Cara Mengatasi Disk Usage Windows 10
Teknologi

Cara Mengatasi Disk Usage 100% di Windows 10

Baru-baru ini, Microsoft secara resmi menghentikan support untuk Windows 7 dan merekomendasikan penggunanya untuk segera upgrade ke Windows 10 agar selalu mendapatkan update perbaikan.

Bagi yang sudah melakukan upgrade, mungkin akan mengalami masalah yang sebelumnya tidak terjadi pada Windows 7, yaitu Disk Usage 100%. Apakah Anda juga mengalami masalah tersebut?

Sebenarnya, disk usage 100% sudah sering muncul sejak Windows 10 rilis pertama kali. Namun, semakin banyaknya pengguna baru Windows 10, maka akan semakin banyak juga pengguna yang membutuhkan cara mengatasi disk usage 100%.

Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Adapun cara yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi disk usage 100% adalah sebagai berikut:

1. Scan dengan Antivirus

Windows Defender

Virus adalah salah satu penyebab masalah yang paling menjengkelkan. Selain bisa menghapus ataupun menfinfeksi file system, virus ini juga bisa menyebabkan disk usage menjadi 100%.

Hal ini terjadi karena virus berjalan di belakang layar, jadi pengguna Windows 10 tidak menyadari kalau ada aplikasi yang diam-diam berjalan. Perlu diketahui juga, virus juga memakan resource yang cukup banyak, jadi sering menyebabkan Windows 10 menjadi lemot.

Untuk mengatasi ataupun mengantisipasi serangan virus, maka kita harus melakukan scan secara berkala. Bagi pengguna Windows 10, Anda bisa menggunakan antivirus bawaan yaitu Windows Defender.

2. Matikan Windows Startup Apps

Startup Apps

Startup Apps adalah sebuah aplikasi yang sudah berjalan secara otomatis sejak komputer ataupun laptop dinyalakan. Karena berjalan secara bersamaan, maka akan menyebabkan Windows 10 berjalan lebih berat.

Startup Apps ini bisa berasal dari aplikasi system Windows ataupun dari aplikasi yang kita install secara manual. Jika sekiranya ada startup apps yang tidak dibutuhkan, maka lebih baik dimatikan saja karena bisa menimbulkan masalah disk usage.

Untuk mematikan startup apps, caranya cukup mudah. Bagi pengguna Windows 10 terbaru, silahkan klik Start lalu cari Startup Apps. Silahkan buka menu tersebut, selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman seperti gambar di atas, silahkan matikan startup apps yang tidak digunakan.

3. Matikan Windows Update

Matikan Windows Update

Windows update adalah sebuah fitur yang digunakan untuk melakukan pembaruan Windows ke versi terbaru. Bukan hanya pembaruan Windows saja, melainkan update perbaikan pada aplikasi yang sebelumnya bermasalah.

Biasanya, Windows Update akan secara otomatis aktif. Jadi, ketika terkoneksi dengan internet, khususnya Wifi, maka akan melakukan update tanpa ketahui. Dan perlu diketahui juga, hal ini juga bisa menimbulkan masalah disk usage.

Bagi Anda yang tidak terlalu mementingkan update dari Windows, maka tidak masalah jika ingin mematikan fitur ini. Untuk caranya ada beberapa macam ya, baik menggunakan aplikasi maupun tanpa aplikasi.

Namun, pada artikel ini saya akan menggunakan fitur bawaan Windows saja yaitu Metered Connection. Caranya, silahkan buka Settings > Network & Internet > pada Status silahkan pilih Change connection properties > aktifkan Metered connection dengan klik toggle hingga On.

4. Gunakan Aplikasi Secukupnya

Ketika Anda menggunakan banyak aplikasi dalam satu waktu atau multitasking, maka resource hardware yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi tersebut juga semakin besar.

Nah, ini juga bisa menyebabkan masalah disk usage 100%. Untuk itu, silahkan gunakan aplikasi secukupnya saja. Kalau sekiranya ada aplikasi yang benar-benar tidak digunakan, maka lebih baik tutup aplikasi tersebut.

5. Upgrade Hardware

Karena penyebab utama masalah ini terletak pada hardware, maka cara paling ampuh untuk mengatasinya adalah dengan upgrade hardware. Hardware yang sekiranya perlu diupgrade adalah hardisk dan RAM.

Silahkan sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda. Biasanya, pengguna akan melakukan upgrade 2x lipat dari ukuran sebelumnya. Contoh, jika sebelumnya menggunakan RAM 2GB, maka saat upgrade akan menambah 2GB lagi, jadi totalnya 4GB.

Nah, itulah beberapa cara untuk mengatasi disk usage 100% di Windows 10. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu menyelesaikan permasalahan Windows 10 Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *