Islam

Doa Ziarah Kubur

Sebagian ulama ada yang menganggap ziarah kubur tidak diperbolehkan dalam agama islam, tetapi ada pula yang memperbolehkannya. Sebenarnya ada banyak manfaat ketika melakukan ziarah kubur, salah satunya yaitu mengingat kematian. Ketika tertarik melakukan ziarah kubur maka janganlah lupa untuk membaca doa ziarah kubur agar menjadi amalan yang sempurna.

Apa Itu Ziarah Kubur?

Ziarah kubur adalah mengunjungi makam orang yang sudah meninggal dengan tujuan untuk mendoakannya ataupun meminta maaf, asalkan tidak meminta hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan dunia yang bisa mengakibatkan syirik.

Terdapat beberapa hadist yang membahas mengenai ziarah kubur, ada yang memperbolehkan kemudian ada yang tidak. Sebaiknya, lakukanlah dengan niat baik karena Allah SWT itu saja sudah cukup memudahkan untuk dihindarkan dari berbagai pandangan negatif. Rasulullah SAW bersabda :

إِنِّي كُنْتُ نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ الْقُبُورِ فَزُورُوهَا فَإِنَّهَا تُذَكِّرُكُمْ الْآخِرَةَ

Artinya :

“Dulu aku melarangmu melakukan ziarah kubur. Sekarang, lakukanlah ziarah kubur, karena akan mengingatkan kalian terhadap akhirat.” (HR. Muslim).

Doa Ziarah Kubur

Sebelum melakukan ziarah kubur maka sebaiknya ketahui bacaan doanya, kemudia janganlah lupa untuk perbanyak membaca doa, ini dia seputar penjelasannya.

  • Membaca Salam

Ketika akan memasuki makam baka kalian dianjurkan untuk mengucapkan salam, selain itu janganlah lupa untuk selalu berdzikir ketika berada di lokasi makam tersebut. Sudahkah kalian mengetahui bacaan salam untuk ziarah kubur? Begini bacaannya.

السَّلامُ عَلَيْكُمْ دَارَ قَوْمٍ مُؤْمِنينَ وَأتاكُمْ ما تُوعَدُونَ غَداً مُؤَجَّلُونَ وَإنَّا إنْ شاءَ اللَّهُ بِكُمْ لاحقُونَ

“Assalamu‘alaìkum dara qaumìn mu’mìnîn wa atakum ma tu‘adun ghadan mu’ajjalun, wa ìnna ìnsya-Allahu bìkum lahìqun”

Terjemahannya:

“Assalamuallaikum, hai tempat bersemayam kaum mukmin. Telah datang kepada kalian janji Allah yang sempat ditangguhkan besok, dan kami insyaallah akan menyusul kalian.”

  • Membaca Istighfar

Setelah membaca salam maka ketika memasuki makam sebaiknya juga janganlah lupa untuk membaca bacaan istighfar sebagai bentuk memohonkan ampunan atas dosa dan kesalahan yang telah kita perbuat. Ketika kita mengunjungi makam maka akan mengingatkan akan dosa kita yang akan ditanyakan dalam kehidupan di akhirat, berikut ini bacaan doa istighfar ketika  berkunjung ke makam.

أَسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ اَلَّذِي لآ إِلَهَ إِلَّا هُوَ اْلحَيُّ اْلقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

“Astaghfirullah Hal Adzim Alladzi La ilaha Illa Huwal Hayyul Qoyyumu Wa atubu Ilaihi.”

Terjemahannya:

“Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, yang tiada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat kepada-Nya.”

  • Membaca Al Fatihah

Kemudian setelah membaca istighfar sebagai orang muslim maka dianjurkan untuk membaca doa ziarah kubur  Al Fatihah untuk para keluarga yang sudah meninggal agar doa yang baik tersebut akan diterima oleh AllaH Swt.  Sebagai doa utama, tentunya Al Fatihah juga memiliki banyak keutamaan ketika dibaca selain untuk mensyukuri nikmat ternyata juga bisa menjadi doa penolong dan perlindungan loh.

  • Membaca Surah Al Ikhlas, Al Falaq dan An Naas

Setelah itu, janganlah lupa untuk membaca surah Al Ikhlas, An naas, dan Al Falaq yang juga memiliki banyak keutamaan. Tidak hanya untuk meminta pertolongan, tetapi juga meyakini akan keesaan Allah SWT. Sebagai doa utama ketiga suratan pendek itu wajib dibaca agar dapat membantu meringankan dosa-dosa orang yang sudah meninggal.

  • Membaca Tahlil

Ketika berziarah maka diwajibkan untuk membaca doa tahlil sebanyak 33 kali atau bisa mengikuti imam yang memimpin bacaan tahlil tersebut, berikut ini bacaan doa tahlil yang harus kalian baca.

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهَ

“Laailaaha Illallah.”

Artinya :

“Tiada Tuhan selain Allah.”

  • Membaca Doa Jenazah

Untuk doa yang terakhir dibaca ketika membacakan doa ziarah kubur yaitu membaca doa untuk para jenazah yang memohonkan ampunan untuknya kemudian membersihkannya dari kesalahan, menjauhkannya dari azab, dan memberikan tempat terbaik untuknya yaitu surga. Berikut ini bacaan doa jenazah.

“Allahummaghfìrlahu war hamhu wa ‘aafìhìì wa’fu anhu, wa akrìm nuzuulahu wawassì’ madholahu, waghsìlhu bìl maa’ì watssaljì walbaradì, wa naqqìhì, mìnaddzzunubì wal khathaya kamaa yunaqqatssaubul abyadhu mìnad danasì.”

“Wabdìlhu daaran khaìran mìn daarìhì wa zaujan khaìran mìn zaujìhì. Wa adkhìlhul jannata wa aìdzhu mìn adzabìl qabrì wa mìn adzabìnnaarì wafsah lahu fì qabrìhì wa nawwìr lahu fìhì.”

Artinya :

“Ya Allah, berilah ampunan dan rahmat kepadanya lalu berikanlah keselamatan dan berikanlah maaf kepadanya. Berikanlah kehormatan untuknya, luaskanlah tempat masuknya. Mandikanlah dia dengan air, es, dan embun. Bersihkanlah dia dari kesalahan sebagaimana Engkau bersihkan baju yang putih dari kotoran.”

“Gantikanlah untuknya rumah yang lebih baik dari rumahnya, isteri yang lebih baik dari isterinya. Masukkanlah dia ke dalam surga, berikanlah perlindungan kepadanya dari azab kubur dan azab neraka. Lapangkanlah baginya dalam kuburnya dan terangilah dia di dalamnya.” (HR. Muslim).

Manfaat ziarah kubur

Sudahkah Anda mengatahui manfaat ziarah kubur yang ternyata cukup banyak? Berikut manfaat berziarah kubur yang kami kutip dari Fahmipedia

  1. Mengingatkan Akan Kematian

Ketahuilah manfaat dari melakukan ziarah kubur yaitu untuk lebih mengingatkan kita sebagai manusia pada kematian. Terkadang manusia memang melupakannya sehingga ketika hidup di dunia tidak mengingat kematian, bahkan hidupnya dipenuhi dengan kesenangan dengan melakukan gaya hidup berfoya-foya.

Terkadang kita sebagai manusia juga tidak menjaga lisan kita sehingga menyakiti hati orang lain. Padahal kita ini hidup hanya sesaat sehingga harus selalu berbuat baik kepada orang lain. Ketika menjalankan ziarah kubur maka akan semakin menggambarkan kematian yang nyata sehingga kita diharuskan selalu berbuat baik kepada sesama kemudian menjalankan ibadah sesuai perintah Allah SWT.

  1. Ziarah Kubur Dapat Melembutkan Hati yang Keras

Kemudian manfaat dari melakukan ziarah kubur yaitu dapat melembutkan hati yang keras karena dengan berziarah maka kita akan lebih mengingat kebaikan seseorang yang makamnya kita ziarahi. Dengan demikian maka akan membuat hati kita menjadi lebih terenyuh untuk berbuat baik.

  1. Tidak Berorientasi Kepada Dunia Saja

Ketika melakukan ziarah kubur maka akan membuat hati kita lebih nyaman untuk menyadari bahwa ketika hidup maka janganlah berorientasi pada kehidupan di dunia saja, tetapi juga berpikir pada kehidupan di akhirat sehingga hiduplah dengan penuh kesadaran.

  1. Menjadikan Kita Orang Rendah Hati

Apabila kita berziarah kubur maka akan mengingatkan kita bahwa secantik apapun kita, sekaya apapun kita maka tempat peristiratan kita sama yaitu di tanah. Dengan demikian maka kita harus selalu rendah hati kepada orangyang ada di sekitar kita, jangan sekalipun bersikap sombong karena harta yang kita miliki hanyalah titipan dari Allah SWT.

Janganlah lupa ketika berziarah juga harus dengan adab yang baik, salah satunya membaca doa ziarah kubur agar mampu mendoakan orang yang diziarahi dengan harapan dosa-dosanya diampuni oleh Allah SWT sehingga dapat menjadi amalan yang bermanfaat.

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *