Keutamaan surah Al Maidah Ayat 6

Keutamaan surah Almaidah tentang Wudhu

Al Quran adalah kitab sucinya umat islam yang sangat luar biasa. Al Quran diturunkan oleh Allah kepada nabi Muhammad dengan perantara malaikat Jibril. Di dalam Al Quran terdapat banyak ayat yang menjadi tuntunan dan panduan umat muslim. Isi dalm Al Quran sudah lengkap yang membahsa semua norma-norma kehidupan manusia sekaligus dengan kisah-kisah yang bsa menjadi panutan dan suri teladan.

Pada ayat-ayat yang terdapat dalam Al Quran terdapat ayat-ayat yang paling utama dan menjadi ayat yang benar-benar bisa melindungi umat islam dari gangguan syaitan. Terdapat ayat kursi yang terdapat di surah Al Baqarah ayat 255, sebagai doa paling utama dalam Al Quran. Terdapat surat Al Maidah yang menganjurkan untuk selalu dalam keadaan suci yaitu dengan berwudhu dan mandi junub. Masih banyak ayat-ayat Al Quran yang menjadi tuntunan dalam kehidupan sehari-hari.

Keutamaan Surah Al Maidah

Pada kesempatan ini akan diulas tentang keutamaan surat Al Maidah. Surah Al-Maidah dalam bahasa Indonesia memiliki arti jamuan atau hidangan. Surah Al Maidah adalah surah kelima dalam kitab suci Al-Quran yang terdiri dari 120 ayat.

Surah Al-Maidah adalah surah Madaniyah karena surah ini diturunkan di kota Madinah. Di namakan surah Surah Al Maidah karena dalam surah ini mengulas riwayat para pengikut nabi Isa. Diriwayatkan nabi Isa a.s memohon kepada Allah agar diberikannya mereka Al-Maidah yang artinya hidangan atau makanan dari langit.

Kandungan Surah Al Maidah

1. Berisi tentang Janji untuk setia kepada Allah Swt.
2. Menjelaskan tentang anjuran wudhu, mandi wajib dan juga tayamum.
3. Menjelaskan tentang kewajiban untuk berlaku adil dan jujur.
4. Membahas tentang ingkarnya janji setia yang dilakukan orang-orang Yahudi dan Nasrani.
5. Mengulas hukum terhadap penganggu keamanan.
6. Menjelaskan tentang kutukan Allah kepada orang-orang yahudi.
7. Menjelaskan tentang kewajiban Rasulullah untuk menyampaikan agama islam.
8. Menjelaskan tentang kutukan orang-orang yahudi
9. Mengandung tentang hubungan antara Yahudi, Nasrani dengan Mukmin.
10. Menjelaskan tentang larangan melakukan perbuatan yang dilarang seperti berjudi, mabuk karena khamar, berkurban terhadap berhala dan mengundi nasib.
11. Menjelaskan tentang Larangan mengharamkan makanan Halal.
12. Mengandung salah satu dari peristiwa di hari kiamat.
13. Penghormatan terhadap Kakbah

Pada kesempatan ini akan mengulas tentang kandungan dalam surat Al Maidah tentang anjuran tata cara wudhu sebelum sholat dan mandi wajib. Ulasan ini adalah penjelasan yang berada pada surat Al Maidah ayat 6.

Penjelasan Tentang Surat Al maidah Ayat 6

Surat al Maidah ayat 6 arab

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ وَإِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوا وَإِنْ كُنْتُمْ مَرْضَى أَوْ عَلَى سَفَرٍ أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِنْكُمْ مِنَ الْغَائِطِ أَوْ لامَسْتُمُ النِّسَاءَ فَلَمْ تَجِدُوا مَاءً فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوا بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُمْ مِنْهُ مَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِنْ حَرَجٍ وَلَكِنْ يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ (٦

Surat Al Maidah ayat 6 latin

“Yaa ai-yuhaal-ladziina aamanuu idzaa qumtum ilash-shalaati faaghsiluu wujuuhakum wa-aidiyakum ilal maraafiqi waamsahuu biruuusikum wa-arjulakum ilal ka’baini wa-in kuntum junuban faath-thahharuu wa-in kuntum mardha au ‘ala safarin au jaa-a ahadun minkum minal ghaa-ithi au laamastumunnisaa-a falam tajiduu maa-an fatayammamuu sha’iidan thai-yiban faamsahuu biwujuuhikum wa-aidiikum minhu maa yuriidullahu liyaj’ala ‘alaikum min harajin walakin yuriidu liyuthahhirakum waliyutimma ni’matahu ‘alaikum la’allakum tasykuruun”

Terjemahan dan arti surat Al Maidah ayat 6

“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan salat, maka basuhlah mukamu dan tangan mu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari temapat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalau kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan tanah yang baik (bersih), sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur.”

Dari penjelasan surat Al Maidah ayat 6 ini berarti ada 3 pokok bahasan, yaitu:

1. Anjuran berwudhu sebelum melaksanakan sholat
2. Anjuran tayamum dengan debu jika tidak menjumpai air

Pada surah Al Maidah ayat 6 ini menjelaskan tentang perintah berwudhu sebelum mengerjakan sholat. Untuk niat wudhu, tata cara wudhu, dan doa setelah berwudhu yang benar silahkan kunjungi sumber dari artikel ini di wisatanabawi.com.

Di dalam Surah Al-Maidah, di mana Allah Swt memerintahkan agar umat-Nya memenuhi janjinya kepada Allah Swt. Perjanjian yang dibuat dan dinamakan Al Munqiz yang memiliki arti menyelamatkan. Dalam Surah Al-Maidah meriwayatkan tentang kisah Nabi Isa a.s dengan pengikutnya yang diselamatkan oelh Allah swt.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>