Makanan Khas Sumatera Utara yang Unik dan Populer

Sumatera Utara merupakan provinsi yang mempunyai banyak kota besar dan terkenal, salah satunya adalah Medan. Medan merupakan Ibukota Sumatera Utara yang mempunyai beragam kuliner terkenal. Penduduk Sumatera Utara mayoritas suku Batak, sehingga makanan khas Sumatera Utara yang unik ada disana.

Makanan Khas Sumatera Utara yang Unik

Makanan khas Sumatera Utara ini dipengaruhi oleh orang-orang Batak. Dengan ciri khas yang utama adalah menggunakan buah Andaliman yang mempunyai rasa pedas getir. Buah Andaliman ini biasanya digunakan untuk membuat makanan khas yaitu Arsik. Selain Arsik, terdapat makanan lainya yang unik dan mempunyai rasa yang lezat.

1. Makanan Anyang Pakis

Sumatera Utara mempunyai makanan khas yaitu Anyang Pakis. Makanan ini dibuat dari tanaman pakis atau atau tanaman paku dan diberi berbagai bumbu campuran berupa kelapa muda yang sudah disangrai. Makanan ini mirip dengan urapan, namun kelapa yang diberikan mirip dengan serundeng.

Bumbu yang digunakan yaitu bawang merah, ketumbar, serai dan juga daun jeruk. Proses pembuatanya sangat mudah. Pertama haluskan semua bumbu tersebut bersama paruta kelapa. Masukan parutan ke dalam wajan, tambahkan tauge, kacang panjang dan daun pepaya agar menunya lebih bervariasi. Kukus semua bahan tersebut hingga matang, dan Anyang Pakis siap untuk dinikmati.

2. Makanan Mie Gomak

Mie Gomak ini termasuk makanan tradisional yang banyak dijual di rumah makan. Proses pembuatanya cukup mudah, hanya dengan mencampurkan mie spageti yang sudah direbus dengan berbagai bumbu khas daerah sehingga membuat rasa mie tersebut berbeda dengan mie yang lainnya.

3. Makanan Dali Ni Horbo

Makanan khas yang satu ini sangat unik. Karena bahan utama yang digunakan adalah susu kerbau yang dibekukan. Proses pembuatanya hampir sama dengan Arsik, yaitu dengan mencampurkan susu dengan bumbu khas Sumatera Utara. Bahan yang tidak boleh ketinggalan adalah buah Andaliman yang membuat rasa pedas dan nikmat.

4. Makanan Lemang

Lemang merupakan makanan khas yang dikenal juga oleh bangsa Melayu yang tinggi di Indonesia, Singapura, Malaysia dan juga Brunei. Lemang adalah makanan yang dibuat dari beras ketan yang dicampur dengan santan dan bambu. Nasi ketan dibungkus dahulu dengan daun pisang lalu dimasukan ke bambu dan dimasuki beras ketan.

Lemang mempunyai keunikan dari cara membakarnya. Bambu tersebut dibakar dengan posisi tegak ke arah bara api. Setelah matang, Lemang bisa disajikan langsung atau diberi lauk khas. Lemang juga dapat disajikan dengan tambahan selai, kinca, gula jawa, dan sebagainya sesuai dengan selera Anda. Rasanya gurih dan lezat karena santan yang sudah meresap dalam lemang tersebut. Yuk ketahui info lainnya di https://www.topijelajah.com !

5. Makanan Bihun Bebek

Medan mempunyai makanan khas yaitu Bihun Bebek. Makanan ini mempunyai harga yang cukup mahal dibandingkan dengan makanan lainnya. Satu porsi Bihun Bebek ini lengkap dengan daging bebek dengan kuah yang sangat enak. Rasanya sangat khas dan unik. Karena bihun tersebut terbuat dari tepung beras dan dicampur dengan kanji.

Bihun disajikan dengan kuah bening tanpa mintak sedikitpun namun rasanya sangat enak. Kaldu tersebut merupakan kaldu bebek dan diberi suwiran daging bebek. Anda dapat menjumpai makanan khas ini di Medan. Rasanya sangat enak, gurih, dan terdapat rasa asam yang samar-samar. Sehingga membuat rasa makanan ini menggugah selera makan Anda.

Sumatera Utara mempunyai beragam makanan khas sehingga provinsi tersebut dikenal dengan wisata kulinernya. Makanan khas Sumatera Utara yang unik dan lezat dapat Anda temui di setiap daerah dan kota di Sumut. Setiap makanan mempunyai rasa yang khas masing-masing yang membedakan makanan tersebut dengan makanan lainnya.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>