kesalahan penataan ruang tamu
Hunian

Kesalahan Saat Mendesain Ruang Tamu

Terkadang banyak orang yang mendesain suatu ruang tamu tanpa mempunyai kemampuan dasar yang dibutuhkan dalam desain. Hal inilah yang sering menjadi penyebab hasil desain tidak sesuai dengan ekspektasi yang diharapkan. Terkadang kesalahan tersebut cukup sesederhana menaruh lukisan yang terlalu tinggi atau kurangnya lampu.

Para desainer yang menekuni bidang interior pasti langsung mengetahui kesalahan apa yang ada di sebuah ruang tamu. Bagi Anda yang bukan desainer interior, berikut ini beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan dalam mendesain ruang tamu yang patut Anda simak hingga akhir.

Beberapa Kesalahan Ringan Saat Menata Ruang Tamu

agar ruang tamu tampil cantik

1. Memilih Sofa

Di ruang tamu, sofa yang baik adalah kunci kenyamanan sekaligus dapat memunculkan keindahan. Sayangnya, beberapa pemilik rumah yang melakukan kesalahan seperti membeli sofa yang terlalu besar atau sofa yang terlalu kecil. Baik dari segi panjang, lebar, dan tinggi sebaiknya diperhatikan. Idealnya, sofa tersebut tidak menutup elemen lain di rumah, seperti pintu.

Sebelum membeli sofa, buatlah denah ruang tamu terlebih dahulu. Perhatikan juga kualitas kain dan bentuknya. Untuk rumah minimalis, bentuk sofa sebaiknya cukup yang double sit dengan motif minim, polos tampak bagus.

2. Karpet Terlalu Kecil

Kesalahan yang juga sering dilakukan adalah karpet pada ruang tamu yang terlalu kecil. Karpet besar mungkin akan memakan biaya lebih banyak, namun karpet adalah salah satu aspek terpenting dari sebuah ruangan.

3. Layout Kurang Baik

Banyak perencanaan layout yang buruk seperti penempatan TV pada ruang tamu. Tempat yang terbaik untuk menaruh TV adalah di dinding yang kosong. Jangan menempatkan TV di dekat jendela atau di depan jendela. Hal ini akan berbahaya bagi mata dan mencegah Anda melihat gambar dengan jelas.

Jarak antara TV dengan sofa tergantung pada ukuran layar. Jaraknya harus sama dengan 3-5 diagonalnya. Hal ini penting untuk diperhatikan.

4. Bantal Sofa?

Bantal sofa menciptakan suasana yang nyaman dan santai. Saat memilihnya, perhatikan apakah bahan dan teksturnya sesuai dengan kain sofa dan kursi berlengan Anda. Jika furnitur di ruang tamu terbuat dari beludru atau velour, jangan memilih bantal katun atau linen.

Untuk furnitur yang lebih kecil, pilih barang-barang kecil. Sofa besar memungkinkan untuk diisi beberapa bantal yang tebal.

5. Perhatikan Gantungan Hiasan Seni

Hal ini tidak bisa diabaikan. Cara menggantung hiasan seni yang salah dapat merusak pemandangan. Beberapa desainer setuju bahwa hiasan seni digantung setinggi mata. Tetapi hal ini tidak berlaku jika dinding terlalu pendek atau Anda yang terlalu tinggi.

Untuk menempatkan yang pas, bagilah dinding menjadi empat bagian, lalu letakkan hiasan pada kuadran ketiga dihitung dari lantai.

6. Pertimbangkan Ukuran Furniture

Kesalahan paling umum adalah ketika orang menata ruangan dengan furnitur yang tidak sesuai dengan ukurannya, terutama ketika berbicara tentang sofa. Hal ini akan membuat ruangan terlihat jauh lebih kecil.

Jika Anda memiliki ruang tamu yang besar, maka Anda dapat membeli sofa yang besar. Untuk ruang tamu yang lebih kecil, pilihlah sofa dua dudukan dan sepasang kursi lengan.

7. Beri Point of Focus pada Ruang Tamu

Ruang tamu menuntut aksen yang cerah. Itu bisa berupa perapian, karya seni, cermin, wallpaper atau apa pun yang menarik perhatian. Anda juga dapat menjadikan area istirahat sebagai titik fokus, menekankannya dengan warna yang kontras atau campuran tone yang kompleks.

8. Dekorasi Mini Garden

Akan lebih baik jika Anda menaruh tanaman besar daripada banyak tanaman kecil pada ambang jendela. Satu tanaman besar tersebut akan membuat ruangan tampak lebih besar dan lebih nyaman.

9. Gorden yang Secara Visual Mengurangi Ruang

Hal kecil seperti tirai yang tidak digantung dengan benar dapat membuat ruangan Anda menjadi lebih kecil secara visual. Penting untuk menggantung gorden setinggi dan selebar mungkin untuk membuat langit-langit Anda tampak lebih tinggi dan ruang tamu Anda lebih besar. Pilih warna gorden yang lebih cerah dan lebih berbeda dari warna yang ada di ruangan.

10. Furniture yang Ketinggalan Zaman

Perhatikan fashion pada furnitur.

Furnitur besar dengan punggung dan sandaran lengan yang tebal sudah ketinggalan zaman. Anda tetap dapat memilih sofa tradisional, namun cobalah memilih warna yang tidak terduga dan modern.

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *