Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Windows 10
Categories:

Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Windows 10

Aplikasi atau sebuah program merupakan salah satu hal yang selalu ada di sebuah komputer atau laptop, termasuk di laptop dengan sistem operasi Windows 10. Ketika baru saja selesai menginstall Windows 10, maka kita akan mendapatkan beberapa aplikasi bawaan yang sudah terpasang secara default. Tapi, ada kalanya juga kita harus menguninstall atau mencopot aplikasi di Windows 10.

Misalnya, kita baru saja menginstall aplikasi atau game baru tetapi ternyata tidak sesuai dengan ekspektasi, tentu saja daripada hanya menghabiskan ruang penyimpanan, lebih baik aplikasi tersebut kita uninstall. Atau misalnya kita ingin mengatasi masalah error tertentu seperti api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing pada saat membuka aplikasi. Maka, menguninstall lalu menginstall ulang aplikasi terkait bisa menjadi cara mengatasi api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing tersebut.

Untungnya, dengan segala fitur dan kemampuan yang dimiliki Windows 10, cara uninstall aplikasi di sistem operasi modern Microsoft ini begitu mudah dan tidak ribet sama sekali. Caranya pun ada berbagai macam, yang semuanya bisa kamu pilih sesuai selera.

Baiklah, berikut ini empat cara uninstall aplikasi di laptop Windows 10:

1. Melalui Start Menu

Cara yang pertama ini merupakan cara yang paling cepat dan mudah, yaitu melalui Start Menu yang terletak di pojok kiri bawah desktop.

Ikuti langkah-langkah di bawah untuk uninstall aplikasi melalui Start Menu:

  1. Buka Start Menu dengan klik tombol Windows di pojok kiri bawah desktop.
  2. Cari aplikasi yang ingin dihapus.
  3. Klik kanan pada aplikasi tersebut.
  4. Dan pilih Uninstall.
  5. Kamu juga bisa melakukan cara yang sama untuk menghapus aplikasi yang sudah dipin menjadi Tile.

2. Melalui Settings

Cara selanjutnya adalah dengan melalui menu Settings bawaan Windows 10. Sesuai dengan namanya, menu ini memang memuat hampir seluruh pengaturan yang ada di Windows 10, termasuk pengaturan soal aplikasi dan uninstallnya.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk menghapus aplikasi di laptop Windows 10:

  1. Buka Settings.
  2. Lalu bukalah menu Apps.
  3. Scroll ke bawah dan cari nama aplikasi yang ingin diuninstall.
  4. Klik pada aplikasi tersebut.
  5. Dan klik Uninstall.

3. Melalui Control Panel

Sejak generasi Windows XP sampai Windows 10 sekarang, menu dan fitur Control Panel masih terus ada. Bisa dibilang Control Panel ini adalah menu pengaturan alternatif. Di sini, kita juga bisa melakukan uninstall aplikasi laptop kita.

Simak caranya berikut di bawah ini:

  1. Cari dan buka Control Panel melalui fitur pencarian.
  2. Bernavigasilah ke Progam > Uninstall a Program.
  3. Cari dan klik pada aplikasi yang ingin dihapus.
  4. Terakhir, klik Uninstall.

Namun, perlu diketahui bahwa Control Panel hanya mampu menghapus aplikasi Win32 saja. Yang mana artinya cara ini tidak bisa dilakukan untuk uninstall aplikasi dan program modern zaman sekarang.

4. Melalui Aplikasi Pihak Ketiga

Dan cara uninstall aplikasi di laptop Windows 10 yang terakir adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Mungkin sedikit terdengar aneh, uninstall aplikasi dengan aplikasi lagi. Tapi, ini memang benar adanya.

Aplikasi yang dimaksud adalah aplikasi pembersih seperti CCleaner, iObit Uninstaller, Revo Uninstaller, dan lain-lain.

  1. Untuk caranya sendiri silakan pilih salah satu aplikasi pembersih atau penghapus yang diinginkan sesuai selera.
  2. Download dan install software pihak ketiga tersebut.
  3. Cari fitur Uninstall.
  4. Pilih aplikasi yang ingin dihapus.
  5. Dan klik tombol Uninstall.

Sesuai dengan namanya, fitur uninstall aplikasi ini biasanya merupakan fitur lainnya karena fitur utama aplikasi semacam ini ialah untuk membersihkan sampah-sampah yang ada di Windows 10. Tetapi, cara ini terkadan sedikit lebih ampuh karena mampu mendeteksi sampah yang masih tersisa meskipun aplikasi yang dimaksud sudah dihapus.

Demikianlah empat cara uninstall aplikasi di laptop Windows 10 yang ampuh dan work. Kamu bisa memilih salah satu cara dari empat cara di atas, atau mencobanya satu per satu sampai menemukan yang pas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.