cara mengetahui suhu laptop
Teknologi

Cara Mengetahui Suhu Laptop

Dengan mengetahui suhu laptop, maka kita jadi tahu kapan waktu yang tepat untuk menghentikan penggunaan sementara waktu. Karena ketika suhu sudah panas, tidak mungkin kita memaksakan untuk tetap menggunakannya.

Suhu yang panas menjadi salah satu masalah utama pada laptop. Dibandingkan dengan PC, laptop memang cenderung lebih cepat panas. Oleh karena itu, penting rasanya untuk tahu cara mengetahui suhu laptop.

Untuk mengecek suhu pada laptop, kita bisa menggunakan BIOS. Namun, karena dirasa sedikit rumit, kali ini kami akan memberikan cara mudahnya saja yaitu menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Cara Cek Suhu Laptop

Saat ini, sudah banyak aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk mengecek suhu laptop. Kabar baiknya, hampir semua aplikasi yang tersebar adalah aplikasi gratis, jadi kita tidak perlu repot mengeluarkan sejumlah uang.

Berikut adalah beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk mengetahui suhu pada laptop:

1. HWMonitor

HWMonitor adalah salah satu aplikasi yang dikembangkan oleh CPUID, yaitu developer yang juga mengembangkan CPU-Z untuk Windows dan Android. Aplikasi ini memiliki fungsi untuk memonitoring daya, voltase, sampai suhu yang pada komponen laptop seperti hardisk, cpu, dan suhu laptop itu sendiri.

Di bawah ini merupakan contoh tampilan dari aplikasi HWMonitor.

cara cek suhu laptop

Pada gambar di atas, Anda bisa melihat tulisan Temperature pada beberapa komponen. Untuk mengetahui suhu laptopnya, Anda bisa perhatikan pada Dell Inc (namanya tergantung dari merk laptop ya).

Penggunaan aplikasi ini sangat mudah, Anda hanya perlu mendownload di website resminya dan lakukan instalasi seperi biasanya. Langkah terakhir, Anda bisa langsung menggunakan aplikasi tersebut.

2. CPU Thermometer

Seperti namanya, aplikasi ini memiliki fungsi sangat spesifik yaitu mengetahui suhu pada processor. Kita semua pasti sepakat kalau processor merupakan komponen inti pada sebuah laptop.

Jika processor tidak bekerja dengan baik, maka secara otomatis akan memengaruhi kinerja semua komponen yang mana bisa mengakibatkan laptop menjadi lemot.

Untuk itu, mengetahui suhu processor juga sangat penting. Dengan aplikasi CPU Thermometer ini, kita bisa mengetahuinaya dengan sangat mudah. Berikut adalah contoh tampilan dari aplikasi ini.

cara mengecek suhu laptop

Pada gambar di atas tertera dengan sangat jelas suhu dari masing-masing core pada processor. Selain itu, kita juga bisa tahu berapa presentase processor yang digunakan.

Oh ya, kelebihan lain dari aplikasi ini adalah ukurannya yang sangat kecil, yaitu sekitar 300kb saja. Untuk cara penggunaannya masih sama dengan aplikasi sebelumnya, cukup download, install, dan buka aplikasinya.

3. Core Temp

Core Temp adalah aplikasi yang kami rekomendasikan selanjutnya untuk mengecek suhu processor laptop. Aplikasi ini tidak kalah fitur dari aplikasi-aplikasi sebelumnya, masih memiliki kemampuan yang sama yaitu mengetahui temperature processor.

Karena memiliki ukuran yang relatif kecil, Core Temp ini berjalan sangat ringan dan tidak memberatkan kinerja laptop. Selain itu, aplikasi ini juga berjalan di latar belakang, jadi Anda tidak perlu memulai aplikasi lagi ketika ingin menggunakannya, cukup klik aplikasi di icon tray.

Berikut adalah tampilan dari aplikasi Core Temp.

cara mengetahui suhu processor

Pada bagian Temperature Readings, Anda bisa mengetahui suhu processor, suhu maksimal, serta suhu minimal. Selain itu, Anda juga akan disuguhkan dengan presentase resource aplikasi yang memakan processor.

Itulah beberapa cara yang bisa digukanak untuk mengetahui suhu pada laptop. Sebenarnya masih ada banyak aplikasi lain, namun aplikasi di atas adalah aplikasi yang kami rekomendasikan untuk Anda gunakan.

Demikianlah artikel yang bisa kami sampaikan. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *