Cara Mengatasi Hasil Print Terpotong
Categories:

Cara Mengatasi Hasil Print Terpotong

Sampai saat ini, aktivitas ngeprint masih selalu dilakukan oleh berbagai kalangan dan untuk berbagai kebutuhan. Bukan hanya di tempat rental komputer ataupun warnet saja, sekarang sudah banyak orang yang memilih membeli printer sendiri karena memang dianggap penting.

Dalam aktivitas print ini, tak jarang pengguna baru akan menemui masalah seperti hasil print yang terpotong dan semacamnya. Hal ini sebenarnya sangat wajar saja, namun akan sangat sayang kalau kesalahan ini dilakukan berulang-ulang karena akan boros kertas.

Untuk itu, lebih baik kamu mencari tahu terlebih dahulu cara mengatasi hasil print yang terpotong. Nah, di artikel ini kami akan memberikan langkahnya untuk kamu semua.

Oh ya, sebelumnya kamu perlu tahu dulu nih penyebab dari masalah hasil print yang terpotong ini. Meskipun outputnya dari printer, kita tidak bisa menyalahkan printer sepenuhnya. Bisa saja memang ada suatu hal yang masih perlu diperbaiki dari segi editing dokumennya.

Oke, dalam artikel ini, kami akan memberikan 3 langkah yang bisa dicoba satu per satu.

1. Mengubah Ukuran Kertas

Ketika ukuran kertas printer kamu tidak sesuai dengan pengaturan kertas yang ada di aplikasi (misal Microsoft Word), maka sangat wajar kalau hasil print akan terpotong. Untuk itu, kamu harus cermat sebelum melakukan print, silahkan sesuaikan pengaturan kertasnya.

Sebagai contoh, kamu akan print dari aplikasi Microsoft Word, maka kamu harus mengatur ukuran kertasnya terlebih dahulu. Langsung saja, berikut cara mengatur ukuran kertas di Word dari situs neotekno.com

  1. Pada aplikasi Microsoft Word, klik Page Layout / Layout lalu pilih Size yang ada pada ribbon.
  2. Jika ukuran kertas yang kamu inginkan sudah tersedia, langsung saja pilih pada ribbon Size.cara mengatasi print terpotong
  3. Kalau belum ada, kamu bisa klik Size > More Paper Sizes…
  4. Pada pengaturan kertas di Word, ubah Paper size menjadi Custom size lalu isikan ukuran kertas yang sesuai dengan printer.cara mengatasi hasil print yang terpotong
  5. Klik OK.

2. Mengatur Ruller (Penggaris)

Di aplikasi Microsoft Word, terdapat sebuah fitur bernama Ruller. Namun, pada aplikasi default mungkin kamu tidak akan melihatnya karena belum diaktifkan. Sebelum memulai langkah kedua ini, kamu bisa mengaktifkan ruller di Word terlebih dahulu.

Jika sudah, langsung praktikkan langkah kedua yang dikutip dari nesabamedia.com berikut:

  1. Buka dokumen yang hendak dicetak.
  2. Perhatikan pada sebelah kiri atau atas dokumen, kamu akan melihat penggaris.
  3. Jika yang terpotong adalah bagian bawah, kamu bisa menarik ke atas batas seperti gambar berikut.hasil print di word terpotong
  4. Selesai.

Cara ini menjadi sangat fleksibel ya, terganting bagian kertas yang terpotong. Jika yang terpotong bagian bawah, maka kamu bisa menarik ke atas batas bawah kertas. Begitupun pada bagian kertas lain, kamu bisa menggunakan ruller ini sepenuhnya.

Sekadar info, cara ini sebenarnya sama saja dengan mengatur margin, namun tidak secara lengkap. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa baca di bawah ini.

3. Mengatur Margin

Untuk mengatur margin di Word secara menyeluruh, kamu bisa menggunakan Page Setup yang sudah disediakan oleh Microsoft. Cara ini sama saja dengan cara kedua, hanya saja kamu akan menemukan pengaturan yang lebih lengkap, jadi bisa diatur sesuai kebutuhan sehingga hasil print tidak terpotong.

Berikut cara mengatur margin di Word:

  1. Buka dokumen di Word.
  2. Jika sudah, pilih Page Layout / Layout > Margins > Custom Marginspenyebab print di word terpotong
  3. Selanjutnya, kamu cuma perlu fokus pada Magins Bottom saja jika yang terpotong adalah bagian bawah. Nah, silahkan naikkan margins bottom menjadi 3 atau di atasnya (silahkan dicoba-coba saja).cara mengatasi hasil print di word terpotong
  4. Klik OK.

Seperti itulah 3 caea mengatasi hasil print terpotong yang cukup ampuh dilakukan.

Jika diantara kamu masih ada yang bingung atau mengalami kendala, silahkan tuliskan di kolom komentar saja.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.