Categories:

Cara Mendapatkan Uang dari Internet dengan Menulis

Kamu punya hobi menulis? Jangan sia-siakan kemampuanmu dengan hanya menjadikannya sekadar hobi saja. Ada banyak cara mendapatkan uang dari internet dengan skill menulis yang kamu miliki. Berbagai pekerjaan berhubungan dengan kepenulisan yang sangat menjanjikan tersedia untuk memperoleh uang.

Karena menulis sudah menjadi passion-mu, maka kamu tidak akan merasa seperti bekerja sebab kamu melakukan hal yang kamu sukai. Ini saatnya bagimu untuk mengembangkan karier sekaligus menghasilkan uang di dunia kepenulisan melalui berbagai platform di internet dengan waktu kerja yang lebih fleskibel.

10 Cara Mendapatkan Uang dari Internet dengan Menulis

Bingung menentukan jenis pekerjaan apa yang bisa kamu geluti di internet untuk semakin mengembangkan kemampuan menulismu. Yang paling mudah adalah memilih pekerjaan sesuai dengan pengalamanmu di dunia kepenulisan. Berikut beberapa contoh pekerjaan yang bisa kamu pilih.

Blogger

Jika kamu memiliki blog pribadi, kamu bisa menggunakannya sebagai sarana untuk menghasilkan uang melalui internet. Kuncinya adalah kamu harus aktif menggunggah informasi-informasi yang menarik dan bermanfaat untuk banyak orang.

Cari tahu apa yang sekarang sedang menarik perhatian banyak orang dan buatlah ulasannya di blogmu. Kamu juga bisa mengembangkan blog pribadi agar semakin menarik di mata para pengunjung tak hanya dari segi tulisan namun juga desain.

Agar bisa menghasilkan uang, kamu bisa memasang iklan orang lain di blog milikmu. Akan lebih baik, jika kamu membuat ruang tersendiri di blog untuk menampilkan iklan-iklan tersebut.

Copy Writer

Copy writer ini merupakan penulis yang bertujuan untuk promosi atau pemasaran melalui teks atau tulisan. Tulisan yang dibuat copy writer inilah yang nanti akan menjadi sarana komunikasi kepada konsumen tentang merk atau produk dari perusahaan agar lebih tepat sasaran.

Berbeda dengan penulis artikel biasa, konten yang dibuat oleh copywriter bahasanya lebih persuasif sehingga mampu memotivasi orang untuk lebih mengetahui tentang produk atau membeli produk. Di dalam tulisannya, copy writer sering menambahkan link serta aplikasi yang mendukung.

Jika kamu memiliki pengalaman menjadi copy writer, banyak sekali perusahan yang menawarkan posisi ini secara online sehingga bisa kamu coba.

UX Writer

UX writer menjadi profesi yang tengah booming belakangan ini. Kamu harus membuat tulisan yang enak dibaca tentang produk digital yang ditawarkan suatu perusahaan. Menjadi seorang UX writer memiliki tantangan tersendiri sebab kamu harus menggunakan kata-kata yang membuat pengguna produk nyaman.

Untuk itu, tulisan yang dibuat haruslah sederhana dan mudah dipahami sehingga bisa menciptakan komunikasi yang kuat dengan pengguna produk. Pengguna pun akan merasa puas sehingga tetap mengggunakan produk digital dari perusahaan tertentu.

Kini banyak sekali posisi UX writer yang bisa dengan mudah kamu temukan di website penyedia lowongan pekerjaan.

Technical Writer

Kamu bisa mengubah kalimat rumit menjadi deretan kata-kata yang bisa dengan mudah dipahami? Mungkin technical writer merupakan pekerjaan penulis yang cocok untuk kamu.

Seorang technical writer biasanya bertugas untuk menulis instruksi dan petunjuk teknis untuk menggunakan sesuatu. Selain itu, ada juga yang bekerja untuk menulis buku pedoman dari suatu produk.

Nah, kalau kamu memiliki pengalaman di area kepenulisan ini, sejumlah perusahaan menawarkan posisi technical writer secara online.

Ghostwriter

Meskipun namanya sedikit mengerikan, namun jangan salah karena menjadi ghostwriter bisa menjadi profesi yang cukup menjanjikan. Ghostwriter sedikit berbeda dengan jenis penulis yang lain karena dia membuat tulisan untuk keperluan orang lain, seperti publik figur tanpa mencantumkan nama alias anonim.

Tulisan yang dibuat oleh ghostwriter bisa bermacam-macam jenisnya seperti artikel, cerita, review produk atau tulisan untuk tujuan tertentu. Di website penyedia lowongan pekerjaan, kamu bisa dengan mudah menemukan klien yang mencari jasa ghostwriter dengan tema tertentu.

Kamu hanya tinggal membuat tulisan sesuai dengan gagasan klien yang memberimu pekerjaan.

Jasa Penulis Artikel

Jasa penulis artikel juga banyak sekali ditemukan di internet sebab seiring berkembangnya teknologi banyak perusahaan dan media yang membutuhkan penulis untuk mengisi website mereka. Selain membuat berbagai konten untuk mengisi web, penulis artikel biasanya diminta untuk mempromosikan produk.

Agar mampu menghasilkan tulisan yang baik, seorang penulis paling tidak harus memahami SEO atau search engine optimization. Kamu juga perlu memiliki ketrampilan untuk menambahkan visual yang mendukung untuk tulisan yang dibuat.

Dengan memahami SEO dan visualisasi tulisan, kamu bisa membuat teks yang menarik untuk dibaca.

Marketing Communication Specialist

Marketing communication specialist ini juga merupakan seorang penulis. Namun bedanya dia memiliki spesialisasi untuk menulis konten yang mampu meningkatkan tujuan marketing dari suatu perusahaan atau organisasi. Contoh tulisan yang dibuat bisa dalam bentuk e-book, pers, dan brosur.

Meskipun masih belum begitu populer, namun pekerjaan ini termasuk cara mendapatkan uang dari internet yang sangat menjanjikan karena penghasilannya cukup tinggi. Kini semakin banyak perusahaan yang membutuhkan jasa ini sehingga kesempatanmu untuk bekarir di posisi ini semakin terbuka.

Untuk bisa menjadi communication specialist, kamu perlu belajar tentang bisnis, marketing, serta komunikasi dalam bisnis. Kamu juga harus memastikan tulisan yang dibuat mengikuti gaya bahasa yang mencerminkan perusahaan.

Penulis Naskah

Jasa penulis naskah juga kini banyak yang ditawarkan lewat online. Kalau kamu memiliki pengalaman atau kemampuan untuk membuat transkripsi film atau menerjemakan film dalam bentuk teks, posisi ini layak kamu coba.

Pekerjaan ini juga menawarkan yang cukup menjanjikan. Sebagai penulis naskah, kamu harus tahu cara membuat struktur dasar dalam perfilman, menciptakan karakter yang menarik, dan yang pasti harus siap untuk menerima kritik untuk merevisi naskah yang kamu buat

Penulis Novel

Bagi kamu yang sering memiliki ide-ide fantastis untuk membuat cerita, kamu bisa menjadi seorang penulis novel. Jika naskahmu belum sukses diterima oleh penerbit, kamu bisa mencoba untuk menjadi kontributor untuk website-website yang menampilkan novel.

Bahkan kini banyak sekali aplikasi di smartphone dimana kamu bisa membaca novel kapanpun dan dimanapun. Penyedia aplikasi ini biasanya merekrut penulis novel untuk berkontribusi pada aplikasinya sehingga kamu bisa mencoba untuk menjadi novelis kontributor.

Editor

Nah, kalau kamu memahami dan menguasai aturan ejaan yang baik dan benar, kamu bisa mencoba untuk melamar posisi menjadi editor. Pekerjaan editor ini cukup mudah ditemukan pada situs lowongan kerja. Kamu bisa bekerja sebagai editor perusahaan maupun editor penerbit buku.

Jasa penulis artikel pun kerap kali membutuhkan editor yang sudah berpengalaman. Selain memahami ejaan dalam kepenulisan, kamu juga harus bisa memahami isi tulisan dengan baik. Editor ini juga menawarkan penghasilan karena persaingannya lebih tinggi dari menjadi seorang penulis artikel.

Memiliki kemampuan lebih dalam bidang kepenulisan merupakan anugerah tersendiri. Ada banyak sekali cara mendapatkan uang dari internet yang bisa kamu coba jika memiliki skill menulis yang baik. Jadi, kamu tidak perlu khawatir untuk mendapatkan pekerjaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *