cara mengatasi pagar berkarat
Material

Cara Mengatasi Karatan pada Pagar Besi

Beberapa hunian biasanya menambahkan pagar untuk melindugi rumah dan menambah estetika rumah. Ada yang memilih menggunakan pagar dengan bahan kayu, besi ataupun alumunium. Namun terkadang untuk pagar besi menjadi lebih mudah berkarat, terutama di daerah yang tidak menentu.

Walaupun telah dilapisi cat, terkadang ada bagian-bagian yang catnya sudah terkelupas maka akan terjadi karatan. Tentunya, hal ini kurang bagus saat dipandang maupun ketahanan dari pagar tersebut,

Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi karatan pada pagar besi rumah Anda.

Penyebab Karatan?

Karatan adalah kondisi pada besi yang mengalami korosi karena adanya proses oksidasi, hasilnya dapat kita lihat dengan timbulnya warna kekuning-kuningan dan serbuk-serbuk pada pagar besi. Korosi tersebut terjadi akibat dari reaksi antara logam dengan udara/air yang menimbulkan senyawa baru. Rumus kimia dari karatan besi, yakni Fe2O3.H2O.

Cara Mengatasi Karatan pada Pagar Besi, Ampuh

Cat Ulang

pengecatan pada pagar besi

Biasanya pagar besi akan diberi cat pelapis khusus besi agar terlihat lebih indah dan bersih, sayangnya cat tidak bertahan selamanya. Setidaknya Anda rutin mengecat ulang pagar tersebut 2 atau 3 tahun sekali. Terlebih, bila dibawah terik panas matahari dan guyuran hujan. Fenomena alam ini akan membuat ketahanan cat lebih berkurang.

Sebelum besi berkarat biasanya akan ditandai dengan mengelupasnya cat pagar tersebut. Jika anda mendapati keadaan ini segera tutup bagian yang mengelupas dengan bahan yang anti air.

Bagi anda yang mempunyai cat anti karat, segera aplikasikan cat pada permukaan yang mengelupas. Tutup besi dengan cat anti karat secara merata. Alternatif lain, Anda bisa menggunakan gemuk atau minyak dan oli bekas. Setelah itu tutup bagian yang mengelupas dengan plastik wrap agar besi tidak terkena air yang dapat menyebabkan timbulnya karat.

Pengamplasan

Jika pagar besi anda sudah terlanjur terselimuti karat, langkah yang bisa anda lakukan adalah membersihkan bagian yang berkarat terlebih dahulu. Setelah anda bersihkan, siapkan beberapa peralatan seperti sikat kawat, kuas, amplas besi, cat anti karat, sarung tangan dan juga masker. Peralatan ini akan anda gunakan untuk membersihkan bagian besi yang berkarat

  • Langkah pertama adalah pakailah masker dan sarung tangan agar aman dari serbuk karat.
  • Bersihkan permukaan pagar besi yang ada karatnya dengan menggunakan sikat kawat. Tujuannya agar karat yang menempel pada pagar besi akan memudar dan berkurang
  • Setelah bersih lalu hilangkan sisa-sisa noda karat dengan menggunakan amplas besi hingga permukaan pagar besi anda kembali halus.
  • Pastikan sudah tidak ada karat yang menempel pada permukaan besi
  • Cat pagar besi dengan menggunakan cat dasar anti karat dan biarkan mengering dengan sempurna.
  • Setelah kering, anda bisa mengaplikasikan cat pada pagar besi sesuai dengan warna yang anda inginkan
  • Pagar telah kembali kinclong

Pagar Besi Keropos

Kerusakan pada pagar yang lebih parah, yakni keropos.

Apabila pagar besi anda sudah sangat berkarat dan telah keropos, sebaiknya anda melakukan pengelasan kembali pada bagian yang rusak. Apabila sudah di las kembali, anda bisa langsung melapisi besi dengan cat anti karat. Setelah kering anda bisa mengecat pagar dengan warna yang anda suka.

Namun, apakah semua jenis logam mengalami korosi?

Alternatif lain material pagar apabila Anda tidak ingin bermasalah dengan karatan, bisa memilih alumunium sebagai material pagar. Material ini memiliki tingkat ketahanan terhadap korosi yang tinggi. Material ini juga cocok bagi Anda yang ingin membangun pagar minimalis: simple, clean design, dan enak dipandang.

Demikianlah pembahasan mengenai cara mengatasi karatan pada pagar besi. Semoga bermanfaat dan dapat diaplikasikan, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *