Kaki Palsu
Categories:

Cara Merawat Kaki Palsu yang Benar

Kaki palsu merupakan alat yang sangat vital bagi orang-orang penyandang disabilitas. Karena kaki palsu adalah alat yang cukup mahal dan tak mudah untuk diganti atau diperbaiki, ada baiknya jika para penggunanya belajar merawat alat tersebut. Artikel ini akan membahas cara-cara merawat kaki palsu bagi Anda yang baru pertama kali mendapatkannya setelah operasi amputasi kaki.

Pengertian Kaki Palsu

Banyak dari Anda yang mungkin pernah melihat orang dengan cacat fisik, terutama orang-orang yang menggunakan kaki palsu. Kaki palsu adalah sebuah alat bantu medis yang digunakan oleh para penyandang disabilitas untuk menggantikan kaki mereka yang mengalami amputasi akibat penyakit berbahaya, kecelakaan lalu lintas, atau cacat bawaan lahir. 

Fungsi kaki palsu yaitu untuk memudahkan penggunanya dalam beraktivitas seperti biasa tanpa harus bergantung pada orang atau alat medis lain.

Dalam memasang kaki palsu untuk pertama kalinya, pasien akan dibantu oleh tenaga medis yang terampil, dengan harapan seterusnya pasien dapat memasang kaki palsu itu tanpa bantuan. 

Sebelum pasien mendapat kaki palsu tersebut, seorang dokter atau perawat akan melakukan pemeriksaan terhadap kondisi luka dan penyembuhan pasca-operasi pada kaki pasien.

Cara Merawat Kaki Palsu

Sebagaimana anggota tubuh Anda memerlukan perawatan agar tetap sehat, kaki palsu pun butuh perawatan khusus supaya bisa berfungsi dengan baik. Berikut ialah cara-cara merawatnya:

  • Setiap kali Anda hendak tidur, Anda wajib melepas kaki palsu Anda agar dia tidak mengganggu tidur.
  • Periksa kaki palsu Anda dengan seksama kalau-kalau ada bagian yang kotor, longgar, atau retak. Jika ada kerusakan atau gangguan pada kaki palsu, sebaiknya segera Anda perbaiki.
  • Apabila Anda baru pertama kali menggunakan kaki palsu, cobalah untuk berlatih berjalan sejenak guna memahami bagaimana cara kerja kaki palsu dan cara menopang tubuh Anda dengannya.
  • Ada beberapa jenis kaki palsu yang dapat Anda lengkapi dengan sepatu. Pilihlah sepatu yang bisa dimasukkan ke kaki palsu Anda secara pas, jangan kelonggaran. Usahakan agar Anda tidak mengubah tinggi hak sepatu.
  • Bagian dalam kaki palsu atau soket juga perlu dibersihkan secara berkala demi mencegah adanya kotoran dan bakteri. Bersihkan soket kaki palsu tersebut menggunakan sabun dan sikat yang bisa menjangkau ke bagian dalam soket.
  • Anda juga dianjurkan untuk menggunakan pembalut pada stump kaki sebelum memasang kaki palsu, karena ada kaki palsu yang bahannya terasa kasar di kulit.
  • Periksa pula bagian joint atau persendian di kaki palsu jikalau ada engsel yang longgar atau lepas supaya bisa segera Anda betulkan.

Sudah Mengerti Cara Merawat Kaki Palsu Anda?

Di negara Indonesia ada sejumlah jasa pembuatan kaki palsu. Rekomendasi kaki palsu terbaik yaitu dari  Prostetika.com. Prostetika adalah jasa pembuatan kaki palsu, tangan palsu, dan alat rehabilitasi lain yang menyediakan berbagai macam produk prostetik dan ortotik premium dengan harga terjangkau.

Jangan ragu-ragu untuk mengunjungi website-nya jika Anda memerlukan prostetik yang berkualitas! Sebagai catatan tambahan, Anda dianjurkan untuk berkonsultasi dengan pakar medis yang terlatih dalam urusan pemasangan dan cara merawat kaki palsu.

Itulah informasi tentang kaki palsu dan cara merawatnya. Semoga dengan bantuan artikel ini, Anda dan para pengguna kaki palsu lainnya tidak lagi pusing dalam urusan perawatan alat medis yang satu ini, ya. Semoga membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published.