Cara-Meningkatkan-Performa-Android-Tanpa-Root
Categories:

Cara Meningkatkan Performa Android Tanpa Root

Seiring berkembanga-nya zaman, maka perkembangan ponsel Android juga berkembang semakin pesat dan semakin canggih sehingga sekarang sudah ada yang namanya smartphone. Dan dilengkapi beberapaa fitur yang membuat kinerja semakin lebih baik.

Namun kadangkala Andorid Anda mengalami kondisi yang melambat sehingga harus meningkatkan performa Android Anda. Karena kalau dibiarkan saja akan membuta HP Android Anda semakin lambat dan malah akan hang.

Berdasarkan ulasan yang kami kutip dari pitujuh.com, berikut rangkuman beberapa cara meningkatkan performa Android tanpa root yang dapat Anda dicoba.

Cara Meningkatkan Performa Android Tanpa Root

Simak langkah-langkah untuk meningkatkan performa HP Android Anda agar tidak lemot ini.

1. Jangan gunakan aplikasi yang tidak penting

Demi meningkatkan performa Android, Anda bisa menggunakan aplikasi yang kalian butuhkan saja. Karena penggunaan aplikasi yang tidak berlebihan dapat membantu menjaga kinerja ponsel kalian agar tidak terlalu lambat.

Jika kalian memasang aplikasi yang tidak kalian gunakan sama sekali, maka akan mempersempit ketersediaan RAM HP Android Anda. Hal ini akan membuat HP Android Anda akan lambat.

2. Bersihkan memori internal

Kalian tidak disarankan menggunakan secara bebas berbagai aplikasi yang tidak berguna. Kalian bisa menyisakan setidaknya 1GB untuk menyisakan kinerja Android Anda.

Jika kalian memiliki memori internal sebesarb 32 GB, maka maksimal yang kalian gunakan sekitar 31GB saja tidak boleh lebih.

3. Non-aktifkan live wallpaper

Jika kalian menggunakan live wallpaper, demi meningkatkan performa Android Anda. Maka silahkan mematikan ini. Karena, penggunaan live wallpaper memakan RAM yang sangat besar dibandingkan wallpaper biasanya.

4. Non-aktifkan jaringan yang tidak perlukan

Jika Anda ingin meningkatkan performa HP Android tanpa root, Anda bisa menggunakan cara menonaktifkan jaringan yang memang tidak kalian gunakan lagi.

Jika Anda menggunakan wifi, Anda bisa menggunakan mode pesawat untuk menghemat baterai.

5. Lakukan install ulang

Jika Anda melakukan cara ini, memang sedikit rumit. Ketika Anda menginstall ulang, Anda akan membersihkan bugs yang sering menyebabkan Android Anda lambat.

Jika Anda ingin melakukan install ulang, pastikan untuk menyesuaikan merk dan tipe Android yang Anda gunakan.

6. Selalu gunakan mode performa

Jika Anda ingin meningkatkan performa HP Android, Anda tidak boleh menggunakan mode hemat baterai. Silahkan non-aktifkan mode save mode dan gunakan mode performa.

Jika tidak ada mode ini Anda bisa menggunakan mode normal. Dengan memilih mode ini, kinerja Android Anda akan lebih cepat dan lebih stabil. Sehingga tidak membatasi kinerja perangkat tersebut.

7. Peningkatan batas memori chrome browser

Silahkan masuk ke chrome dan akan muncul kotak dialog berisi pilihan. Pilih dari default hingga pilihan 512. Kemudian klik perintah relaunch now .

Setelah itu silahkan Anda perhatikan, apakah kinerja pada Android Anda jauh sudah maksimal atau tidak dari sebelumnya.

8. Tanpa aplikasi

Anda bisa melakukan tanpa aplikasi yaitu dengan cara masuk ke menu setting dan klik icon gear. Kemudian tarik layar smartphone Android, dan pilih about phone. Di sini Anda akan menemukan build number.

Berikan opsi yang berisi 1x sampai 5x. Jika telah selesai kalian dapat merasakan perbedaan antara sebelumnya dan sesudah melakukan cara ini. langkah ini akan membuat HP Android Anda akan lebih cepat.

9. Matikan fitur auto-sync

Salah satu yang menghambat Android Anda yaitu ketika Android sedang melakukan update sendiri. Dan proses update ini tidak diketahui oleh Anda jika sedang melakukan update.

Cara tercepat dari sistem ini yaitu kalian bisa mematikan fitur auto sync. Dengan begitu HP Android Anda tidak melakukan auto update.

Demikian ulasan mengenai beberapa cara meningkatkan performa HP Android tanpa root yang bisa Anda lakukan.

Jangan terburu-buru bawa ke bengkel atau menganggap HP Abdroid Anda telah rusak, pastikan Anda melakukan langkah-langkah di atas jika HP Android Anda lemot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *