Categories:

Cara Setting Router Dengan Mudah

Jika berbicara tentang jaringan komputer, pastinya kita sering mendengar yang namanya router dan juga access point. Cara setting router sendiri merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui. Sebab, konsumsi internet yang tinggi terkadang membuat orang melupakan masalah jaringan internet sekalipun berbagai perangkat, termasuk router wifi.

Kecepatan internet juga dapat dipengaruhi dari beberapa hal, salah satunya adalah pengaturan router. Konfigurasi router yang baik juga dapat meningkatkan koneksi nirkabel yang lebih cepat serta dapat menjaga Anda dari pencurian data atau serangan hacker.

Nah, pada artikel kali ini kami akan sedikit mengulas bagaimana cara mengatur router agar lebih cepat dan aman menggunakan beberapa setting manual. Jadi, Anda juga dapat menentukan sendiri kecepatan internet berdasarkan kemampuan router yang Anda gunakan.

Cara Setting Router Wifi di Rumah

Setelah Anda membeli router wifi, kini saatnya memasang dan menyetelnya. Nah, untuk Anda yang baru pertama kali memasang router wifi, berikut ini langkah-langkah memasang router wifi di rumah yang bisa Anda lakukan sendiri.

1. Hubungkan Modem dengan Router

Langkah yang pertama, sambungkan kabel jack pada router kemudian sambungkan kabel ke stopkontak. Selanjutnya sambungkan kabel LAN ke port WAN pada Router ke port LAN pada Modem. Pastikan juga semuanya terpasang dengan benar.

Sebelum Anda menghubungkan perangkat dengan jaringan kabel, pastikan juga router sudah mengenali perangkat modem.

2. Sambungkan Komputer ke Router

Lalu sambungkan router dengan komputer menggunakan kabel Straight atau yang sering disebut kabel LAN. Masukkan kabel LAN ke port LAN komputer dan sambungkan ke port LAN yang ada pada Router. Agar koneksi stabil jangan menggunakan wifi koneksi dari router untuk instalasi, karena wifi tersebut belum terkonfigurasi dengan baik.

3. Membuka Admin Router dan Login

Setelah semuanya sudah terhubung, kemudian nyalakan computer Anda dan masuk ke web browser. Selanjutnya masukkan alamat router untuk masuk ke dalam admin router. Jika sudah, lalu masukkan username dan password.

Untuk mengetahui alamat admin router, Anda juga dapat melihatnya pada buku panduan router-nya. Selain itu,  Anda juga dapat melakukan hal ini dengan menggunakan CD instalasi yang sudah satu paket dengan router.

4. Masukkan Informasi Mengenai Koneksi Internet

Selanjutnya, Anda harus memasukkan data dan konfigurasi router sesuai provider yang Anda gunakan agar dapat terhubung dengan internet. Dalam proses ini, Anda bisa mengecek apakah lampu internet, ethernet, dan lain-lainnya pada router sudah menyala dengan sesuai yang ditandai dengan ciri warna hijau pada indikator.

5. Setting Router

Langkah terakhir, setelah konektivitas dalam kategori aman Anda juga bisa merubah beberapa settingan router untuk mengatur keamanan wifi di rumah. Sebaiknya Anda tidak menggunakan nama bawaan dari router demi keamanan, Anda juga dapat mengganti nama SSID-nya.

Selain itu, Anda juga perlu mengatur keamanan lain agar aman dari para peretas. Anda juga dapat menggunakan fitur WPA2 Wireless Encryption, namun sebelumnya pastikan juga bahwa router sudah mendukung fitur tersebut.

Cara Menggunakan Router

Jika modem dan router wifi sudah terhubung dalam satu ekosistem, Anda bisa langsung menggunakannya dengan mudah. Simak beberapa langkah-langkah berikut ini supaya router wifi dapat menunjang produktivitas kerja di rumah.

1. Lakukan Pemasangan Kabel

Sebelum Anda bisa mengakses wifi, hal pertama yang harus Anda lakukan setelah membeli router adalah memasangnya. Selain itu, lakukan instalasi kabel-kabel yang tersedia. Sambungkan kabel-kabel tersebut sesuai arahan poin nomor satu dan dua. Anda juga harus memastikan bahwa kabel-kabel tersebut sudah terpasang dengan benar.

2. Lakukan Instalasi Router

Setelah semuanya sudah terpasang, langkah selanjutnya adalah Anda perlu melakukan instalasi router-nya. Agar router dapat bekerja dengan baik, Anda perlu melakukan konfigurasi router. Selain itu, Anda juga dapat melakukannya dengan memasukkan IP address atau lewat CD instalasi yang tersedia.

3. Menyalakan Router

Ketika Anda ingin memakai wifi, tentunya Anda harus menyalakan router agar dapat menggunakannya. Saat Anda menyelakan router pastikan setiap lampu indikator berwarna hijau yang menandakan router berjalan dengan baik.

4. Sambungkan Jaringan ke Perangkat

Setelah router menyala dengan sempurna, Anda bisa menghubungkan wifi dengan Smartphone maupun PC/Laptop. Pastikan koneksi jaringan ke perangkat dapat dihubungkan dengan baik, dengan memasukkan password wifi.

5. Reboot Jika Koneksi Mengalami Gangguan

Jika device tidak dapat tersambung dengan wifi, Anda perlu melakukan reboot router dan matikan wifi pada perangkat. Reboot merujuk pada mematikan ulang dan restart wifi supaya dapat menyesuaikan kembali pada pengaturan awal.

Anda juga bisa melakukan “forget connection” maupun mencabut kabel penghubung antara wifi dan modem supaya kembali optimal.

 

Diatas adalah ulasan yang membahas tentang cara setting router wifi dirumah dengan mudah. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi Anda, sampai jumpa pada artikel-artikel kami selanjutnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *