Jurusan Komputer di SMK
Pendidikan

Jurusan Komputer di SMK

Bagi yang ingin melanjutkan ke SMK, sebelum lulus alangkah baiknya sudah memiliki pandangan nantinya mau memilih jurusan apa. Karena ini bisa dikatakan sangat penting, takutnya kalau memilih jurusan terlalu mepet malah salah pilih nantinya.

Dalam memilih jurusan, kita juga tidak boleh asal-asalan apalagi sekadar ikut-ikutan. Kita memilih jurusan yang benar-benar sesuai dengan apa yang kita suka dan memiliki keinginan untuk menekuninya.

Seperti contoh, sejak kecil Anda sudah suka dengan komputer dan mulai paham komponen-komponennya. Jika begitu, alangkah baiknya Anda memilih jurusan yang berhubungan dengan komputer.

Nah, jurusan komputer di SMK juga ada bermacam-macam, jadi Anda juga harus tahu mana jurusan yang memang sesuai dengan Anda, apakah yang fokus ke jaringan, multimedia, ataupun yang lainnya.

Oh ya, memilih jurusan yang tepat juga akan memudahkan ketika melaksanakan program prakerin. Selain kegiatan menjadi menyenangkan, proses pengerjaan laporan juga akan lebih mudah, apalagi jika dibantu dengan contoh laporan prakerin yang banyak tersebar di internet.

Jurusan SMK Bidang Komputer

Terkadang, ada saja siswa yang salah masuk jurusan SMK walaupun sama-sama di bidang komputer. Sebenarnya mau masuk ke jurusan yang membahas komputer dan jaringan, eh malah nyasar masuk jurusan yang membahas multimedia.

Nah, untuk itu, bagi Anda yang hendak melanjutkan jenjang pendidikan SMK jurusan komputer, silahkan pahami beberapa jurusan komputer yang ada di SMK berikut ini:

1. Teknik Komputer dan Jaringan

Teknik Komputer dan Jaringan atau TKJ merupakan jurusan SMK yang materinya membahas seputar perakitan komputer dan jaringan. Materi yang diajarkan akan bertahap, kelas X mempelajari instalasi sistem operasi dan perakitan komputer, kelas XI mempelajari jaringan, dan kelas XII mengulang kembali materi kelas X sampai kelas XI.

TKJ termasuk jurusan SMK yang banyak peminatnya, baik itu siswa maupun siswi. Bagi Anda yang ingin mendalami seputar komputer dan jaringan, maka TKJ adalah jurusan yang tepat. Oh ya, materi yang disebutkan di atas hanya sebagian saja ya, masih banyak materi-materi lainnya.

Jika Anda pernah mendengar kalimat “Lulusan TKJ calon operator warnet” maka itu salah besar. Pekerjaan yang didapatkan setelah lulus juga tergantung usaha dari siswa, lagian lowongan yang berhubungan dengan lulusan TKJ juga banyak banget. Jadi jangan hiraukan kalimat negatif seperti itu.

2. Rekayasa Perangkat Lunak

Rekayasa Perangkat Lunak atau RPL adalah jurusan yang materinya membahas seputar cara membangun perangkat lunak mulai dari tahapan awal seperti menganalisa kebutuhan pengguna, menentukan alur pada aplikasi, sampai pengembangan aplikasi tersebut.

RPL juga dikenal sebagai software engineering. Bagi Anda yang tertarik dengan pembuatan aplikasi, maka RPL adalah jurusan yang tepat. Selain yang dijelaskan di atas, RPL lebih mendalami seputar pembuatan aplikasi pada bahasa pemrograman yang sudah ada saat ini.

Saat pertama masuk kelas, siswa akan dibekali tentang pengertian bahasa pemrograman terlebih dahulu. Setelah itu, barulah terjun ke pembahasan pengkodean untuk membuat sebuah aplikasi.

3. Multimedia

Multimedia atau yang biasa disingkat dengan MM adalah jurusan SMK yang materinya membahas tentang penggunaan komputer untuk menyajikan data berupa teks, suara, gambar, video, ataupun animasi agar menarik.

Program yang digunakan untuk pembelajaran ada bermacam-macam, mulai dari Adobe Photoshop, Adobe After Effect, Corel Draw, dan masih banyak lagi. Pokoknya, sebagian besar program grafis akan digunakan pada jurusan Multimedia.

Bagi Anda yang suka mengedit foto, membuat efek pada video, ataupun hal lain yang berkaitan dengan editing, maka jurusan Multimedia adalah pilihan yang tepat. Kesukaan Anda akan menjadi lebih dari

4. Animasi

Seperti namanya, jurusan Animasi akan lebih fokus pada pembuatan film animasi ataupun video game. Pada jurusan Multimedia memang membahas animasi juga, tapi tidak seperti jurusan Animasi.

Jadi, bagi Anda yang ingin mendalami pembuatan film animasi atau video game, maka akan cocok jika Anda masuk jurusan Animasi.

“Kok jurusan ini nggak ada? kan termasuk jurusan komputer juga!”

Ya, benar sekali. Jurusan komputer di SMK memang bukan hanya yang tertulis di atas saja, masih ada jurusan lainnya seperti DKV, Broadcasting, ataupun yang lainnya.

Sayangnya, tidak semua sekolah memiliki semua jurusan yang disebutkan di atas. Mungkin, di satu sekolah cuma ada beberapa jurusan saja, seperti misalnya TKJ dan Multimedia, atau bahkan cuma TKJ saja.

Nah, dari ulasan di atas sudah punya gambaran kan mau melanjutkan di SMK jurusan apa?

Demikianlah artikel megenai jurusan komputer di SMK yang harus Anda ketahui. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan memberi gambaran bagi Anda yang sedang bingung menentukan jurusan di SMK.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *