Contoh Teks Prosedur
Categories:

Contoh Teks Prosedur Kompleks, Sederhana, Protokol, Makanan

Apakah kamu masih cukup bingung dalam memahami contoh teks prosedur? Atau malah paham sama sekali dengan jenis teks tersebut? Jadi, teks prosedur sebetulnya merupakan salah satu teks yang menjelaskan tentang langkah-langkah atas tujuan melakukan suatu hal.

Pada umumnya, teks prosedur punya struktur tersendiri. Tentu struktur pada contoh teks prosedur berbeda dengan struktur yang ada di contoh teks eksposisi karena ini adalah dua jenis teks yang berbeda. Untuk teks prosedur sendiri, oleh karena menjelaskan langkah-langkah, biasanya strukturnya adalah bagian satu tujuan, kedua material, dan terakhir menjelaskan langkah-langkahnya.

Daripada penasaran, langsung saja simak contoh teks prosedur berikut ini:

Contoh Teks Prosedur Kompleks

Pertama mungkin tentang contoh teks prosedur kompleks dulu. Umumnya, teks prosedur seperti ini menampilkan struktur lengkap. Mulai dari tujuan pembuatan, alat dan bahan, serta langkah-langkah yang dijelaskan secara berurutan. Kali ini akan dijelaskan teks prosedur bagaimana cara membuat squishy.

Cara Membuat Squishy Bentuk Donat Unik

Tujuan: Membuat mainan anak-anak yang juga digemari oleh sebagian besar orang dewasa yaitu Squishy. Mainan ini cukup populer dimana-mana. Selain bentuknya yang variatif, mainan ini ternyata juga sangat ampuh sebagai media pelepas stres.

Alat:

  • Wadah Sedang
  • Gunting
  • Kuas Berbagai Ukuran

Bahan:

  • Spons Secukupnya
  • Lem Jenis Fox
  • Air Panas
  • Pewarna Makanan Secukupnya

Langkah-langkah:

1. Siapkan Spons

Langkah pertama adalah silahkan menyiapkan spons. Oleh karena ingin membentuk squishy menjadi donat, maka gunting sedemikian rupa hingga menjadi bentuk tersebut. Hati-hati jangan sampai membuat bentuknya tidak menarik.

2. Buat Adonan Untuk Lapisan Warna

Selanjutnya buat adonan pelapisnya. Caranya adalah campurkan lem fox dengan air panas lalu jangan lupa tambah sedikit pewarna. Setelah cukup tercampur, oleskan ke seluruh permukaan donat squishy tadi menggunakan kuas. Kalau sudah bisa langsung dijemur.

3. Tambahkan Warna Lain Untuk Mempercantik

Tadi hanya sebagai warna dasar donat saja. Supaya makin cantik bagian permukaan atas donat ada baiknya diberikan warna lain. Caranya masih sama seperti sebelumnya, hanya saja penambahan warna diambil selain warna yang tadi. Lalu kalau sudah jemur kembali hingga kering.

Contoh Teks Prosedur Sederhana

Selanjutnya adalah tentang contoh teks prosedur sederhana. Oleh karena sederhana, biasanya pada teks prosedur semacam ini menghilangkan salah satu strukturnya yaitu komponen alat dan bahan. Selain itu, jenis teks prosedur sederhana ini juga sering menjelaskan tentang hal yang sudah umum dilakukan di masyarakat, begini contohnya:

Cara Mudah Membuat Mie Instan Goreng

Tujuan: Faktanya tidak sulit membuat mie instan goreng. Sehingga semua kalangan bisa mulai mencobanya dengan aman, namun tetap memberikan rasa nikmat.

Langkah-langkah:

1. Buka Kemasan Pisahkan Mie Dan Bumbu

Langkah pertama adalah buka kemasan mie terlebih dahulu. Setelah itu pisahkan mie dengan bumbu-bumbu yang tersedia. Pahami bumbu-bumbu yang disediakan, sehingga tahu mana yang harus dicampur, dan mana bahan yang perlu dimasukkan dalam rebusan mie.

2. Rebus Mie Instan

Selanjutnya tinggal rebus mie instan. Biasanya ada beberapa merek mie yang menyertakan bumbu sayuran kering. Bumbu ini harus dicampurkan berbarengan dengan rebusan mie. Pada umumnya, rebus mie dalam air panas akan memakan waktu sekitar 3 menit.

3. Campurkan Bumbu-Bumbu

Sementara mie dimasak, silahkan campurkan bumbu-bumbu yang tersedia. Pada umumnya ada kecap, bumbu pelengkap, cabai, dan minyak sayur. Tuang semuanya dalam wadah atau piring sesuai selera.

4. Tiriskan Mie

Setelah semua bumbu dicampurkan pada piring atau wadah tertentu, lihat kondisi mie yang direbus tadi. Apabila sudah 3 menit atau dirasa cukup matang segera angkat. Jangan terlalu lama  sebab akan membuat mie lembek sehingga tidak nikmat.

5. Campurkan Dengan Bumbu

Jika sudah diangkat, mie harus ditiriskan karena akan membuat mie instan goreng. Apabila sudah ditiriskan, langsung campurkan saja pada bumbu yang disiapkan di piring atau wadah tadi. Dengan begitu, mie instan goreng siap dihidangkan.

Contoh Teks Prosedur Protokol

Ada lagi contoh teks prosedur yang menjelaskan tentang langkah manual atau sistem protokol. Paling sering ditemui adalah panduan membuat sosial media atau cara download aplikasi, dan lainnya. Membuat teks prosedur protokol, sebagian besar yang dipakai harus kalimat aktif. Sehingga pembaca tidak terlalu kesulitan mengikutinya. Berikut contoh yang bisa diperhatikan.:

Proses Membuat Akun Instagram

Tujuan: Hingga sekarang, sosial media sangat digemari di masyarakat. Dari sekian jenis sosial media, Instagram adalah satu yang paling populer. Hal tersebut dikarenakan Instagram punya banyak fitur menarik termasuk sharing foto dan video yang bisa dilakukan dengan mudah.

Langkah-Langkah:

1. Buka Laman Instagram Klik “Sign Up”

Langkah pertama adalah silahkan buka situs resmi Instagram dari browser. Jika sudah berhasil masuk, maka akan terlihat menu “login” serta “sign up”. Untuk daftar akun silahkan klik “sign up” saja.

2. Isi Semua Data Pada Kolom Yang Tersedia

Setelah “sign up” tadi diklik, biasanya akan diarahkan menuju halaman baru. Isinya semacam formulir yang ada banyak kolom-kolomnya. Isi langsung kolom tersebut sesuai dengan data sebenarnya.

3. Lakukan Konfirmasi

Apabila sudah yakin semua terisi, bisa langsung lakukan konfirmasi. Caranya adalah pada bagian bawah sendiri akan terlihat menu “daftar” atau “sign up”. Silahkan langsung klik saja menu tersebut untuk konfirmasi.

4. Unggah Foto

Berikutnya bisa unggah foto. Unggah foto ini bertujuan sebagai foto profil pengguna. Nanti, foto ini yang muncul, setelah akun Instagram sudah jadi dan bisa dibuka untuk pertama kalinya.

5. Akun Instagram Siap Digunakan

Apabila sudah unggah foto, artinya akun Instagram sudah bisa dipergunakan. Tidak akan butuh banyak waktu. Biasanya kurang dari 2 menit sudah jadi, meskipun juga bergantung pada kecepatan koneksi internet yang digunakan.

Contoh Teks Prosedur Membuat Minuman

Apabila sebelumnya sudah membuat makanan, tidak ada salahnya kali ini membahas contoh teks prosedur tentang cara membuat minuman. Kalau makanan mungkin alat dan bahannya sedikit kompleks. Beda dengan minuman yang lebih sederhana.

Cara Membuat Teh Chamomile Nikmat Dan Hangat

Tujuan: Banyak orang yang justru kurang tahu dengan manfaat teh chamomile. Padahal sejatinya, teh ini sangat ampuh untuk membuat pikiran tenang dan rileks. Apalagi teh ini mudah dibuat.

Bahan-Bahan:

  • Teh Chamomile, biasanya sudah tersedia ukuran per kantong
  • Air Panas
  • Gelas Ukuran Sedang
  • Gula Atau Madu

Cara Membuat:

1. Panaskan Air

Langkah pertama tentu saja rebus air hingga mendidih. Beberapa orang biasanya sudah menyiapkan air panas di termos tertentu. Sehingga tahap ini bisa langsung dilewati.

2. Tuang Ke Dalam Gelas

Saat air yang direbus sudah cukup panas, langsung angkat dan tuang dalam gelas. Bagi yang sudah punya air panas di termos, bisa langsung dituang isinya juga pada gelas tersedia.

3. Masukkan Kantong Teh Chamomile

Apabila air matang tadi sudah dituangkan dalam gelas, saatnya masukkan kantong teh chamomile nya. Celupkan perlahan-lahan kantong teh dalam gelas hingga mempunyai kepekatan tertentu sesuai yang diinginkan.

4. Tambahkan Gula Atau Madu Dan Aduk Hingga Rata

Setelah itu bisa langsung ditambahkan madu atau gula. Takarannya sesuai selera bebas. Kalau sudah bisa langsung diaduk hingga merata.

5. Teh Chamomile Siap Dihidangkan Hangat-Hangat

Apabila gula atau madu sudah tercampur secara merata, artinya teh chamomile siap disajikan. Ada baiknya, hidangkan selagi masih hangat. Selain karena lebih nikmat, khasiatnya pun bisa lebih bisa terasa.

Itu dia tadi contoh teks prosedur yang bisa diketahui. Informasi di atas bisa dipakai untuk bahan referensi. Mungkin ada yang ingin buat teks prosedur dengan tujuan tertentu, bisa menggunakan salah satu contoh di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *