Keuntungan Menggunakan Linux
Categories:

Keuntungan Menggunakan Linux

Linux merupakan sistem operasi open source yang bisa digunakan secara gratis di komputer ataupun laptop Anda. Selain itu, pada Linux juga masih terdapat Distro yang bisa Anda pilih sesuai keinginan.

Hal di atas berbanding terbalik dengan sistem operasi Windows karena Windows adalah sistem operasi yang berbayar jika Anda ingin menggunakannya.

“Jadi, pilih Linux atau Windows?” Itu tergantung Anda pribadi. Tapi, terkadang pengguna Windows juga ada yang migrasi ke Linux. Setelah beberapa bulan kemudian, balik lagi menggunakan Windows dengan alasan Linux susah.

Keuntungan Menggunakan Sistem Operasi Linux

Sebelum Anda mengatakan “ah saya tidak mau pakai Linux, ribet!” ataupun “saya coba Linux ah, kayaknya enak!” alangkah baiknya mengetahui keuntungan menggunakan sistem operasi Linux terlebih dahulu.

Nah, berikut ini adalah beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan OS Linux:

1. Gratis

Seperti yang kita ketahui bersama, orang Indonesia itu sangat suka jika ada sesuatu hal yang diikuti kata gratis. Nah, Linux hadir sebagai pilihan sistem operasi yang bisa digunakan orang Indonesia.

Namun, peminat Linux di Indonesia memang lebih sedikit jika dibandingkan dengan Windows. Tapi itu bukan berarti banyak orang yang tidak mau pakai Linux loh ya, terbukti grup-grup Facebook terkait Linux juga sangat rame.

Nah, jika dengan keuntungan pertama ini Anda sudah tertarik menggunakan Linux, Anda bisa menginstallnya sekarang juga. Keperluan instalasi Linux juga hampir sama dengan Windows, termasuk dengan membuat bootable flashdisk jika Anda ingin melakukan instalasi dengan flashdisk.

2. Ringan

Percaya atau tidak, sistem operasi Linux memang sangat ringan, bahkan jauh lebih ringan dibandingkan dengan Windows. Berdasarkan pengalaman pribadi, laptop dengan RAM 1GB saja sudah sangat lancar ketika menggunakan Linux.

Hal ini disebabkan karena visual efek yang ditanamkan pada Linux tidak sebanyak dan seberat Windows. Memang sih, kalau melihat efek pada Windows sangat keren, tapi itulah salah satu penyebab Windows lebih berat.

Nah, bagi Anda yang memiliki laptop dengan spesifikasi minim, sistem operasi Linux sangat wajib Anda coba.

3. Aman dari Virus

Salah satu musuh terbesar bagi komputer ataupun laptop adalah serangan virus. Ketika perangkat terserang virus, hal terburuk yang mungkin terjadi adalah hilangnya semua data yang ada.

Namun, hal tersebut bisa diminimalisir pada sistem operasi Linux. Selama saya menggunakan Linux, sekalipun belum pernah terserang virus ataupun kehilangan data penting.

Kalau pas menggunakan Windows, virus memang sangat mungkin menyerang data penting. Seperti pengalaman saya dulu, laptop saya terkena virus dan akhirnya datanya corrupt semua.

Tapi, perkara aman dan tidaknya, itu tetap kembali lagi pada penggunaannya. Jika Anda sangat berhati-hati, terlebih ketika browsing, kemungkinan Anda akan selamat dari virus.

Namun, jika Anda main klik link di internet, besar kemungkinan Anda bisa terkena virus. Sekadar info, saat ini sudah banyak sekali penyebaran virus yang dilakukan melalui link, terutama link download.

4. Aplikasi Alternatif

Ketika pertama kali menggunakan Linux, mungkin Anda akan sedikit kaget dengan aplikasi-aplikasi yang ada. Pasalnya, aplikasi Linux dengan Windows memang lumayan berbeda, terutama dari segi tampilan ya.

Ketika menggunakan Windows, mungkin Anda akan membuka Microsoft Word kalau ingin menulis karya ilmiah atau apapun. Namun, ketika Anda ingin membuka Microsoft Word di Linux, maka tidak akan ada aplikasi tersebut.

Sebenarnya bisa sih install Ms Word, Photoshop, atau aplikasi Windows lainnya di Linux. Anda hanya perlu menggunakan aplikasi PlayOnLinux saja.

Jikapun tidak ingin menggunakan PlayOnLinux, maka Anda bisa memanfaatkan aplikasi alternatif. Misal Microsoft Office > Libre Office, Photoshop > Gimp, dan lain sebagainya.

Nah, itulah beberapa keuntungan menggunakan Linux yang harus Anda ketahui. “Apakah cuma itu saja?” Tidak! Anda akan merasakan sebuah keuntungan lain jika sudah secara langsung menggunakannya.

Silahkan dicoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *