Categories:

Cat Genteng yang Bagus

Tidak harus membeli rumah baru untuk mendapatkan suasana yang berbeda dan lebih fresh. Salah satu cara yang bisa dicoba yaitu dengan memilih cat genteng yang bagus. Pada artikel kali ini, akan dibahas mengenai langkah-langkah untuk mendapatkan cat genteng yang berkualitas dan tahan lama.

Mungkin cara memilih cat genteng memang terkesan sepele dan mudah dilakukan, tetapi sebenarnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Hal-hal penting itu berkaitan dengan warna, jenis cat, sampai dengan masalah daya sebarnya yang penting dipahami oleh pemilik rumah dan juga tukang cat.

3 Tips Memilih Cat Genteng yang Bagus

Saat ini sudah banyak sekali merk cat genteng berkualitas yang dijual di pasaran. Setiap produk cat tentunya memiliki keunggulan masing-masing. Namun, ada beberapa hal dibawah ini yang perlu dipertimbangkan dalam memilih cat genteng berkualitas dan tahan lama.

  • Mempertimbangkan Masalah Oil Based atau Water Based

Pada umumnya ada dua jenis cat genteng di pasaran, yaitu water based dan oil based. Kedua jenis cat hingga saat ini masih laris di pasaran. Bagaimana memilih produk yang berkualitas baik? Caranya mudah, tinggal pertimbangkan masalah daya tahan warna, pengencer, dan keamanan.

Jenis cat oil-based mengeluarkan bau yang cukup menyengat dan mengandung banyak zat VOC (Volatile Organic Compound). Zat VOC cukup berbahaya jika dihirup oleh manusia dalam jangka waktu yang panjang.

Sedangkan untuk jenis cat genteng water-based sudah banyak digunakan di beberapa negara maju. Cat ini mudah sekali mengering dan aman bagi tubuh serta lingkungan. Bahkan cat genteng water-based bisa melarutkan dan membersihkan air.

  • Pilih Warna Cat dan Efek Akhir yang Disukai

Tips memilih cat genteng yang bagus berikutnya dengan memilih warna cat dan efek akhir yang disukai. Kebanyakan genteng yang ada di Indonesia memiliki cat berwarna oranye karena terbuat langsung dari bahan dasar tanah liat.

Selain warna oranye, ada juga abu-abu dan hitam yang memang banyak dipilih. Warna hitam mampu menghasilkan kesan tegas, sedangkan abu-abu identik dengan rumah minimalis. Untuk pilihan efek akhir bisa menyesuaikan dengan menggunakan eggshell, matte, kilap, atau glossy.

  • Cek Daya Sebar Cat

Ada dua hal penting yang perlu diperhatikan dalam teknis memilih cat genteng, yaitu daya sebar dan jumlah lapisannya. Misalnya luas genteng rumah sekitar 10 m2 dengan cat genteng pilihan daya sebar 10 m2 tiap kalengnya.

Agar cat bisa bekerja lebih maksimal, maka perlu dilapisi 2 kali. Pemilik rumah membutuhkan kira-kira 10 kaleng cat untuk melapisi genteng rumah. Jumlah cat biasanya dikurangi karena nantinya cat akan diencerkan terlebih dahulu.

Perhatikan tips memilih cat genteng yang bagus diatas sebelum membeli cat. Tujuannya agar budget yang dikeluarkan bisa sesuai dan hasil warna cat maupun efek warna bisa sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Dengan begitu, tidak perlu repot-repot mengecat ulang genteng jika ingin tampil berbeda.

Desain terbaik dari sebuah rumah juga dipengaruhi dari warna cat yang kita pilih, kombinasi warna cat genteng dan tembok harus cocok ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.