Categories:

Cara Print Bolak Balik PDF Secara Otomatis dan Manual

Kamu pastinya sudah sangat familiar dengan file PDF, bukan? File PDF, terutama ebook lumrahnya langsung dibaca di perangkat komputer maupun android. Akan tetapi bagi sebagian orang ada yang lebih suka membaca PDF dengan cara di-print terlebih dahulu. Apakah kamu termasuk orang yang suka baca hasil print PDF atau membaca melalui perangkat?

Buat kamu yang suka membaca hasil print PDF pastinya akan mengeluarkan banyak biaya terutama pengadaan kertas. Coba bayangkan saja jika file PDF tersebut sampai 200 halaman. Maka dalam sekali cetak, kertas yang dibutuhkan juga 200 lembar.

Belum lagi jika kamu menjalani masa studi, selain kebiasaan di atas, kamu pastinya juga dituntut untuk membuat tugas dan mencetaknya. Wah pastinya pemborosan nantinya. Akan tetapi tahukah kamu jika ada cara untuk menyiasatinya agar dokumen tidak begitu menghabiskan banyak kertas, caranya adalah dengan print bolak balik PDF.

Lantas bagaimana cara print bolak balik PDF? Buat kamu yang masih kebingungan, kamu bisa menyimak langkah-langkahnya sebagai berikut:

Cara Print Bolak Balik PDF Otomatis

Ada cara print bolak balik PDF otomatis dan mudah dilakukan. Yang dimaksud otomatis disini bukan berarti murni secara otomatis tanpa perlu membalik kertas seperti printer duplex. Akan tetapi ada cara yang otomatis disini adalah kita tetap membalik kertas setelah selesai mencetak satu sisi kertas tanpa perlu mengatur lagi saat proses cetak sisi lainnya.

Sehingga cara print bolak balik PDF secara otomatis ini dapat dilakukan oleh semua printer. Selain printer, dibutuhkan juga aplikasi untuk membuka PDF. Di sini kami lebih memilih menggunakan software Foxit Reader. Selain berguna untuk membuka PDF, juga dapat digunakan sebagai cara edit file PDF secara offline.

  • Langkah 1: Pertama, Jika kamu belum memiliki Foxit Reader, silahkan download dan instal aplikasi Foxit Reader terlebih dahulu. Kamu bisa mendownloadnya secara gratis di https://www.foxitsoftware.com/pdf-reader/.
  • Langkah 2: Jika sudah diinstal, selanjutnya kamu buka aplikasi Foxit Reader kemudian klik File > klik Open > klik Computer > klik Browse.
  • Langkah 3: Selanjutnya kamu cari dimana file PDF yang akan kamu print bolak balik kemudian klik file PDF > klik Open.
  • Langkah 4: Jika file PDF yang akan kamu print bolak balik sudah terbuka, selanjutnya klik File > Kemudian pilih Print. Jika kamu pengen yang lebih simpel, cukup tekan CTRL + P.
    Pengaturan Print Bolak Balik PDF.
  • Langkah 5: Sebelum kamu nge print PDF, pilih printer terlebih dahulu. Disini kami menggunakan printer Canon Ip2770. Setelah itu pada Printing Handling kamu pilih Scale.
  • Langkah 6: Selanjutnya kamu pilih Fit to Printer Margins yang berada di bawah kotak Scale.
  • Langkah 7: Selanjutnya kamu centang Print on both sides of paper untuk print bolak-balik PDF.
  • Langkah 8: Klik Print untuk memulai proses print. Di dalam proses pint ini akan tampil Manual 2-side Instructions untuk sisi pertama (first side) dan Klik OK untuk memulai cetak sisi pertama. Tunggu hingga proses print selesai.
  • Langkah 9: Setelah print sisi pertama selesai akan langsung muncul tampilan Manual 2-side Instructions untuk sisi kedua (second side), JANGAN langsung klik OK. Akan tetapi balik kerta terlebih dahulu kemudian masukkan ke dalam printer, lalu klik OK

Nah itu tadi cara print bolak balik PDF secara otomatis yang bisa kamu terapkan pada semua printer.

Sedikit saran buat kamu semua, sebelum mencetak file PDF dalam bentuk banyak, sebaiknya coba cetak dalam jumlah sedikit terlebih dahulu, minimal 4 halaman dan catat urutannya agar tidak lupa. Hal ini karena setiap print terkadang memiliki pengaturan yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Selamat mencoba.

Cara Print Bolak Balik PDF Secara Manual

  • Langkah 1: Pertama, Jika kamu belum memiliki Foxit Reader, silahkan download dan instal aplikasi Foxit Reader terlebih dahulu. Kamu bisa mendownloadnya secara gratis di https://www.foxitsoftware.com/pdf-reader/.
  • Langkah 2: Jika sudah diinstal, selanjutnya kamu buka aplikasi Foxit Reader kemudian klik File > klik Open > klik Computer > klik Browse.
  • Langkah 3: Selanjutnya kamu cari dimana file PDF yang akan kamu print bolak balik kemudian klik file PDF > klik Open.
  • Langkah 4: Jika file PDF yang akan kamu print bolak balik sudah terbuka, selanjutnya klik File > Kemudian pilih Print. Jika kamu pengen yang lebih simpel, cukup tekan CTRL + P.

Pengaturan Print Bolak Balik PDF

  • Langkah 5: Sebelum kamu nge print PDF, pilih printer terlebih dahulu. Disini kami menggunakan printer Canon Ip2770. Kamu atur kertas nya menjadi A4 kemudian pilih Booklet Atur terlebih dahulu lalu klik tombol menu Booklet > lalu pilih opsi Both pada kolom Booklet Subset.
  • Langkah 6: Selanjutnya pada Print Range, kamu kamu pilih opsi Odd Pages Only pada kolom Subset.
  • Langkah 7: Jika sudah diatur sedemikian rupa, klik Print untuk memulai pencetakan.
  • Langkah 8: Jika sudah mulai print, sebaiknya kamu tunggu proses printing selesai. Jika sudah selesai, kamu masukkan kertas kembali ke dalam printer untuk memulai proses print selanjutnya.
  • Langkah 9: Jika printing sudah selesai, kamu masukkan kertas kemudian ulangi kembali mulai langkah 4 sambil dilihat pengaturannya. Untuk langkah 6, kamu rubah Odd Pages Only menjadi Event Page Only.

Catatan:
Perlu kamu ingat, cara print bolak balik PDF di atas menggunakan printer IP2770 dan aplikasi Foxit Reader. Akan ada sedikit perbedaan di dalam letak tampilan menu ketika kamu menggunakan printer atau aplikasi yang berbeda dengan kami.

Kamu tidak usah khawatir, Perbedaan tersebut hanya pada penempatan menu saja, untuk tahap-tahapannya tetap sama kok antara satu printer dengan printer lainnya.

Yang perlu kamu jadikan catatan juga ketika membalik kertasnya, sebenarnya ada perbedaan antara satu printer dengan printer lainnya. Ada yang dicetak mulai dari halaman pertama terlebih dahulu, ada juga yang dicetak mulai dari halaman terakhir.

Nah agar kamu tidak salah, sebaiknya perhatikan kertas yang keluar pertama lalu jika proses printing selesai, posisikan kertas yang keluar pertama tadi di halaman paling atas, agar penomoran tidak terbalik dan perhatikan juga posisi atas bawahnya agar tidak terbalik nantinya.

Dengan menerapkan cara print file PDF bolak balik di atas, sekarang kamu bisa menghemat kertas hingga seperempatnya. Kamu juga bisa mencoba settingan yang lain seperti multiple atau yang lainnya. Semua sesuai kebutuhan.

Jika kamu masih kebingungan, kamu bisa menanyakannya pada kami tim ubixlo.com. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *