Categories:

Jenis Burung Yang Rajin Bunyi Dan Gampang Dilatih

Ingin punya burung peliharaan yang suaranya gacor? Jangan khawatir, berikut ini Bosburung kasih tau deretan jenis burung yang rajin bunyi dan gampang dilatih

1. Jalak Suren

Salah satu jenis burung yang mudah untuk dilatih adalah Jalak Suren. Burung ini memiliki nama latin Sturnus contra yang masuk ke dalam famili Sturnidae yang merupakan endemik di Asia..

Burung Jalak Suren biasa yang baru ditemukan dari hutan rata-rata harganya berkisar 300 ribu rupiah, namun jika Jalak Suren sudah rajin berbunyi harganya sudah bisa mencapai lebih dari satu juta rupiah. 

2. Ciblek

Ciblek adalah salah satu jenis burung yang rajin bunyi selanjutnya. Dikenal sebagai Perenjak Jawa, burung ini memiliki endemik di pulau Jawa, Sumatera dan Bali. Burung ciblek jantan maupun betina bisa kamu lihat ciri fisiknya dari warna paruh bagian bawah bulu tubuhnya.

Pada habitatnya di alam liar sana, burung ciblek memang agak sulit untuk ditemukan, maka dari itu burung ini bisa dikatakan hampir punah. Namun, para pecinta burung sudah mulai membudidayakannya untuk menjaga kelestarian dan keseimbangan alam.

Jika ada yang menjual, harga dari burung ciblek sekitar 30 ribu – 700 ribu tergantung bagaimana si burung bisa mengeluarkan suara indahnya. 

3. Love Bird

Siapa yang tidak kenal dengan burung kecil yang satu ini? Sekilas memang mirip parkit, namun burung ini memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil.

Lovebird adalah salah satu jenis burung yang gampang berkicau dan paling mudah untuk dilatih. Banyak sekali konter kicau yang memperlombakan burung lovebird ini menjadi pesertanya. 

Suaranya yang unik dan mudah untuk dilatih, menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta burung untuk memiliki burung yang satu ini. Selain itu, harganya yang cukup mahal membuat burung ini sangat diminati untuk dibudidayakan.

Bagi sebagian orang yang ahli dibidang ini, bisa menjadi bisnis yang menjanjikan. Harga lovebird sendiri berkisar antara 200 ribu rupiah sampai dengan yang paling mahal bisa mencapai jutaan rupiah.

4. Kacer

Selain ketiga burung di atas, jenis burung yang rajin bunyi selanjutnya adalah burung Kacer. Kemampuan berkicaunya yang sangat baik dan pintar menirukan suara di sekitarnya, punya daya tarik yang berbeda dari beberapa burung yang lainnya sehingga kamu bisa memeliharanya.

Populasi Kacer di alam memang semakin kesini menjadi semakin menyusut karena memang permintaan di pasar burung Indonesia sudah terlalu banyak.

Walaupun begitu, semua pihak sudah sempat berusaha untuk membudidayakan Kacer agar tidak punah dan menjadi warisan untuk anak cucu kita. 

5. Kenari

Jenis burung yang rajin bunyi selanjutnya adalah burung kenari. Burung ini termasuk ke dalam deretan burung kecil dengan ukuran sekitar 8 cm dan panjang sekitar 10 cm saja.

Burung ini memiliki suara yang sangat gacor sehingga menjadi alternatif bagi pecinta burung untuk merawatnya. 

Harga burung kenari bisa dijual paling murah sekitar Rp 200 ribu sampai paling mahal sekitar Rp 1 jutaan.

Itulah dia beberapa rekomendasi jenis burung yang gampang berkicau dan bisa kamu pelihara bagi pemula, semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published.