Cara-Mereview-Jurnal-Ilmiah
Pendidikan

Cara Mereview Jurnal Ilmiah

Jurnal ilmiah sangat berbeda dengan kebanyakan jurnal lain, mengingat di dalamnya terdapat metode penelitian yang beragam dengan tujuan yang beragam pula.

Ketika akan melakukan review pada jurnal ilmiah, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Berikut adalah tahapan cara mereviewnya:

Mereview Jurnal Ilmiah Dengan Mudah

1. Catat Poin Penting Pada Pembahasan Awal

Pada bagian awal jurnal ilmiah, tentunya penulis jurnal akan memaparkan alasan mengapa ia memilih masalah yang akan diangkat tersebut. Anda bisa mencatat poin-poin penting tersebut untuk dijadikan sebagai review. Bisa dilihat dari sisi menarik jurnal dan alasan mengapa Anda mereview jurnal tersebut.

Ketika membaca bagian awal tulisan, Anda harus mencermati setiap kata ataupun rangkaian dalam jurnal. Temukan jawaban dari apakah penulis jurnal melakukan sebuah penelitian menggunakan metode baru atau menggunakan metode lama dalam memecahkan masalah yang diangkat.

Dari situ Anda akan mendapatkan poin bagaimana cara menyelesaikan atau menjawab dari permasalahan yang diangkat.

Jika saat ini Anda sedang membutuhkan Contoh Jurnal silahkan kunjungi : Cryptowi.com

2. Temukan Jawaban Atas Poin Penting Pertama

Setelah mencatat poin-poin penting dan beberapa pertanyaan yang muncul ketika membaca bagian awal jurnal, tahap selanjutnya tidak lain adalah menemukan jawaban atas pertanyaan tersebut. Misalkan di awal muncul pertanyaan seperti solusi apa yang dilakukan penulis untuk menyelesaikan masalah yang diangkat dan sebagainya.

Pada bagian isi jurnal, catat sebanyak-banyaknya jawaban atas pertanyaan di pembahasan awal dan pin penting lainnya. Bagian pembahasan jurnal ini sangat penting, disini bisa menunjukkan keberhasilan atau kegagalan metode yang digunakan. Bahkan jika Anda teliti dalam membacanya, bisa saja ditemukan kejanggalan dalam jurnal tersebut.

3. Perhatikan Hasil Eksperimen

Ketika sudah memasuki bagian hasil dari penelitian, Anda perlu meningkatkan ketelitian dalam membaca hasilnya. Dari sini bisa terlihat, apakah penelitian tersebut berhasil atau tidak. Faktor apa saja yang membuatnya berhasil maupun gagal.

Anda bisa melihat bagaimana cara penulis menyampaikan gagasannya terkait keberhasilan ataupun kegagalan dari eksperimen tersebut. Perlu diperhatikan juga bahwa ada juga penulis yang tidak membahas poin penting tadi. Anda perlu mencatat poin-poin tersebut untuk dituangkan dalam tulisan review jurnal ilmiah nantinya.

4. Buatlah Kesimpulan

Dalam menyusun kesimpulan, ada beberapa hal yang perlu dicantumkan. Beberapa diantaranya adalah letak kontribusi dari penelitian yang dilakukan oleh penulis dan hasil dari penelitian. Anda perlu memperhatikan referensi atau sumber yang digunakan penulis dalam melakukan penelitian. Apakah sumber tersebut merupakan yang terbaru atau menggunakan sumber lama?

Penyusunan kesimpulan berisikan rangkaian poin penting dari awal pembahasan hingga akhir. Buatlah secara ringkas, berisi dan jelas.

Cara mereview jurnal dalam membuat kesimpulan adalah jangan sampai Anda melewatkan pembahasan penting yang tidak tertulis, karena hal tersebut akan mempengaruhi kualitas review Anda.

5. Buat Kritik dan Saran

Di akhir review, buatlah kritik dan saran yang membangun dan jangan sampai terlalu menjatuhkan penulis jurnal. Kritik bisa berisikan seperti metode yang digunakan kurang efektif, solusi yang diambil tidak maksimal dan lain sebagainya.

Dari segi saran sendiri, bisa berisikan tentang saran penggunaan metode eksperimen dan sebagainya. Saran ini sangat penting karena bisa dijadikan referensi orang lain yang membacanya dan ingin membuat jurnal ilmiah dengan mengangkat masalah yang sama, namun dengan pemecahan masalah yang berbeda.

Dari cara mereview jurnal ilmiah yang beragam di atas ini menunjukkan bahwa setiap jenis jurnal memiliki cara review masing-masing. Namun ada kesamaan diantara lainnya, yaitu membutuhkan ketelitian dalam membaca dan mencatat poin-poin penting pembahasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *