Categories:

Cara Root HP Android

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Android adalah sistem operasi buatan Google yang memiliki lisensi Open Source. Selain itu, penggun dapat merubah atau memodifikasi dengan bebas.

Hampir semua vendor dengan sengaja mengunci bootloader sehingga penggunanya dibatasi dan tidak dapat merubah jeroan dari sistem Smartphone tersebut. Salah satu alasan mengapa vendor melakukan hal itu adalah, agar sistem Android pada Smartphone tetap aman dan berjalan secara normal.

Selain itu, kita tidak bisa mengoprek sistem Android pada Smartphone. Untuk melakukan hal itu, kita harus memiliki hak akses admin atau SuperUser yang sering disebut dengan istilah root.

Apa Itu Root?

Rooting merupakan proses yang memungkinkan pemilik Smartphone, tablet, dan perangkat lainnya yang menjalankan sistem operasi seluler Android untuk mendapatkan kontrol lebih istimewa atau yang lebih dikenal sebagai akses root di subsistem Android.

Karena Android menggunakan kernel Linux, Rooting perangkat Android memberikan akses yang hamper mirip ke izin administratif atau superuser seperti di Linux atau sistem operasi mirip Unix lainnya seperti FreeBSD atau macOS.

Ada banyak cara root yang bisa dilakukan. Dari mulai tanpa PC maupun dengan PC. Berikut ini adalah beberapa Cara Root HP Android yang kami kutip dari Ubixlo. Simak panduannya berikut ini:

Cara Root Hp Android Tanpa PC/Laptop

1. Menggunakan Frame Root

Jika Anda mencari Aplikasi yang bisa melakukan root hp Android, maka anda bisa menggunakan Frame Root Aplikasi ini tersedia di Goole Play Store.
Berikut ini adalah cara root hp menggunakan Frame Root, caranya cukup mudah yaitu:
• Dowload Aplikasi Frame Root di Google Play Store.
• Kemudian jalankan Aplikasi Frame Root, lalu pilih Instal SuperSU atau Superuser sesuai dengan keinginan Anda.
• Ketika muncul pilihan Aragorn dan Gandalf, silahkan Anda pilih sesuai keinginan. Saya sarankan untuk memilih Gandalf saja.
• Kemudian secara otomatis Proses root akan langsung berjalan, tunggu hingga sampai proses root selesai.
• Ketika proses selesai, Kemudian restart Smartphone Anda, dan pastikan Aplikasi SuperSU atau Superuser sudah muncul di daftar Aplikasi Smartphone Anda.

2. Menggunakan Root Genius

Cara root menggunakan Root Genius tidak jauh berbeda dengan menggunakan Frame root. Berikut ini adalah cara root hp menggunakan Root Genius, simak panduannya dibawah ini:
• Pertama Download Aplikasi RootGenius.
• Jalankan Aplikasi oot Genius, kemudian klik gambar lingkaran.
• Lalu, akan keluar kotak yang mengarahkan anda untuk menginstal Aplikasi ini.
• Lalu akan muncul ikon jempol.
• Ketika proses install selesai kemudian ubah raja pengguna. Proses rootpun selesai, Maka proses root sudah selesai.

3. Menggunakan KingRoot

Aplikasi selanjutnya adalah menggunakan Kingroot, Aplikasi ini juga telah banyak digunakan. Karena sudah mampu melakukan root lebih dari 100.000 Smartphone. Selain itu, Anda hanya cukup melakukan satu klik saja untuk melakukan rooting.
Berikut ini adalah cara root dengan menggunakan KingRoot:
• Pertama Download Aplikasi KingRoot.
• Selanjutnya install dan buka Aplikasi KingRoot.
• Kemudian klik tombol cek maka Aplikasi ini akan memulai proses pengecekan. Perlu diketahui apakah metode eksekusi root-nya bisa dijalankan atau tidak.
• Jika bisa dijalankan maka Smartphone Anda bisa langsung di-root oleh KingRoot.

Cara Root Hp Android Menggunakan PC/Laptop

Selain melakukan root Hp Androin tanpa PC/Laptop, Anda juga bisa melakukan root dengan menggunakan cara konvensional yaitu menggunakan PC/Laptop.

1. Menggunakan KingoRoot

Aplikasi KingRoot tidak hanya bisa digunakan untuk cara root di Hp Android melalui Smartphone saja, teapi bisa juga melalui PC/Laptop. Berikut ini adalah langkah langkah root menggunakan Kingroot:
• Download Aplikasi KingoRoot melalui website resmi kingoapp.com.
• Kemudian instal KingoRoot dan buka Aplikasi KingoRoot.
• Kemudian Sambungkan Smartphone Anda dengan PC/Laptop menggunakan kabel USB hingga ada notifikasi konektifitas dari KingoRoot.
• Selanjutnya klik “Root” dan tunggu hingga proses selesai.
• Setelah Proses root selesai, Cabut kabel USB Anda lalu Cari Aplikasi yang bernama Superuser di Smartphone Anda.

2. Menggunakan RootGenius

RootGenius merupakan Aplikasi root hp Android yang bisa digunakan di PC/Laptop maupun Smartphone. Sebelum menggunakan Aplikasi ini Nonaktifkan antivirus yang ada di PC/Laptop. Alasannya karena bisa saja antivirus menganggap Aplikasi ini sebagai perangkat lunak berbahaya. Berikut ini adalah cara root menggunakan RootGenius:
• Download Aplikasi RootGenius melalui website resmi rootgenius.com.
• Kemudian instal RootGenius dan buka Aplikasi RootGenius.
• Kemudian Sambungkan Smartphone Anda dengan PC/Laptop menggunakan kabel USB hingga ada notifikasi konektifitas dari RootGenius.
• Selanjutnya Centang “Saya menerima persetujuan Pengguna”, kemudian klik di kotak bertuliskan “Root it”.
• Kemudian Proses Root akan berjalan secara otomatis.
• Setelah Proses root selesai, Cabut kabel USB Anda lalu Cari Aplikasi yang bernama Kinguser di Smartphone Anda.

Kelebihan Dan Kekurangan Root Hp Android

Setelah Anda sudah mengetahui fungsi dan cara root Android melalui Aplikasi root Android maupun melalui PC/Laptop, ada baiknya Anda juga mengetahui Kelebihan dan kekurangan melakukan root Android.

Kelebihan Root Hp Android

1. Bisa Menghapus Aplikasi Bawaan

Aplikasi bawaan akan memerlukan banyak tempat di memori internal dan juga RAM, Karena Aplikasi bawaan telah dilindungi oleh sistem operasi produsen Hp, maka dari itu root akan membuka perlindungan tersebut agar Anda bisa menghapus semua Aplikasi bawaan yang tidak penting supaya tidak membebani kinerja Hp.

2. MengInstal Aplikasi Terlarang

Ada banyak Aplikasi yang tidak bisa diinstal jika Smartphone Anda tidak di root, misalnya adalah Titanium Backup. Dengan melakukan Root Android sekarang Anda sudah bisa menginstal Aplikasi apa saja dengan cukup mudah.

3. Bisa Overclock Processor

Overclock merupakan proses untuk memaksa processor Smartphone bekerja sampai maksimal. Overclock sendiri tentunya akan membuat performa dari Smartphone makin kencang, hanya saja proses ini tentu memiliki resiko. Proses Overclock akan membuat processor sangat panas dan menguras banyak daya baterai.

4. Menambah Memori Internal dengan MicroSD

Jika Anda memiliki Smartphone dengan memori internal sangat kecil pastinya sering disulitkan karena harus sering menghapus data dan Aplikasi untuk membuat memori lebih lega.
Anda bisa menambah memori internal dengan memanfaatkan MicroSD. Pada intinya, memori internal Anda akan ditambah kapasitasnya dengan memori MicroSD. Metode ini tidak bisa dilakukan jika Android Anda belum di root.

5. Mengurangi Aplikasi Berjalan di Background

Aplikasi yang berjalan di background tentunya akan memakan banyak kapasitas RAM. Jika dibiarkan hal ini tentu akan berdampak ke menurunnya performa Smartphone. Nah untuk mengurangi Aplikasi membandel yang berjalan di background bisa dilakukan dengan cara root Hp.

Kekurangan Root Hp Android

1. Rentan Terkena Virus

Root akan menghilangkan fitur dan standar keamanan pada Smartphone itu sendiri. Hal ini tentunya akan memperlebar celah keamanan di Smartphone. Maka dari itu berhati-hatilah untuk menyimpan informasi penting di Smartphone yang sudah di root.

2. Performa Hp

Terkadang Smartphone yang sudah di root performanya akan menurun secara drastis. Hal ini dikarenakan sistem operasi Smartphone tidak stabil sehingga menyebabkan ada beberapa fitur yang tidak bisa berjalan dengan normal.

3. Tidak Bisa Update OTA

Update sistem operasi Android melalui OTA tidak bisa dilakukan ketika sudah di root. Hal ini dikarenakan ada fitur OTA yang terhapus saat root dilakukan.

4. Kehilangan Garansi Produk

Produsen Smartphone tidak akan bertanggung jawab terhadap kerusakan akibat root. Karena tindakan root Android merupakan ilegal makanya klaim garansi tidak akan berlaku lagi.

5. Hp Mati Total

Konsekusensi yang paling fatal ketika melakukan root Android adalah Hp mati total atau sering restart sendiri. Hal ini dikarenakan ada proses root yang tidak benar sehingga merusak sistem operasi secara keseluruhan.

Catatan: Jika Anda ingin melakukan root Hp Android untuk mendapatkan performa lebih bagus, ada baiknya Anda menggati Smartphone baru yang lebih bagus performanya.

Demikian panduan cara root hp android, semoga panduan yang kami berikan membantu kamu dalam memaksimalkan dalam melakukan root hp android. Sampai jumpa pada artikel-artikel kami selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *