 C°, dengan begitu tingkat pertumbuhan bibit jadi lebih baik.

  1. Hal yang Patut Diperhatikan Ketika Menanam Kunyit

Setelah mengerjakan penyiapan benih kunyit seperti yang telah diinstrusikan sebelumnya. Anda dapat melakukan penanaman di dalam lubang dengan kedalaman 10 cm. Adapun metode yang dipakai yakni kunyit ditanam pada awal musim hujan. Setelah itu, kunyit akan mulai dipanen pada saat masuk musim kemarau, setidaknya Anda membutuhkan 8 bulan lamanya sebelum panen.

Perihal periode penanaman kunyit, pada umumnya dilakukan di awal musim hujan. Dalam hal ini sama seperti tanaman lain di mana tanaman tersebut untuk mengembangkannya memerlukan air yang banyak untuk menumbuhkannya. Setidaknya butuh 7-8 bulan waktu tumbuhnya kunyit, hal ini terbilang sangat cepat. Supaya hasilnya maksimal tanam kunyit ketika mulai masuk musim penghujan.

  1. Musim Panen

Seperti yang dijelaskan sebelumnya kunyit butuh 8 sampai 18 bulan ke masa panen. Namyn waktu panen kunyit yang terbaik ialah pada bulan ke 11 dan 12 setelah tanam. Untuk mengetahui hal tersebut cukup Anda perhatikan pada daun kedua dari tanaman kunyit yang ada di tanaman. Ataupun dengan cara melihat perubahan warna batang yang tadinya hijau lalu berubah jadi menguning.

Ternyata cara menanam kunyit dari TaniMuda ini tidak sulit seperti yang Anda kira bukan? Cukup lakukan tahapan sesuai urutan di atas ini lalu dapatkan hasilnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *