cara menggunakan kamera canon
Categories:

Cara Menggunakan Kamera Canon

Dengan adanya kamera DSLR, banyak orang-orang diluar sana yang ingin belajar menggunakan kamera canon untuk menghasilkan jepretan gambar yang maksimal.

Mungkin teruntuk kamu yang saat ini baru saja terjun ke dunia fotografi, pasti masih merasa bingung bagaiman caranya untuk mengoperasikan kamera DSLR, bukan begitu?

Maka dari itu, kamu harus belajar sedikit demi sedikit mengenal fitur dan tools yang ada pada kamera Canon. Pelajari satu persatu agar bisa menggunakannya dengan mahir.

Berikut beberapa teori yang harus kamu pelajari untuk menggunakan kamera DSLR Canon. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi kamera canon untuk mengontrol kamera DSLR melalui ponsel genggam.

1. Kenali Tombol Kamera DSLR Canon

Ketika belum pernah menggunakan kamera DSLR Canon, kamu harus mengenali dan mempelajari seluruh tombol atau pencetan yang ada pada kamera DSLR Canon.

Seperti yang sudah diketahui, kamera DSLR Canon ini mempunyai tombol pencetan yang jumlahnya lebih dari 1 buah. Masing-masing dari pencetan tersebut mempunyai fungsinya sendiri.

Dibagian ini, tugas kamu hanya mengenali dan mempelajari seluruh pencetan tombol pada kamera DSLR Canon, agar tahu fungsi dari masing-masing tombol tersebut.

Disaat sedang mempelajarinya, jangan takut rusak atau salah pencet tombol. Justru itu kebanyakan orang tidak bisa menggunakan kamera Canon ini karena takut salah pencet tombol yang ada.

Pelajari secara perlahan. Misal seperti membaca buku panduan penggunaan kamera Canon.

2. Pelajari Mode Shutter dan Aperture

Cara menggunakan kamera Canon yang kedua adalah, mempelajari bagian Shutter dan Aperture. Kenapa harus mempelajari bagian ini? Karena dua mode ini mempunyai peran yang sangat penting terhadap kamera digital.

Di sisi lain, dua mode tersebut bisa memudahkan penggunanya untuk mengaplikasikan kamera Canon dengan baik dan benar.

Jika sudah menguasai dua mode ini, maka hasil gambar yang kamu ambil melalui kamera Canon tidak mengecewakan.

Jikalau kami boleh menyarankan, untuk kamu yang belum pernah sama sekali menggunakan kamera Canon, jangan coba-coba untuk menggunakan fitur manual, ya.

Lain hal dengan kamu yang memang benar-benar ingin belajar.

3. Pelajari Penggunaan White Balance

Mungkin bagian ini terlihat sepele, padahal tidak sama sekali. Kebanyakan dari pengguna awam, mereka selalu dihadapi dengan persoalan pengambilan jelas warna pada objek yang sedang dituju.

Maka dari itu, jika menginginkan objek yang kamu potret itu membuahkan hasil yang maksimal, maka pelajari bagaimana cara penggunaan white balance pada kamera DSLR Canon.

Jika kamu sudah paham seperti apa penggunaan white balance yang baik dan benar, maka hasil objek yang kamu ambil melalui kamera DSLR Canon, hasilnya tidak akan mengecewakan.

4. Pelajari Penggunaan Histogram

Cara menggunakan kamera DSLR Canon selanjutnya adalah, pelajari dan pahami bagaimana penggunaan Histogram yang benar.

Perlu diketahui, Histogram merupakan bagian penting yang nantinya akan berdampak pada objek foto yang kamu ambil. Dengan Histogram ini, kamu dapat mengetahui seperti apa hasil detail objek yang kamu potret.

5. Pahami Fitur Automatic Exposure

Walaupun fitur ini sangat jarang digunakan, tapi kamu harus tetap memahami kegunaan dari fitur Automatic Exposure.

Kenapa demikian? Sebab fitur ini berfungsi untuk membantu para fotografer pemula untuk mengambil gambar meskipun kondisi cahayanya sangat terang


Dengan memahami 5 bagian di atas, sudah dipastikan bahwa kamu bisa mengoperasikan kamera DSLR Canon layaknya seorang profesional.

Mungkin itu saja informasi mengenai cara menggunakan kamera Canon, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.