gambar baju adat bali anak
Uncategorized

Gambar Pakaian Adat Bali Ini Menyiratkan Makna yang Mendalam

Seperti yang kita ketahui, Indonesia adalah negara dengan keragaman budaya yang tinggi.

Salah satunya terlihat dari jenis pakaian adat setiap daerah yang mempunyai ciri khas dan filosofinya masing-masing.

Kali ini, Kami akan membagikan beberapa gambar pakaian adat Bali yang sarat makna, termasuk pakaian adat untuk anak, wanita dan pria.

Gambar Pakaian Adat Bali Mewah dan Maknanya

https://wikipie.co.id/

Oleh masyarakat Bali sendiri, pakaian adat dianggap sebagai Busana Agung yang biasanya dikenakan untuk menghadiri acara perkawinan atau potong gigi.

Busana Agung terdiri dari beberapa variasi yang dapat dibedakan berdasarkan tempat, waktu serta keadaan.

Sementara bahan kain yang digunakan bukan sembarangan, melainkan berupa wastra wali putih sebagai simbol kesucian dan wastra wali khusus untuk upacara.

https://taldebrooklyn.com/

Beberapa masyarakat Bali juga sering mengganti pakaian adat dengan kain songket, karena sekaligus dapat mewakili kesan mewah tersendiri untuk pemakainya.

Terutama bagi calon mempelai perempuan, sekarang ini lebih banyak yang menggunakan kain songket yang dipadukan dengan sinjang atau tapih untuk membuat mereka tampak lebih anggun saat melangkah.

Sedangkan untuk laku-laki bisa menggunakan jenis pakaian adat kampuh gelagan, mereka menyebutkan sebagai dodot yang diguankan untuk menutupi bagian dada.

Fyi, meskipun mayoritas masyarakat Bali beragama Hindu, namun ternyata banyak juga masyarakat disana yang menyediakan pakaian adat bali muslim atau untuk wanita berjilbab.

weddingku.com

Setiap busana adat Bali seperti pada gambar pakaian adat Bali di atas memang menampilkan nilai keindahannya tersendiri serta mengandung filosofis dari bentuk, fungsi dan maknanya.

Sehingga tak heran jika kita melihat pakaian adat Bali yang seringkali dihiasi dengan aneka ornamen dan simbol dengan arti tertentu.

Beberapa kelengkapan pakaian adat Bali diantaranya seperti sanggul untuk wanita dan udeng untuk pria.

Filosofi Busana Adat Bali

Sama seperti pakaian adat di daerah lainnya, busana adat Bali juga sarat makna yang terkandung di baliknya.

Terlebih, Bali adalah salah satu Pulau di Indonesia yang cukup mendunia dan disakralkan.

Dengan masyarakat yang masih menjunjung tinggi budaya dan adat istiadat setempat, mereka juga meyimpan filosofi penting untuk menjaga eksistensi pakaian adat.

Sehingga dalam penggunaanya pun ada standarisasi untuk kelengkapannya agar tidak melenceng dari makna yang sesungguhnya.

Pakaian adat Bali hanya boleh dikenakan saat upcara perayaan besar, upacara adat dan upacara keagamaan.

Namun, masyarakay Bali mempunyai jenis pakaian adat madya yang dapat dikenakan untuk beberapa cara seperti kelahiran anak, sukses panen, kelulusan anak maupun untuk penyambutan tamu.

Filosofi yang terkandung di dalamnya bersumber langsung dari ajaran Sang Hyang Widhi, menurut kepercayaan masyarakat Hindu di Bali.

Kepercayaan tersebut berkaitan dengan keberadaan Tuhan sebagai pemberi kedamaian, keteduhan dan kegembiraan bagi umat Hindu.

Hingga saat ini pun ornamen-ornamen dalam busana adat Bali harus dipertahankan nilai simbolisnya, termasuk aksesori pada payas agung.

Dahulunya, pakaian adat Bali dibedakan berdasarkan kasta untuk membedakan derajat manusia di mata manusia lainnya.

Namun seiring berjalannya waktu dengan kepercayaan terhadap Tuhan yang semakin dalam, masyarakat Bali tidak lagi menggunakan pakaian sebagai pembeda kasta atau sosial.

Mereka percaya bahwa setiap orang, baik kaya maupun miskin, mempunyai kedudukan yang sama di mata Tuhan, yang membedakan adalah perilaku baik dan buruknya.

Itulah sedikit ulasan mengenai pakaian adat Bali. Mau info menarik lainnya? Baca-baca artikel menarik untuk mendapatkan wawasan baru di Selasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *